PENTING!! Pahami 8 Risiko Pinjaman Online ini

Ingin melakukan peminjaman online? Sebelum berjalan lebih jauh dan tidak memberatkan anda dikemudian hari, pahami terlebih dahulu apa saja yang menjadi risiko pinjaman online. Dengan begitu pinjaman tidak akan menambah beban dalam hidup.

Siapapun tak dapat menerka arah hidup seperti apa yang akan kita jalani. Ada kalanya kita di atas dengan segala kebutuhan yang tercukupi bahkan lebih.

Namun, seketika bisa saja kita di bawah karena kondisi finansial yang sulit. Kebutuhan hidup seperti pakaian, makanan, rumah, pendidikan, serta biaya kesehatan sangat membutuhkan banyak uang.

Belum lagi jika anda berniat membuka usaha. Pasti membutuhkan modal. Jika penghasilan anda terbatas, tentunya tak akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan.

Kalau sudah begitu, anda terpaksa harus meminjam uang. Dulu orang biasa meminjam uang ke keluarga, teman, kerabat atau bank.

Saat ini dengan kemajuan teknologi, ada pinjaman online terbaik yang bisa menjadi alternatif pinjaman anda.

Apa itu Pinjaman Online?

Pinjaman online adalah fasilitas pinjaman yang dikeluarkan lembaga keuangan. Dimana segala prosesnya, mulai dari pengajuan aplikasi sampai penerimaan dana pinjaman berbasis teknologi internet atau online.

Di luar risiko pinjaman online yang ada. Pinjol memiliki kelebihan dibandingkan dengan pinjaman bank.

Kelebihan utamanya adalah waktu proses yang lebih cepat. Namun jumlahnya relatif rendah dan tenor pelunasan pinjaman pun lebih singkat.

Umumnya, orang tertarik memilih pinjaman online karena pinjaman online menawarkan banyak keuntungan.

Beberapa keunggulan pinjol antara lain syarat yang mudah, tanpa agunan dan waktu pencairan dana sangat cepat.

Bahkan sebagian besar pinjaman online bisa cair hanya dalam hitungan jam dengan hanya mensyaratkan KTP.

Namun, dibalik banyak keuntungan tersebut bukan berarti pinjaman online bebas dari risiko.

Tanpa perhitungan yang tepat dan tanpa memahami risiko pinjaman online, anda bisa terjerat hutang yang seperti lingkaran setan.

8 Risiko Pinjaman Online yang Harus Anda Waspadai

Jika anda berniat meminjam uang di pinjaman online, sebaiknya pahami dulu 8 risiko pinjaman online di bawah ini.

#1 Terbukanya Akses Data Pribadi

Sebelum permohonan pinjaman diajukan, anda harus mengunduh aplikasi pinjaman online di ponsel anda terlebih dahulu.

Setelahnya anda diwajibkan mengisi data pribadi anda, seperti nama, alamat, NIK, no telepon kerabat, detail pekerjaan dsb.

Tak hanya itu, beberapa aplikasi pinjaman online bahkan ada yang meminta akses ke dalam phone storage. Dimana di dalamnya terdapat buku kontak anda.

Hal ini berisiko terbukanya akses data pribadi anda kepada orang-orang yang berniat jahat sehingga dapat merugikan anda.

Seperti dalam kasus penagihan tunggakan di pinjaman online ilegal, seringkali ditemukan data pribadi yang seharusnya bersifat rahasia.

Malah digunakan penyedia pinjaman untuk melakukan ancaman. Diantaranya dengan mengekspos data diri dan situasi hutang ke nomor kontak, jika peminjam tak segera melunasi.

Agar terhindar dari risiko pinjaman online tersebut, sangat penting untuk selektif dalam memilih penyelenggara pinjam meminjaman.

Pastikan penyedia pinjaman online yang anda pilih telah terdaftar dan di bawah pengawasan OJK.

#2 Bunga Sangat Besar

Bunga yang sangat besar mungkin jadi satu-satunya risiko pinjaman online yang diperhitungkan para peminjam.

Melalui OJK telah diatur tentang besaran bunga pinjaman online yang tidak boleh lebih dari 0,8 % per hari.

Sayang aturan ini tak bisa diterapkan sebagai regulasi hukum karena hanya bagian dari kode etik yang disusun bersama AFPI saja.

Sehingga pada kenyataannya kebanyakan penyedia pinjaman online menetapkan bunga yang sangat tinggi.

Hal ini dikarenakan, risiko nasabah online juga sangat tinggi (efek kemudahan proses pengajuan dan kecepatan persetujuan pinjaman).

Jadi sebaiknya anda mempelajari dan hitung bunga terlebih dahulu. Kemudian sesuaikan dengan kemampuan finansial anda sebelum mengajukan pinjaman online.

#3 Jumlah Plafon Pinjaman Kecil

Umumnya jumlah plafon yang ditawarkan pinjaman online hanya dibawah 5 juta per-pinjaman.

Terdapat ketentuan khusus untuk menaikkan plafon pinjaman, seperti akan ada kenaikkan setelah beberapa kali anda mengajukan pinjaman.

#4 Tenor Pinjaman Singkat

Identik dengan pinjaman cepat, tenor pinjaman online pun relatif singkat. Umumnya hanya 30 hari.

Hal ini perlu anda perhitungkan dengan baik, untuk menghindari penunggakan pembayaran.

#5 Biaya Provisi / Administrasi

Seringkali besaran bunga menjadi fokus utama perhitungan seseorang saat mengajukan pinjaman online.

Padahal anda juga harus memperhitungkan besar biaya provisi / administrasi yang dikenakan.

Biaya provisi / administrasi ditujukan sebagai pengikat atau imbalan kepada lembaga pinjaman atas persetujuan perjanjian pinjaman.

Biasanya dibayar di awal ketika pinjaman disetujui. Jumlahnya cukup besar dan langsung dipotong dari total jumlah pinjaman yang diajukan.

Banyak peminjam baru sadar tentang pengenaan biaya provisi / administrasi saat menerima dana yang tak utuh.

Biar terhindar dari risiko biaya tinggi pinjaman online. Baiknya anda terlebih dahulu memperhitungkan biaya provisi / administrasi sebelum mengajukan pinjaman.

#6 Denda Harian

Ada biaya denda yang dikenakan per harinya jika anda terlambat melunasi tagihan pinjaman. Umumnya besar biayanya sekitar 10% dari jumlah tagihan dan seringkali lebih besar.

Denda yang bertumpuk ditambah bunga berbunga dapat membuat jumlah hutang anda membengkak sehingga akan sulit bagi anda untuk mengatasinya.

Untuk menghindari pengenaan biaya ini usahakan jangan sampai anda menunggak pelunasan tagihan pinjaman.

#7 Isue Penagihan

Beberapa hari atau sehari sebelum jatuh tempo. Staf collecting dari penyedia pinjaman online akan menghubungi anda via telepon, sms atau whatsapp.

Tujuannya untuk mengingatkan anda agar melunasi tagihan pinjaman sebelum jatuh tempo.

Selain itu  Staf collecting biasanya juga mengingatkan anda tentang risiko denda jika anda telat melunasi tagihan pinjaman.

Semakin lama anda telat melunasi, semakin intens penagihan yang dilakukan staf collecting kepada anda. Hal ini tentu dapat mengganggu aktivitas anda.

Belum lagi, penagihan juga akan diinformasikan kepada kerabat yang identitasnya anda jadikan nomor darurat pada proses awal pengajuan pinjaman.

Selain jadi risiko pinjaman online yang paling menakutkan. Isue penagihan pinjaman yang kurang manusiawi membuat banyak orang pesimis dengan layanan Fintech.

Tak hanya aktivitas yang terganggu, anda pun harus menanggung malu kalau sampai kerabat anda tahu tentang hutang anda tersebut.

#8 Pemblokiran

Bila anda sebagai peminjam gagal melunasi tagihan pinjaman. Pihak penyedia pinjaman akan melaporkan anda ke Biro Kredit yang diwajibkan oleh OJK.

Akibatnya anda akan masuk ke dalam black list dan ditandai dengan kredit bermasalah. Kelak anda tidak dapat mengajukan pinjaman kembali di fintech maupun bank manapun.

Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal

Sebagai tambahan informasi. Anda dapat berkonsultasi tentang pinjaman online atau melaporkan pinjaman online ilegal langsung ke OJK.

Caranya bisa melalui email, surat atau telepon dengan detail cara sebagai berikut :

  • Mengirim surat resmi yang ditujukan kepada Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen.
  • Lampirkan form aduan elektronik yang telah anda isi lengkap (dapat anda unduh di https://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan).
  • Serta bukti bahwa anda telah menyampaikan pengaduan kepada lembaga penyedia pinjaman online terkait beserta jawabannya.
  • Lampirkan identitas diri atau surat kuasa (bagi yang diwakili), deskripsi / kronologis pengaduan dan dokumen pendukung lainnya bila dibutuhkan.
  • Semua harus dikirim dalam satu amplop dalam waktu paling lambat 20 hari kerja sejak tanggal pemberitahuan atau pengaduan dianggap batal.
  • Telepon ke nomor 157 di jam operasional (Senin – Jumat, Jam 08.00 – 17.00 WIB)
  • Email ke alamat [email protected]

Sekian informasi tentang apa saja risiko pinjaman online yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari pinjaman online.

Anda mungkin juga suka