10 Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya

Gopinjol.com – Bingung menentukan penyedia pinjaman online mana yang terbaik? Sebelum memilih aplikasi pinjaman KTA online (pinjol), ada banyak hal yang perlu Kamu pertimbangkan. Mulai dari tujuan penggunaan dana, tingkat urgensi kebutuhan yang hendak dipenuhi, hingga jumlah dan jangka waktu kredit yang diperlukan.

Pengajuan pinjaman secara online menjadi trend terbaru kaum milenial untuk memperoleh dana talangan cepat langsung cair.

Gak heran jika kondisi ini mendorong perlau bisnis fintech P2P Lending menawarkan layanan terbaik bagi orang yang mencari pinjaman online.

Dalam tahun ke-3 setelah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan peraturan POJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Penyelenggara Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Tidak kurang dari 127 penyelenggara pinjaman online terdaftar dan berizin OJK sebagai P2P Lending legal.

Disamping membuktikan bahwa banyak masyarakat merasa terbatu atas kehadiran penyedia pinjaman uang online.

Meningkatnya jumlah P2P Lending juga memberikan keleluasaan bagi masyarakat Indonesia untuk memilih layanan pinjaman KTA online sesuai kebutuhan pribadi.

10 Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya

#1 Pinjaman Dompet Kilat

pinjaman online terbaik dompet kilatDompet kilat adalah pinjaman online terbaik, 24 jam langsung cair ke rekening bank. Melalui aplikasi kamu bisa pinjam uang tunai Rp 500 ribu sampai Rp 2 juta.

Dana tunai tanpa jaminan yang bisa kamu pinjam dengan pilihan durasi kredit 7 hari, 14 hari, dan 21 hari. Cocok bagi Kamu yang butuh pinjaman harian dengan ternor paling lama 21 hari.

Apa Saja Syarat Pinjam Uang di Dompet Kilat?

Syarat pinjaman online Dompet Kilat juga standart-standart saja, tidak ada yang menyulitkan apalagi bikin ribet.

Asalkan memenuhi kriteria sebagai penerima kredit, kamu bisa pinjam uang tanpa jaminan atau KTA online dengan syarat mudah.

Kriteria mengajukan pinjaman Dompet Kilat diantaranya berusia antara 19 tahun sampai 45 tahun. Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap, serta nomor HP aktif.

Sedangkan syarat dokumen pengajuan pinjaman Dompet Kilat tanpa jaminan. Kamu hanya butuh Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP, dan Bukti penghasilan atau slip gaji saja.

Berikut syarat ketentuan lengkap pinjam uang di Dompet Kilat:

  • Berusia minimum 19 tahun dan maksimum 45 tahun.
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap.
  • Memiliki KTP dan nomor ponsel aktif.
  • Punya rekening bank atas nama sendiri (pribadi).
Berapa Bunga Pinjaman Dompet Kilat?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya akan tunjukkan berapa bunga dan biaya pinjaman uang online Dompet Kilat melalui tabel simulasi terbaik di bawah ini.

Jumlah Pinjaman
Rp 500,000
Durasi Pinjaman
14 Hari
Uang Cair
Rp 443,000
Jumlah yang Harus Dibayar (Dikembalikan)
Rp 510,500
Total Bunga + Biaya
Rp 67,500
Prosentasi bunga + biaya
0,73% per hari

Dilihat dari simulasi pinjaman kilat online di atas, akumulasi bunga & biaya yang dikenakan pada debitur cukup rendah yakni 0,73% per hari.

Dompet Kilat menawarkan nilai pinjaman online terendah 500,000 rupiah selama 14 hari.

Jumlah uang tersebut akan dikenakan potongan pada saat pencairan dana sebesar 57,000 rupiah. Jadi debitur menerima uang pinjaman sebesar 443,000 rupiah.

Pada tanggal jatuh tempo debitur wajib membayar pinjaman online sebesar Rp 510.5 ribu.

Perhitungan simulasi pinjaman uang tunai di atas memberikan gambaran bagi kita dimana total bunga dan biaya pinjaman Dompet Kilat paling rendah Rp 67,5 ribu.

Sidikit informasi tambahan, bunga pinjam uang lewat fintech legal yang terdaftar sebagai anggota AFPI dibatasi maksimal 0,8% per hari.

Jadi kalau kamu dapat tawaran pinjaman online dengan bunga di atas 0,8%, sebaiknya lebih Kamu waspadai walaupun dengan embel-embel terbaik tanpa NPWP dan slip gaji.

Melalui tempat pinjam uang Dompet Kilat Kamu bakal memperoleh beragam keunggulan.

Beberapa diantaranya pinjaman online diberikan tanpa agunan sebagai jaminan. Dan pastinya Dana tunai langsung cair ke rekening paling cepat 1 jam.

Sangat cocok bagi yang butuh pinjaman mendadak untuk memenuhi kebutuhan mendesak sekarang juga selama 24 jam non stop.

Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman Dana Dompet Kilat?

Pinjaman cepat cair Dompet Kilat hanya bisa diajukan lewat aplikasi pinjaman online saja dengan langkah berikut:

  • Download dan Install Aplikasi Dompet Kilat lewat google playstore.
  • Buka aplikasi Dompet Kilat di Android Kamu dan lakukan registrasi atau pendaftaran.
  • Masuk ke aplikasi kemudian pilih jumlah pinjaman online dan tenor sesuai kebutuhan.
  • Pilih menu “Ajukan Pinjaman” dan lanjutkan dengan mengisi formulir online sesuai instruksi.
  • Tunggu proses verifikasi dan persetujuan pinjaman dalam 15 menit sampai 3 hari.
  • Dana segar langsung cair ke rekening paling cepat 1 jam setelah pinjaman online disetujui.

Saran Pengajuan!

  • Sebagaimana karakteristik pinjaman online terbaik yang memberikan persetujuan berdasar data pengajuan. Kamu harus mengisi formulir Dompet Kilat secara lengkap dan seakurat mungkin agar cepat disetujui.
  • Pastikan pula hasil foto KTP dan dokumen lain (jika diperlukan) dapat dilihat dan data bisa dibaca jelas.
  • Kalau toh selama 3 hari kamu belum memperoleh pemberitahuan persetujuan atau pencairan dana pinjaman online Dompet Kilat. Kamu bisa menghubungi Customer Service lewat email di info@dompetkilat.co.id.

#2 Pinjaman Online Uang Teman yang Bisa Dicicil

pinjaman uang temanUang teman adalah pinjaman online terbaik yang bisa Kamu pilih saat butuh tambahan dana tunai.

Kabar baiknya, pinjaman dengan angsuran bulanan sekarang sudah tersedia di Fintech Uang Teman. Jadi Kamu bisa lebih leluasa memilih jumlah pinjaman online dan jangka waktu kredit terbaik.

Jika kita lihat ke belakang, kemunculan Uang Teman sempat menimbulkan pro dan kontra lantaran menawarkan pinjaman online tanpa agunan dan cepat cair.

Di lain sisi, produk keuangan khususnya pinjaman uang online pada saat itu masih sangat terbatas bahkan bisa dibilang belum ada termasuk KTA bank.

Biaya layanan yang cukup tinggi dibanding bunga Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bank tak hanyal banyak anggapan bahwa Uang Teman adalah rentenir online bahkan penipu.

Dalam perkembangannya, layanan pinjam meminjam online di Indonesia semakin bertambah karena jadi pilihan terbaik saat butuh pinjaman dadakan.

Keberadaannya semakin dikuatkan sebagai salah satu industri keuangan non bank resmi setelah OJK mengeluarkan peraturan POJK Nomor 77/POJK.01/2016.

Mulai saat itu Uang Teman secara resmi memiliki payung hukum dengan mengantongi surat tanda terdaftar OJK.

Pada 2019 lalu, Uang Teman memperoleh izin OJK sebagai penyelenggara pinjam meminjam uang online. Inilah kenapa saya menganggap Uang Teman sebagai salah satu pinjaman online terbaik saat ini.

Fakta ini membuktikan bahwa keberadaan Fintech Lending di Indonesia memiliki prospek bagus dan banyak diminati masyarakat sebagai solusi pinjam uang tunai cepat cair.

Pinjaman Uang Teman saat ini menawarkan dua jenis pembiayaan bagi calon debitur. Kedua produk tersebut dibedakan berdasar metode pembayaran atau pengembalian pinjaman sebagai berikut.

Pinjaman Sekali Bayar

Pinjaman sekali bayar adalah pinjaman online tanpa jaminan dari Uang Teman yang diberikan dengan mekanisme pengembalian dibayarkan sekali lunas.

Jangka waktu pinjaman sekali bayar relatif pendek antara 10 hari sampai 30 hari. Limit pinjaman yang satu ini juga tergolong kecil mulai Rp 1 juta hingga Rp 3 juta bagi pengguna baru.

Limit pinjaman sekali bayar bisa saja ditingkatkan hingga Rp 6 juta bagi pengguna yang sudah pernah memperoleh pinjaman sebelumnya.

Pinjaman Cicilan Per Bulan

Pinjaman cicilan per bulan adalah fasilitas pinjaman online tanpa jaminan yang diberikan Uang Teman dengan mekanisme pembayaran angsuran bulanan.

Metode pengembalian pinjaman online cicilan perbulan bisa jadi pilihan terbaik karena pembayaran bisa dicicil mulai 2 bulan sampai 3 bulan sesuai kebutuhan.

Nominal pinjaman uang online yang bisa diajukan debitur juga lebih besar antara Rp 4 juta hingga Rp 8 juta.

Melalui aplikasi pinjaman Uang Teman, Kamu bisa dengan mudah pinjam uang tunai secara online dengan pilihan sekali bayar atau angsuran bulanan.

Perlu diperhatikan bahwa ketentuan utama biar bisa mengajukan pinjaman dengan cicilan bulanan yaitu peminjam harus sudah punya riwayat pinjaman sebanyak tiga kali.

Apa Syarat Pinjaman Uang Teman?

Untuk mengajukan pinjaman online sekali bayar maupun pinjaman cicilan terbaik dengan mekanisme angsuran bulanan, Kamu harus penuhi kriteria di bawah ini.

  • Warga Negara Indonesia.
  • Minimum usia 21 tahun dan maksimum 55 tahun.
  • Memiliki pekerjaan & penghasilan.
  • Punya email & nomor ponsel aktif.

Sedangkan dokumen persyaratan yang bakal dibutuhkan pada proses pengajuan pinjaman Uang Teman diantaranya KTP, foto selfie, dan Slip gaji atau keterangan usaha.

Berapa Bunga dan Biaya Uang Teman?

Ini nih yang sering jadi pertimbangan saat mau pinjam uang online. Bunga kredit yang rendah menjadi salah satu ciri pinjaman online terbaik oleh calon debitur.

Tapi perlu diketahui dalam pinjaman Uang Teman tidak dikenal istilah bunga kredit tapi dikenalnya biaya layanan.

Biaya layanan pinjaman online Uang Teman dipatok antara 0,5% sampai 0,8% per hari. Jadi kalau kamu meminjam uang sebesar 2 juta rupiah selama 10 hari dengan estimasi biaya layanan tertinggi, itung-itungannya seperti ini:

Pokok PinjamanRp 2,000,000
Biaya LayananRp 0,8%
Jumlah Hari10
Total biaya layananRp 160,000
Total pembayaranRp 2,160,000

Tabel simulasi di atas hanya sebatas contoh perhitungan pinjaman dengan durasi 10 hari. Untuk nominal pinjaman dan jangka waktu lainnya Kamu bisa menghitungnya sendiri dengan rumus berikut.

Total biaya layanan = Pokok Pinjaman X Biaya Layanan X Jumlah Hari
Total pembayaran = Pokok Pinjaman + Total Biaya Layanan

Yang perlu jadi pertimbangan lebih lanjut sebenarnya justru pinjaman online dengan angsuran bulanan. Meski pinjaman tanpa jaminan ini sama-sama langsung cair, ternyata hitungan biaya layanan dikenakan per hari.

Biaya layanan untuk pengajuan cicilan 2 bulan dipatok sebesar 0,6% per hari sedangkan untuk jangka waktu 3 bulan peminjam dikenakan biaya 0,5% per hari.

Jadi misalnya Kamu ambil pinjaman dengan angsuran 3 bulanan hitungan biaya layanan 0,5% x 90 hari = 45% dari pokok pinjaman.

Uang Teman memang jempolan karena menjamin jumlah dana yang diterima debitur sesuai dengan jumlah pinjaman online yang disetujui. Artinya tidak ada potongan biaya apapun pada saat pencairan pinjaman.

Ngasih pinjaman tanpa jaminan, dana online langsung cair ke rekening dan ngasih tahu biaya secara transparan menjadi beberapa keunggulan yang membuat Uang Teman jadi fintech terbaik.

Cara Daftar dan Meminjam di Aplikasi Uang Teman

Jangan segan-segan cari informasi berkaitan dengan pengalaman meminjam di Uang Teman. Kamu juga bisa cara referensi dan rekomendasi dari review maupun testimoni debitur yang sudah pengalaman pinjam lewat aplikasi Uang Teman.

Sedikit gambaran saja, bagi Kamu yang belum pernah daftar dan meminjam di Uang Teman bisa ikuti cara di bawah ini.

  • Download dan Install Aplikasi Uang Teman APK, bisa lewat playstore bagi pengguna Android dan APP Store bagi pengguna iOS/ Iphone.
  • Buka aplikasi Uang Teman pada Smartphone Kamu dan pilih menu “Ajukan Pinjaman”.
  • Isi formulir yang tersedia secara lengkap dan akurat, upload juga dokumen persyaratan mulai KTP, foto diri, selfie, dan slip gaji.
  • Tunggu proses notifikasi persetujuan. Kamu juga bisa cek status pengajuan pinjaman Uang Teman lewat aplikasi dan website.
  • Pastikan nomor ponsel kamu aktif jika sewaktu-waktu ada Customer Service yang menghubungi jika pengajuan kamu disetujui.
  • Tanda tangan digital perjanjian pinjam meminjam lewat data yang dikirim ke alamat email.
  • Selesai, Kamu bakal terima pinjaman uang tunai langsung cair ke rekening bank yang sudah didaftarkan.

Saran pengajuan!

  • Sesuaikan jumlah pinjaman online dengan kebutuhan dan kemampuan bayar. Pertimbangkan pula untuk mengambil tenor pinjaman paling rendah agar bunga atau biayanya kecil.
  • Download dan Install Uang Teman APK dari playstore atau iOS. Agar cepat dapat update versi terbaru sekaligus menghindari tidak bisa login maupun gagal upload foto dan simpan dokumen.
  • Bayar pinjaman Uang Teman sesuai jadwal sebelum jatuh tempo untuk menghidari denda keterlambatan pembayaran.

#3 KTA online Tunaiku Amar Bank

kta online tunaiku amar bank bunga rendahTunaiku adalah pinjaman KTA online terbaik dari Bank Amar Indonesia. Fasilitas pinjaman tunai hingga Rp 20 juta ini cocok buat Kamu yang butuh KTA tanpa kartu kredit. Pasalnya dalam pengajuan pinjaman, Tunaiku tidak meminta syarat kartu kredit bagi calon debitur.

Sebagai penyedia KTA tanpa kartu kredit, Amar Bank cukup berani berekspansi menawarkan pengajuan pinjaman Tunaiku secara online melalui website dan aplikasi.

Limit pinjaman Tunaiku ditawarkan mulai Rp 2 juta hingga Rp 20 juta dengan tenor kredit antara 6 bulan sampai 20 bulan.

Dibandingkan layanan Fintech Lending, plafon dan tenor KTA online Tunaiku jauh lebih unggul. Terlebih fasilitas pinjaman tanpa jaminan dan kartu kredit ini ditawarkan oleh perbankan ternama yang tidak lagi diragukan reputasinya.

Meski dapat diajukan secara online, proses meminjam uang lewat KTA Tunaiku tetap membutuhkan tatap muka. Proses tatap muka ini dilakukan pada saat tanda tangan perjanjian pinjam meminjam.

Bedanya, calon debitur tidak perlu repot mendatangi kantor layanan Bank Amar melainkan petugas yang akan jemput bola mendatangi keberadaan calon debitur.

Jika Kamu lagi cari pinjaman online terbaik dan terpercaya, Tunaiku bisa saja menjadi alternatif teratas yang bisa dipilih.

Apalagi kalau Kamu butuh jumlah pinjaman besar dan jangka waktu panjang atau lama. Layanan KTA online yang satu ini memungkinkan Kamu memperoleh tambahan dana hingga Rp 20 juta dengan tenor sampai 20 bulan.

Apa Syarat & Ketentuan Pinjaman KTA Online Tunaiku?
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun.
  • Berstatus sebagai karyawan tetap atau kontrak.
  • Punya penghasilan minimum 2 juta rupiah per bulan.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Slip gaji atau bukti penghasilan.
  • Cover rekening tabungan atau rekening koran.
  • Tinggal atau bekerja di area layanan Tunaiku.

Sebagai informasi tambahan, area jangkauan layanan KTA online Tunaiku saat ini sudah cukup luas. Diantaranya meliputi Sidoarjo, Gresik, Bekasi, Depok, Surabaya, Denpasara, Makassar, Yogyakarta, Medan, Palembang, Pekanbaru, Bogor, Jakarta, dan Tangerang.

Tabel Angsuran KTA Tunaiku Amar Bank

Pinjaman KTA online Tunaiku diberikan dengan bunga 3% flat per bulan. Sedangkan biaya administrasi akan dikenakan sebesar Rp 540,000 yang dibagi rata sesuai dengan cicilan dan angsuran bulanan.

Buat Kamu yang bertanya-tanya berapa sih cicilan bulanan yang dibayarkan jika ambil pinjaman online terbaik di Tunaiku? Silakan lihat perhitungan simulasi pinjaman lewat tabel angsuran KTA Amar Bank di bawah ini.

tabel angsuran kta online tunaiku amar bank 2020 tanpa kartu kredit
Ilustrasi Perhitungan Angsuran KTA Online Tunaiku

Tabel ilustrasi perhitungan angsuran di atas sudah sangat jelas menunjukkan cicilan bulanan saat pinjam uang Rp 2,000,000 hingga Rp 20,000,000 lewat KTA online Tunaiku.

Cara Daftar dan Pinjam di Tunaiku
  • Kunjungi website resmi https://tunaiku.com/.
  • Daftar dan Pilih jumlah serta periode pinjaman.
  • Isi formulir pengajuan Tunaiku mulai data pribadi hingga data kerabat dekat.
  • Kirim formulir pinjaman Tunaiku melalui menu yang tersedia.
  • Konfirmasi nomor ponsel dan tunggu persetujuan.
  • Terima persetujuan dalam hitungan menit.
  • Proses tanda tangan kontrak atau perjanjian pinjam meminjam.
  • Pencairan dana langsung masuk ke rekening debitur.

Masih bingung proses pengajuan pinjaman KTA online? Simak lebih detail cara pinjam uang 10 juta tanpa jaminan di Tunaiku.

Saran Pengajuan!

  • Hindari keterlambatan pembayaran angsuran karena akan menimbulkan biaya/ denda Rp 100,000 setiap keterlambatan ditambah bunga sebesar 0,16% per hari.
  • Bagi pengguna Android lebih efektif manfaatkan aplikasi pinjaman online Tunaiku yang bisa didownload lewat playstore.

#4 Pinjaman Online Kredit Pintar Tanpa Slip Gaji

aplikasi pinjaman kredit pintar versi terbaruKredit Pintar adalah aplikasi pinjaman online terbaik yang bisa diajukan dengan syarat KTP saja. Kamu bisa memperoleh pinjaman uang tunai online tanpa NPWP dan Slip gaji hingga Rp 2,3 juta. Bahkan limit bisa ditingkatkan untuk pengguna terpilih yang memenuhi kriteria.

Saat butuh dana cepat Kredit Pintar menjadi pilihan tepat karena proses persetujuan kilat dan pinjaman langsung cair ke rekening peminjam.

Aplikasi Kredit Pintar menyediakan pinjaman online angsuran bulanan dengan ketentuan berikut:
Limit Rp 600,000 dengan biaya harian 0,65%.

Pinjaman online Rp 2,3 juta jangka waktu 3 bulan dengan biaya 0,56% per hari.

Apa Syarat Pinjam Uang di Kredit Pintar?
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Minimum usia 22 tahun.
  • Usia maksimum 60 tahun.
  • Punya rekening bank atas nama sendiri.
  • Memiliki KTP yang masih berlaku.
Keunggulan Kredit Pintar
  • Pinjaman online Kredit Pintar tersedia untuk seluruh wilayah Indonesia. Siapapun dan di manapun bisa pinjam uang tunai lewat aplikasi Kredit Pintar asal memenuhi syarat dan ketentuan sebagai peminjam.
  • Layanan Pinjaman online Kredit Pintar termasuk yang terbaik dan tersedia dalam bentuk aplikasi berbasis Android. Sangar mudah dan efektif diakses oleh pengguna smartphone Android.
  • Pinjam uang di Kredit Pintar cukup menyiapkan KTP saja. Selebihnya calon debitur hanya perlu mengisi data pribadi saat pengajuan pinjaman online tanpa slip gaji.
  • Fitur cek permohonan pinjaman melalui aplikasi Kredit Pintar.
  • Bisa cancel pengajuan pinjaman Kredit Pintar dengan cara menghubungi Customer Sercive lewat telephon di (021) 5059-882 atau email di cs@kreditpintar.com.
  • Proses peninjauan cepat 24 jam dana langsung cair ke rekening pribadi jika pinjaman disetujui.

Kredit Pintar bisa Kamu jadikan alternatif terbaik khususnya yang cari aplikasi pinjaman bulanan online.

Berapa Bunga Kredit Pintar?

Kredit Pintar menerapkan biaya harian untuk masing-masing produk pinjaman. Khusus permohonan dengan limit Rp 600,000 biaya hariannya 0,65%.

Sedangkan untuk limit pinjaman online Rp 2,3 juta jangka waktu 3 bulan akan dikenakan biaya 0,56% per hari. Biar makin jelas memperoleh gambaran, Kamu bisa melihat simulasi angsuran pinjaman Kredit Pintar di bawah ini.

Pinjaman Pokok
Rp 2,300,000
Potongan biaya
Rp 345,000
Pencairan bersih
Rp 1,955,000
Biaya Harian
0,56%
Total biaya
Rp 690,100
Total pengembalian
Rp 2,645,100

Dari simulasi pinjaman Kredit Pintar di atas bisa kita lihat jika terdapat potongan biaya layanan di muka. Jadi kamu akan menerima pencairan pinjaman online setelah dikenakan biaya layanan sehingga jumlahnya lebih kecil dari nilai pengajuan.

Cara Meminjam di Kredit Pintar
  • Download dan instal aplikasi pinjaman online Kredit Pintar melalui playstore;
  • Registrasi sebagai pengguna.
  • Ajukan pinjaman dengan memilih nominal dan durasi kredit.
  • Lengkapi formulir pengajuan dan persyaratan pinjaman.
  • Tunggu proses peninjauan pinjaman dalam 24 jam.

Jika proses pengajuan sudah dalam tahap peninjauan, Anda tinggal menunggu hasilnya. Dana akan ditransfer ke rekening langsung bila pengajuan pinjaman online disetujui.

Cara pembayaran pinjaman online Kredit Pintar sangat fleksibel dan bisa dipilih yang terbaik. Bisa bayar lewat ATM atau Bank BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, atau bayar angsuran lewat alfamart.

Saran Pengajuan!

  • Persetujuan Pinjaman Kredit Pintar diberikan berdasar penilaian kelengkapan dan keakuratan data pengajuan. Biar cepat disetujui pastikan kamu mengisi data secara lengkap dan valid.
  • Gunakan salah satu rekening bank: BCA, KEB Hana, Bukopin, BNI, BRI, Bank Permata, Bank Danamon, CIMB Niaga, Bank DKI, Maybank, Bank Mandiri, atau BTN.

#5 TunaiKita – Pinjaman Uang Online Cepat Cair

tunaikita aplikasi pinjaman tunaiTunaiKita adalah pinjaman uang online terbaik yang menawarkan pinjaman jangka pendek dan angsuran bulanan cepat cair.

Saat butuh pinjaman uang mendadak, TunaiKita layak Kamu pilih kerena cepat cair dalam hitungan jam. Dana akan langsung dikirim ke rekening peminjam begitu pengajuan disetujui.

Bahkan saat Kamu butuh pinjaman uang 10 juta tanpa jaminan sekalipun bisa memanfaatkan layanan P2P Lending dari PT Digital Tunai Kita lantaran plafon yang ditawarkan sampai Rp 20 juta.

Dua Produk Pinjaman TunaiKita

Lewat aplikasi pinjaman online TunaiKita Kamu bisa mengajukan dua jenis kredit yakni pinjaman jangka pendek dan cicilan bulanan.

1. Pinjaman Jangka Pendek

Seperti namanya, fasilitas pinjaman jangka pendek diberikan dengan durasi kredit singkat mulai 10 hari hingga 30 hari.

Pinjaman Online jangka pendek ditawarkan dengan plafon mulai Rp 400,000 hingga Rp 4,000,000 dan skema pembayaran sekali lunas.

2. Cicilan Bulanan

Pinjaman online TunaiKita angsuran bulanan ditawarkan dengan jangka waktu cicilan 3-6 bulan. pinjaman cicilan sendiri terbagi dalam dua jenis yakni cicilan Sakti+ dan Premier+ yang sama-sama memiliki limit kredit Rp 4 juta hingga Rp 20 juta.

Sakti+ TunaiKita adalah pinjaman tunai online bayar bulanan dengan biaya jasa bulanan 2,75% sampai 7,75% per bulan.

Fitur menarik dari Sakti+ bukan kode promosi melainkan rewards 2% untuk pinjaman selanjutnya bagi peminjam yang sudah melakukan pelunasan.

Premier+ TunaiKita adalah pinjaman online tunai angsuran bulanan dengan biaya jasa sebesar 3% hingga 8% per bulan.

Bagi yang sudah melunasi pinjaman Premier+ bakal memperoleh rewards sebesar 3% pada pinjaman selanjutnya.

Syarat Pinjaman Tunaikita
  • Berkewarganegaraan Indonesia.
  • Usia minimum 21 tahun dan maksimum 60 tahun.
  • Punya Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku.
  • Punya rekening atas nama sendiri di salah satu bank BCA, BNI, Mandiri, BRI, Permata, atau Bank Mega.
  • Tinggal dan bekerja di jangkauan area TunaiKita.
Berapa Biaya Pinjaman TunaiKita

Tunaikita menawarkan pinjaman online dengan tiga pilihan biaya jasa, silakan pilih yang terbaik dari ketiga biaya di bawah ini.

  • Biaya harian sebesar 0,80% tanpa potongan di muka.
  • Biaya jasa sebesar 0,4% per hari dengan potongan di awal 0,4% per hari.
  • Biaya harian 0% dengan potongan di awal 0,80% per hari.

Selain skema biaya jasa di atas, baiknya juga Kamu ketahui jika sampai terlambata bayar pinjaman maka akan terkena denda.

Besaran denda bakal dikenakan untuk biaya keterlambatan awal sebesar 5%, sedangkan biaya tambahan keterlambatan 1-7 hari pertama sebesar 3%, dan biaya tambahan 2% per hari untuk keterlambatan 8-30 hari.

Mengingat denda terlambat bayar TunaiKita cukup besar saya sarankan bagi Kamu buat bayar tagihan sebelum jatuh tempo pembayaran.

Biar lebih jelas, silakan lihat tabel simulasi pinjaman TunaiKita di bawah ini:

Pokok PinjamanBiaya Layanan Per Bulan
3 Bulan
4 Bulan
5 Bulan
6 Bulan
4,000,000
720,000 - 1,080,000960,000 - 1,440,0001,200,000 - 1,800,0001,440,000 - 2,160,000
5,000,000
900,000 - 1,350,0001,200,000 - 1,800,0001,500,000 - 2,250,0001,800,000 - 2,700,000
10,000,000
1,800,000 - 2,700,0002,400,000 - 3,600,0003,000,000 - 4,500,0003,600,000 - 5,400,000
20,000,000
7,200,000 - 10,800,0006,000,000 - 9,000,0004,800,000 - 7,200,0003,600,000 - 5,400,000

Nb: Simulasi dilakukan menggunakan sistem TunaiKita

Cara Pinjam Uang di Aplikasi TunaiKita
  • Install aplikasi pinjaman online TunaiKita.
  • Daftar dan verifikasi nomor ponsel.
  • Pilih pinjaman jangka pendek atau cicilan.
  • Pilih pinjaman online dengan jumlah terbaik sesuai kebutuhan.
  • Isi lengkap formulir pengajuan.
  • Lengkapi foto dokumen yang dibutuhkan.
  • Ajukan pinjaman dan tunggu proses persetujuan.

Sebagai salah satu penyedia pinjaman online terbaik, TunaiKita saat ini sudah merambah di banyak Kota dan Kabupaten.

Meski belum mencangkau seluruh area Indonesia, namun jangkauan layanan TunaiKita sekarang saudah sangat luas meliputi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, hingga luar pulau jawa bahkan sampai Papua.

Cek Status Pengajuan Pinjaman

Lewat aplikasi pinjaman online TunaiKita Kamu bisa cek sampai mana status pengajuan yang telah dilakukan. Caranya cukup buka aplikasi dan masuk ke menu “Pinjaman”. Dalam tampilan tersebut Kamu bisa lihat status permohonan yang berada di bawah menu.

  • Review: berarti pengajuan Kamu sedang pada tahap review oleh tim.
  • On Hold: Jika status pinjaman Kamu On Hold berarti masih perlu dokumen tambahan biar pengajuan bisa diproses.
  • Outcome: yang berarti statu permohonan pinjaman TunaiKita sudah ada kepastian baik ditolak, diterima, atau dibatalkan.
  • Pencairan Dana: Status ini menginformasikan bahwa pencairan dana dilakukan jika pinjaman Kamu disetujui.

Saran Pengajuan!

  • Isi data secara valid agar verifikasi dapat dilakukan segera mungkin.
  • Gunakan KTP dan NPWP yang valid karena sistem TunaiKita akan mendeteksi secara otomatis.
  • Jika pinjaman online TunaiKita ditolak, silakan coba kembali setelah 2 hari atau 2×24 jam.
  • Pastikan membayar tagihan pinjaman sebelum jatuh tempo agar terhindar dari denda keterlambatan pembayaran.

#6 Cairin – Pinjaman Online Dana Cepat Cair Terbaik

pinjaman cairin terbaru terpercayaCairan adalah pinjaman uang online terbaik jangka pendek, kamu bisa pinjam uang lewat aplikasi Cairin dengan limit sampai Rp 1,600,000.

Meski demikian website resmi Cairin menginformasikan bahwa limit pinjaman yang bisa diajukan mulai Rp 400,000 – Rp 20,000,000. Ada kemungkinan penambahan limit kredit bisa dilakukan berdasar riwayat kredit sebelumnya.

Pinjaman online Cairin bisa dibilang pinjaman cepat Cair karena persetujuan bakal dilakukan dalam 2-3 hari.

Syarat Pinjaman Cairin
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Punya e-KTP yang masih berlaku.
  • Memiliki rekening bank sesuai ketentuan.

Cairin termasuk KTA online kilat yang dapat Kamu andalkan saat butuh pinjaman tunai mendadak dengan persyaratan mudah.

Beberapa data yang perlu Kamu persiapkan untuk pinjam uang di aplikasi Cairin diantaranya data pribadi, informasi pekerjaan, kontak darurat, dan dokumen persyaratan.

Cara Pengajuan Pinjaman Cairin

Pengajuan pinjaman online lewat aplikasi Cairin sangat cepat. Kamu hanya butuh beberapa menit saja untuk melakukan pendaftaran dan melengkapi data diri yang dibutuhkan.

Berikut cara permohonan KTA lewat aplikasi pinjaman online Cairin.

  • Unduh aplikasi Cairin lewat playstore.
  • Daftar akun menggunakan nomor ponsel Kamu.
  • Pilih nominal dan jangka waktu pinjaman sesuai yang dibutuhkan.
  • Masuk dan lengkapi formulir data diri, data pekerjaan, dan kontak darurat.
  • Lengkapi foto KTP dan otentifikasi wajah langsung lewat aplikasi Cairin.
  • Ajukan permohonan kredit dan tunggu proses persetujuan 2-3 hari.
  • Pengajuan pencairan dana bisa dilakukan setelah pengajuan disetujui.

Saran Pengajuan!

  • Jika Kamu gagal menguggah foto KTP coba lagi dengan pengambilan gambar lebih dekat dan dengan pencahayaan yang cukup.
  • Proses pengajuan pinjaman online Cairin membutuhkan otentikasi wajah, proses ini kadang mengalami kegagalan. Jika mengalami kasus seperti ini coba lakukan kembali di tempat yang lebih terang.
  • Dari pengalaman saya, proses otentifikasi pinjaman online bakal lebih cepat jika dilakukan pada siang hari dengan bantuan cahaya matahari.

#7 Pinjaman online terbaik Maucash

aplikasi pinjaman maucash onlineMaucash adalah pinjaman online tanpa slip gaji terbaik yang bisa diajukan melalui dua skema pembayaran yakni sekali bayar dan dengan cicilan.

Aplikasi Maucash adalah pinjaman cepat cair sekali bayar plafon mulai Rp 500,000 sampai Rp 2,500,000 dengan durasi 21-30 hari.

Fintech Maucash juga menawarkan pinjaman online angsuran bulanan mulai Rp 1,500,000 – Rp 5,000,000 dengan cicilan 3-4 bulan.

Pinjaman online Maucash diajukan tanpa syarat jaminan sehingga layak disebut sebagai KTA online kilat cepat cair.

Penyelenggara pinjam meminjam uang online Maucash dikeluarkan oleh PT Astra Welab Digital Arta yang telah memperoleh nomor tanda terdaftar Orotitas Jasa Keuangan (OJK). Jadi termasuk pinjaman terpercaya dan aman.

Apa Syarat Pinjaman Maucash?

Berikut persyaratan pinjam uang lewat Aplikasi Maucash.

  • Warga Negara Indonesia.
  • Minimum usia 21 tahun dan maksimum 55 tahun.
  • Punya nomor hp dan alamat email yang masih aktif.
  • Punya pekerjaan dan penghasilan minimum 3 juta rupiah per bulan.
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku.
  • Untuk karyawan perlu menyertakan slip gaji atau bukti pembayaran.
  • Untuk wiraswasta bisa menggunakan NPWP atau SIUP.
  • Berdomisili di area jangkauan Maucash.

Kamu bisa mengajukan pinjaman Maucepat jika memilih pinjaman jangka pendek dengan durasi 21 – 30 hari.

Atau mengajukan pinjaman Mauringan bila menginginkan pinjaman online angsuran bulanan dengan tenor 3-4 bulan.

Sebagai pinjaman online dengan layanan terbaik, Maucash dapat digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan pribadi baik bersifat konsumtif maupun produktif.

Misalnya biaya pendidikan, biaya kesehatan, biaya liburan, bisa juga buat nambah-namabah modal mengembangkan bisnis atau usaha.

Berapa Bunga Pinjaman Maucash?

Maucash menggabungkan bunga pinjaman, biaya kredit, biaya operasional, dan komisi menjadi satu yakni biaya layanan.

Sedangkan biaya administrasi bakal dikenakan untuk biaya pencairan pinjaman baik secara online maupun offline.

Hitungan Pinjaman Maucepat

Pinjaman Maucepat bisa diajukan dengan limit minimum Rp 500,000 dan tenor 21 hari. Biaya administrasi terendah Rp 35,000 dan biaya layanan 0,535% per hari.

Dengan mengajukan pinjaman Rp 500,000 durasi 21 hari, kamu wajib mengembalikan jumlah pembayaran Rp 557,000.

Sedangkan nominal pinjaman maksimum Maucepat adalah Rp 2,500,000 dengan durasi peminjaman 30 hari. Biaya administrasi 0,535% per hari dengan biaya administrasi sebesar Rp 175,000.

Jika pinjam uang Rp 2,500,000 dengan tenor 30 hari lewat Maucepat Kamu wajib melakukan jumlah pembayaran Rp 2,902,000 yang dibayarkan sekali lunas.

Biar lebih mudah buat memahami biaya layanan silakan lihat simulasi pinjaman Maucepat di bawah ini.

Hitungan Pinjaman Mauringan

Beda dengan Maucepat, Mauringan merupakan pinjaman online angsuran bulanan terbaik yang ditawarkan dengan tenor 3 dan 4 bulan.

Lewat Mauringan Kamu bisa pinjam uang mulai Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta dengan pilihan jangka waktu 3-4 bulan.

Pinjaman minimum Mauringan Rp 1,500,000 dengan tenor 3 bulan dikenakan biaya layanan 10% per bulan. Sedangkan biaya administrasinya Rp 105,000, selama 3 bulan Kamu akan mengembalikan jumlah pembayaran Rp 1,950,000 yang dicicil per bulan.

Sedangkan jumlah maksimum pinjaman Rp 5 juta dengan tenor paling lama 4 bulan dikenakan biaya layanan sebesar 10% per bulan. Biaya administrasinya Rp 350,000 yang dikenakan sekali.

Jika kamu pinjam uang 5 juta tanpa jaminan lewat aplikasi Maucash selama 4 bulan, maka total pembayarannya sebesar Rp 7,000,000 yang dicicil tiap bulan.

Bagaimana Cara Pengajuan Pinjaman Maucash

Prosedur pengajuan pinjaman Maucash bisa Kamu lakukan melalui cara berikut.

  • Download dan Install aplikasi pinjaman online Maucash lewa playstore.
  • Gunakan nomor ponsel untuk proses pendaftaran awal.
  • Masuk ke aplikasi Maucash dan pinjaman Mauringan atau Maucepat tergantung mana yang terbaik sesuai kebutuhan.
  • Pilih nominal dan jangka waktu sesuai kemampuan bayar.
  • Isi formulir online sesuai petunjuk mulai data diri, data perkejaan, hingga kontak darurat.
  • Lengkapi persyaratan dengan menggunggah KTP atau dokumen yang diperlukan.
  • Tunggu proses verifikasi dan survey data oleh Tim melalui panggilan telepon.
  • Cek kotak masuk SMS atau kotak masuk pada email terdaftar untuk mengetahui apakah proses pengajuan disetujui atau ditolak.
  • Jika pengajukan pinjaman Maucash disetujui silakan buka aplikasi dan lihat notifikasi untuk proses perjanjian pinjam meminjam.
  • Pencairan pinjaman dana online dilakuan paling lambat 24 jam cari ke rekening atau lewat Alfamart.

Salah satu perbedaan mencolok Maucash ialah menerima pencairan dana secara online lewat rekening bank dan secara offline lewat Alfamart.

Kamu bisa pilih metode pencairan uang tunai yang paling cepat baik lewat rekening bank atau alfamart.

Saran Pengajuan!

  • Pastikan nomor ponsel terdaftar dalam keadaan aktif sehingga Kamu bisa menerima panggilan dari Maucash secepat mungkin.
  • Pilih jumlah dan tenor pinjaman dengan mempertimbangkan kebutuhan serta kemampuan bayar.
  • Pilih metode pembayaran pinjaman online Maucash yang sekiranya mudah dan terbaik buat Kamu sendiri.
  • Hindari keterlambatan pembayaran pinjaman karena berisiko terkena denda.

#8 Kredit Cepat

pinjam uang dengan selfie KTPKredit Cepat adalah aplikasi pinjaman KTA online terbaik dan cocok buat Kamu yang butuh dana tunai talangan.

Butuh pinjaman uang 5 juta tanpa jaminan? Kredit Cepat bisa jadi pilihan tepat karena limit yang ditawarkan mulai Rp 300,000 – Rp 1,500,000 buat nasabah baru. Limit ini bisa ditingkatkan bagi peminjam yang sudah punya riwayat peminjaman sebelumnya.

Kamu juga bebas menentukan jangka waktu terbaik mulai dari 5 hari sampai 30 hari sesuai pinjaman online yang Kamu butuhkan.

Aplikasi pinjaman Kredit Cepat jadi salah satu rekomendasi pinjaman kilat terbaik karena dana bisa langsung cair dalam 24 jam.

Syarat Pinjaman Kredit Cepat
  • Warga Negara Indonesia.
  • Rentang usia 21 tahun sampai 55 tahun.
  • Memiliki e – KTP yang masih berlaku.
  • Memiliki penghasilan dan slip gaji.
  • Punya rekening atas nama sendiri untuk proses pencairan dana.
  • Biaya Pinjaman Kredit Cepat

Kredit Cepat merupakan P2P Lending terbaik dan terpercaya terdaftar OJK sehingga biaya layanannya sesuai dengan yang direkomendasikan OJK dan AFPI (maksimal 0,8% per hari).

Sebagai P2P Lending terkemuka, Kredit Cepat sangat transparan dalam memberikan pelayanan bagi nasabah.

Salah satu bentuk transparansi Fintech yang diselenggarakan oleh PT Alfa Finance Indonesia ini adalah menginformasikan biaya pinjaman secara transparan.

Berikut rincian biaya Kredit Cepat yang bakal dikenakan bagi nasabah berdasar jangka waktu kredit yang diambil.

tabel angsuran pinjaman online terbaik 2020

Cara Pinjam Uang Lewat Kredit Cepat

Pengajuan pinjaman online Kredit Cepat bisa dipilih melalui dua metode, pertama lewat website resmi dan kedua melalui aplikasi Kredit Cepat. Berikut cara pinjam uang online lewat website Kredit Cepat.

  • Kunjungi website kreditcepat.co.id.
  • Pilih jumlah dan jangka waktu pinjaman sesuai kebutuhan.
  • Pilih tombol “dapatkan dana sekarang”.
  • Registrasi sebagai pengguna layanan Kredit Cepat.
  • Lengkapi formulir pengajuan aplikasi kredit.
  • Sertakan dokumen yang diperlukan sesuai ketentuan.
  • Tunggu proses verifikasi dan persetujuan melalui panggilan telepon.
  • Dana langsung cair ke rekening dalam 24 jam jika pengajuan pinjaman Kredit Cepat disetujui.

Salah satu keunggulan Kredit Cepat yang jarang bisa ditemukan lewat pinjaman online lain ialah fitur penundaan jatuh tempo pembayaran.

Dalam kondisi dan situasi tertentu, debitur bisa saja meminta keringan penundaan pembayaran selama 30 hari dengan ketentuan membayar biaya perpanjangan.

Saran Pengajuan!

  • Gunakan metode pengajuan lewat aplikasi Kredit Cepat yang bisa Kamu unduh lewat playstore.
  • Pastikan sambungan internet Kamu baik, jika mengalami kendala pada proses pengajuan coba lakukan kembali beberapa saat kemudian.
  • Isik formulir secara valid sehingga proses verifikasi berjalan mulus dan segera disetujui.

#9 KTA Kilat

aplikasi pinjaman kta kilat 3 menit cair cepatKTA Kilat adalah pinjaman online terbaik dari PT Pendanaan Teknologi Nusa dan telah memperoleh izin penuh dari OJK sejak 30 September 2019.

Pinjaman KTA Kilat jadi salah satu layanan pinjaman online tercepat dan terkemuka dengan proses verifikasi antara 2-48 jam.

Kamu bisa mengajukan pinjaman online lewat KTA Kilat dengan nilai pinjaman terendah yang diterima Rp 500,000 dan tertinggi Rp 2,900,000.

Berikut rincian nilai pinjaman terendah dan tertinggi dengan jangka waktu selama 30 hari.

UraianPinjaman TerendahPinjaman Tertinggi
Uang yang diterima500,0002,900,000
Uang yang dikembalikan620,0003,343,700
Total Biaya120,000443,700
Prosentasi biaya harian0,80%0,51%
Syarat Pinjaman KTA Kilat

Pengajuan KTA Kilat membutuhkan beberapa persyaratan dan ketentuan sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Rentang usia 18-50 tahun.
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan stabil.
  • Foto KTP, NPWP atau BPJS.
  • Slip Gaji atau bukti transaksi (gaji) melalui bank.

Selain memenuhi kriteria dan menyiapkan persyaratan di atas, proses pengajuan bisa dilakukan dengan mengisi formulir KTA Kilat secara online.

Dalam aplikasi tersebut, Kamu bakal diminta untuk melengkapi data diri, data pekerjaan dan penghasilan, informasi tempat tinggal, hingga referensi atau kontak darurat.

Pengajuan KTA Kilat

Pinjaman KTA Kilat bisa dengan mudah dan cepat diajukan secara online. Berikut cara pengajuan pinjaman online lewat aplikasi KTA Kilat Pendanaan.

  • Download dan Install aplikasi KTA Kilat lewat playstore.
  • Buka aplikasi dan lakukan registrasi dengan nomor ponsel.
  • Tentukan jumlah pinjaman serta durasi kredit yang dikehendaki.
  • Isikan data diri, data pekerjaan, status tempat tinggal, hingga kontak darurat.
  • Lengkapi dokumen persyaratan sesuai yang diminta baik KTP, BPJS/ NPWP, dsb.
  • Tunggu proses verifikasi dan persetujuan dalam 2-48 jam.
  • Dana cair ke rekening kurang dari 2 hari.

Saat butuh pinjaman cepat tanpa jaminan, KTA Kilat jadi alternatif terbaik yang sangat direkomendasikan.

Saran Pengajuan!

  • Perhatikan kembali rincian biaya (simulasi pinjaman) sebelum menyerahkan aplikasi kredit Kamu.
  • Bandingkan dengan fasilitas pinjaman online lewat aplikasi lain.
  • Lihat review dan ulasan di kolom komentar aplikasi KTA Kilat di playstore sebelum melakukan penginstallan.

#10 Pinjaman Tunai Winwin

pinjamwinwin tanpa jaminanPinjamwinwin adalah pinjaman P2P Lending online terbaik dari PT Progo Puncak Group. Perusahaan ini secara resmi terdaftar OJK sejak 1 Februari 2019.

Pinjaman winwin diajukan tanpa syarat jaminan apapun dengan limit mulai Rp 500,000 – Rp 5,000,000 jangka waktu 10-30 hari.

Fintech winwin merupakan layanan KTA online cepat cair sehingga bisa diajukan oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun asal memenuhi persyaratan sebagai calon penerima pinjaman.

Hanya dalam waktu 4 jam, uang tunai Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta bisa Kamu dapatkan lewat aplikasi pinjaman online Winwin (bagi yang sudah punya riwayat pinjaman lancar sebelumnya).

Persyaratan mudah, proses cepat, dan aman menjadi beberapa keunggulan Pinjamwinwin dalam menyelenggarakan pinjam meminjam uang online.

Apa Syarat Pinjamwinwin?

Sebagai fintech terbaik, aplikasi pinjaman online Winwin bisa diajukan tanpa slip gaji. Berikut kriteria dan persyaratan yang perlu Kamu persiapkan sebelum mengajukan pinjaman uang tunai lewa aplikasi Winwin.

  • Warga Negara Indonesia.
  • Usia minimum 21 tahun.
  • Punya KTP yang masih berlaku.
  • Memiliki rekening atas nama pribadi.
  • Alamat email dan nomor ponsel aktif.
  • Tinggal di area jangkauan layanan winwin.
  • Memiliki pekerjaan dan bukti penghasilan atau surat keterangan pegawai.

Saat ini Pinjamwinwin sudah menjangkau area Semarang, Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Gresik, Bekasi, Bandung, Karawang, Mojokerto, Bogor, Depok, Pasuruan, dan Tangerang.

Berapa Biaya Pinjaman Winwin?

Ketentuan biaya secara resmi bisa kamu peroleh pada saat pengajuan aplikasi kredit. Namun demikian Winwin telah memeberikan informasi dasar bunga pinjaman harian sebagai berikut.

Pengajuan ke-Maksimal PinjamanBunga Harian
12,000,0000,79%
22,000,0000,59%
32,000,0000,59%
43,000,0000,59%
54,000,0000,59%
65,000,0000,59%
75,000,0000,59%

Data di atas menunjukkan bahwa Winwin menerapkan batas atas bunga harian di bawah 0,8% sebagaimana yang menjadi ketentuan anggota AFPI.

Salah satu keunggulan Winwin dalam menerima pinjaman online ialah bisa diajukan tanpa slip gaji. Sebagai gantinya Kamu bisa mengunggah Surat Keterangan Pegawai.

Prosedur Pengajuan Pinjaman Winwin

Mirip dengan proses pengajuan pinjaman online Kredit Cepat, Kamu bisa mengajukan permohonan kredit lewat website dan langsung melalui aplikasi berbasis Android.

Cara pengajuan pinjaman online lewat aplikasi Pinjamwinwin bisa Kamu lakukan dengan langkah berikut.

  • Download dan install aplikasi Pinjamwinwin via playstore.
  • Lakukan pendaftaran dan masukan nomor ponsel, alamat email, dan buat password.
  • Masuk menggunakan data yang telah Kamu daftarkan.
  • Pilih jumlah pinjaman dan durasi kredit yang dikehendaki.
  • Lengkapi formulir pengajuan yang tersedia.
  • Unggah foto dokumen persyaratan (KTP, Buku Rekening, dan Slip Gaji).
  • Submit atau serahkan aplikasi pengajuan kredit Kamu.
  • Tunggu proses verifikasi dan persetujuan.

Proses verifikasi data membutuhkan beberapa waktu dan Kamu bakal memperoleh email dari Pinjmwinwin yang menginformasikan apakah pengajuan pinjaman disetujui atau ditolak.

Bagi nasabah baru, dana akan langsung cair lewat rekening bank paling cepat 1 jam dan paling lambat 7 hari setelah pengajuan pinjaman online disetujui.

Saran Pengajuan!

  • Pastikan dokumen persyaratan yang Kamu unggah terlihat jelas dan dapat dibaca dengan baik.
  • Gunakan rekening atas nama sesuai dengan nama di KTP agar pengajuan Pinjamwinwin disetujui.
  • Lengkapi kontak keluarga dan kontak darurat secara valid dan pastikan nomor ponsel tersebut juga dalam kondisi aktif.
  • Biar pencairan dana semakin cepat, gunakan rekening bank BCA karena Pinjamwinwin menggunakan rekening BCA untuk proses transfer.

Kenali Cara Pengajuan Pinjaman Online

Jika Kamu sudah tnemukan pinjaman online terbaik sesuai kebutuhan. Selanjutnya kamu harus pahami metode pengajuan.

Secara umum metode pengajuan pinjol dapat dibedakan menjadi dua yakni melalui situs web dan aplikasi berbasis android & iOS.

# Via Situs Web (Website)

Metode pengajuan pinjaman melalui situs web dilakukan dengan mengunjungi Uniform Resource Locator (URL) penyelenggara pinjaman online.

Situs web fintech lending biasanya melengkapi informasi syarat & ketentuan bagi pengguna baik pendana maupun peminjam berkaitan dengan produk dan layanan yang mereka tawarkan.

Secara garis besar proses pengajuan aplikasi kredit melalui situs web bisa Kamu lakukan dengan empat langkah berikut:

‣ Registrasi dan Pengisian Data Pribadi

Registrasi atau mendaftarkan diri sebagai user (pengguna) merupakan langkah pertama yang harus Kamu lakukan untuk bisa masuk ke sistem pinjam meminjam berbasis website.

Proses pendaftaran ini biasanya memerlukan alamat email atau nomor ponsel sebagai media verifikasi guna memastikan akses email atau nomor ponsel benar-benar milik pendaftar.

Tidak jauh berbeda dengan metode pendaftaran sosial media, verifikasi ini biasanya dilakukan dengan mengirim kode keamanan atau url dan panduan untuk melakukan verifikasi akun.

Setelah proses registrasi selesai, Kamu bisa langsung masuk website penyedia pinjaman online dan melakukan tahap berikutnya yakni melengkapi data pribadi terbaik dan sebaik mungkin.

Data yang diminta dalam proses ini tidak jauh beda dengan pengajuan kredit lewat aplikasi. Beberapa data yang diperlukan dalam proses registrasi dan melengkapi data pribadi diantaranya sebagai berikut:

  • Alamat email dan nomor ponsel;
  • Informasi diri mulai dari nama, alamat, hingga status tempat tinggal;
  • Informasi pekerjaan mulai dari nama perusahaan, alamat, hingga pendapatan per bulan;
  • Kartu Tanda Penduduk baik NIK ataupun foto KTP;
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
  • Rekening Bank milik pribadi; dan
  • Nama serta nomor ponsel teman atau keluarga dekat sebagai referensi kontak darurat.
‣ Pengajuan Pinjaman

Setelah data pengguna terisi lengkap, langkah berikutnya ialah memilih jumlah dan jangka waktu pinjaman.

Perlu diingat bahwa setiap penyedia pinjaman online memiliki ketentuan berbeda-beda dalam menawarkan limit dan durasi kredit.

Seperti yang sudah saya katakan di atas tadi, tenor dan plafon kredit online sangat bervariasi.

Sebagian penyelenggara pinjaman online menawarkan tenor kredit jangka pendek mulai 7 hari hingga 30 hari.

Namun ada pula yang menawarkan pinjaman online yang bisa dicicil per bulan dengan durasi 3-24 bulan.

Ada sebagian yang menawarkan pinjaman uang tunai mulai Rp 200,000 hingga Rp 1,000,000. Sebagian lagi menawarkan pinjaman online mulai Rp 2,000,000 hingga Rp 20,000,000.

Mengingat kebutuhan pinjaman antar orang berbeda, Kamu perlu melakukan pengamatan secara jeli sebelum menentukan pinjaman online terbaik yang sesuai kebutuhan pribadi.

Jika Kamu sudah menentukan jumlah dan tenor pinjaman, selanjutnya bisa menyerahkan permohonan tersebut sesuai panduan yang ada.

‣ Proses persetujuan

Pinjam meminjam yang sepenuhnya dilakukan secara online tidak mengenal proses tatap muka antara pihak debitur dan kreditur.

Proses pengajuan dan persetujuan 100 persen dilakukan jarak jauh dengan beberapa penilaian terhadap data calon debitur.

Persetujuan pinjaman online cepat mulai hitungan menit hingga hari. Pun demikian rata-rata proses pengajuan dan persetujuan biasanya memerlukan 24-72 jam atau 1-3 hari kerja.

‣ Pencairan dana

Jika pengajuan pinjaman Kamu disetujui, selanjutnya proses pencairan dana akan dilakukan.

Pencairan dana dilakukan dengan cara mengirim atau transfer sejumlah uang dari pihak kreditur kepada pihak debitur.

Metode ini debitur memerlukan rekening bank sebagai tempat penerimaan dana pinjaman.

# Lewat Aplikasi Pinjaman Online

Selama ini terdapat dua jenis aplikasi pinjaman online yakni berbasis Android yang dirancang bagi pengguna Smartphone Android dan berbasis iOS bagi pengguna Iphone.

Metode pengajuan pinjol melalui aplikasi sebenarnya sama dengan proses pengajuan kredit melalui situs web.

Yang membedakan antara keduanya tidak lain ialah proses awal dimana pengajuan lewat website diawali dengan mengunjungi URL penyelenggara pinjol.

Sedangkan pengajuan via aplikasi diawali dengan download dan install aplikasi pinjol.

‣ Download & Install Aplikasi Pinjaman Online

Jika Kamu sudah menemukan aplikasi pinjaman online terbaik, silakan download dan install aplikasi tersebut dari sumber terpercaya.

Bagi pengguna Android bisa install melalui playstore. Sedangkan pengguna Iphone (iOS) bisa lewat APPStore.

Perhatian: Jangan sembarangan menginstall APK pinjaman online dari sumber yang kurang kredible. Selain masalah keamanan data ponsel. Bisa saja pinjaman tersebut tidak bersumber dari Fintech terdaftar dan berizin OJK.

‣ Daftar atau Registrasi

Umumnya registrasi akun sebagai peminjam membutuhkan nomor ponsel atau alama email. Setelah membuka aplikasi pinjaman online, Kamu akan diminta memasukkan nomor ponsel sebagai sarana verifikasi.

Ikuti saja step by step proses registrasi tersebut, mulai dari memasukkan nomor ponsel hingga verifikasi lewat SMS.

Jika kamu sudah bisa masuk ke sistem aplikasi, langsung bisa mengajukan jumlah pinjaman online sesuai ketentuan. Atau bisa juga terlebih dahulu diminta melengkapi data profile.

‣ Ajukan Pinjaman

Gak jauh beda dengan metode pengajuan via website. Lewat aplikasi pinjol kamu bisa memilih jumlah dan tenor pinjaman online sesuai kebutuhan.

Kembali saya ingatkan bahwa tiap-tiap penyedia pinjol menawarkan limit dan durasi kredit berbeda.

Untuk itu Kamu harus jeli memilih pinjaman online sesuai dengan jumlah dan jangka waktu terbaik sesuai kemampuan bayar.

Pada proses pengajuan nominal pinjaman biasanya penyedia pinjol akan menginformasikan simulasi kredit mulai dari uang yang bakal Kamu terima hingga jumlah pembayaran yang harus dibayarkan pada saat jatuh tempo.

‣ Melengkapi Formulir dan Dokumen Persyaratan

Jika kamu setuju dengan perhitungan pinjam meminjam mulai dari bunga, biaya, dan jumlah pembayaran. Berikutnya akan diminta untuk melengkapi formulir dan upload dokumen.

Formulir pinjaman online rata-rata meminta informasi pribadi dari calon debitur seperti identitas diri, alamat, pekerjaan dan penghasilan, hingga referensi atau kontak darurat. Silakan isi formulir tersebut secara lengkap dan akurat.

Kelengkapan dan akurasi data terbaik menjadi salah satu pertimbangan penyedia pinjaman online menilai permohonan.

Agar persetujuan cepat dan langsung disetujui, pastikan kembali Kamu telah mengupload syarat dokumen sebelum mengirimkan aplikasi kredit.

‣ Proses Penilaian dan Persetujuan

Fintech pinjaman online memberikan persetujuan berdasar skor kredit terbaik calon peminjam. Penilaian skor kredit didapatkan dari kelengkapan dokumen persyaratan dan keakuratan data yang Kamu isikan.

Proses penilaian dan persetujuan pinjaman masing-masing penyelenggara pinjam meminjam bisa saja berbeda.

Beberapa diantaranya ada yang ngasih persetujuan kilat dan cepat dalam hitungan menit. Ada juga penyedia pinjaman online yang menjanjikan persetujuan paling cepat dalam 24 jam hingga 3 hari.

‣ Dana langsung cair ke rekening bank

Pencairan cepat menjadi salah satu layanan fintech lending terbaik dalam menyediakan pinjaman uang tunai online. Pencairan dana akan dilakukan setelah aplikasi kredit Kamu memperoleh penilaian dan persetujuan.

Pada hari yang sama, sejumlah uang pinjaman akan langsung dikirim ke rekening pribadi milik debitur. Biar proses ini berjalan lancar dan sukses pastikan Kamu menggunakan nomor rekening atas nama sendiri sesuai nama di KTP.

Beberapa penyedia pinjaman online memiliki fitur yang bisa digunakan untuk cek apakah pengajuan disetujui atau tidak. Namun beberapa diantaranya ada yang memberikan informasi atau notifikasi begitu pengajuan yang Kamu lakukan disetujui.

Informasi tersebut bisa dikirim lewat SMS, email, atau melalui notifikasi dalam aplikasi pinjaman online yang Kamu gunakan.

Demikian pula jika dana pinjaman telah dikirim ke rekening bank peminjam. Kamu bakal dapat notifikasi pinjaman telah dicairkan. Selanjutnya bisa dipergunakan sesuai dengan tujuan penggunaan dana.

Tips Memilih Pinjaman Online Terbaik

Meski pada ulasan di atas telah saya tuliskan 10 pinjaman online terbaik dan penyedia pinjol terpercaya lainnya.

Namun tetap harus diingat bahwa kebutuhan yang hendak dipenuhi masing-masing calon debitur itu berbeda.

Makanya tidak mudah menentukan satu pinjaman terbaik dari sekian banyak jenis dan layanan pinjol.

Meski banyak orang termasuk saya memberikan rekomendasi penyedia pinjaman online paling bagus. Belum tentu layanan dan produk tersebut tepat untuk memenuhi kebutuhan pinjaman Kamu.

Itulah sebabnya kenapa penentuan pinjaman online yang terbaik harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan calon debitur sendiri.

Dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi keuangan pribadi, masing-masing calon peminjam mestinya bisa menentukan pinjaman paling tepat buat dirinya sendiri.

Nah biar mudah menentukan platform pinjol terbaik dan paling unggul buat Kamu sendiri, ikutilah cara sederhana memilih pinjaman online di bawah ini.

# Tentukan Tujuan Penggunaan Dana

Sebagaimana yang telah saya katakan di atas, memilih layanan pinjol tidak boleh dilakukan sembarangan.

Melainkan membutuhkan banyak pertimbangan, utamanya ialah terlebih dahulu menentukan tujuan penggunaan dana.

Satu orang dengan orang lain memiliki kebutuhan berbeda yang hendak dipenuhi. Itulah sebabnya fasilitas pinjaman terbaik antara satu orang dengan orang lain juga berbeda.

Dilihat dari tujuan pemanfaatan dana, pinjaman atau kredit dapat dibedakan menjadi dua jenis berikut.

‣ Konsumtif

Pengertian pinjaman konsumtif dapat kita maknai sebagai fasilitas pembiayaan dari industri jasa keuangan dimana tujuannya digunakan untuk memenuhi kebutuhan debitur (peminjam) yang bersifat konsumtif pribadi.

Dalam dunia perbankan, kredit konsumtif biasa dibedakan menjadi dua jenis yakni KPR dan non KPR seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), KKB, hingga Kartu Kredit. Demikian halnya dengan fasilitas pinjaman online yang ditawarkan oleh industri fintech terbaik.

Fasilitas pembiayaan konsumtif atau pinjaman pribadi yang ditawarkan fintech terkemuka cenderung lebih bervariasi mulai dari pinjaman kilat, KTA online, hingga cicilan tanpa kartu kredit.

Jika kebutuhan yang hendak Kamu biayai dari uang pinjaman bersifat konsumtif. Mengajukan pinjaman pribadi seperti KTA online, pinjaman kilat, atau cicilan tanpa kartu kredit dari perusahaan terpercaya dan di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjadi pilihan tepat.

Pinjaman pribadi sangat mudah didapatkan secara online. Bahkan dari penelusuran saya, Mayoritas Fintech Lending terkemuka di Indonesai menawarkan pinjaman cepat langsung cair dengan rata-rata persetujuan 24 jam – 72 jam saja.

Dengan memanfaatkan sistem Artificial Intelligence (AI), Fintech dapat dilakukan lebih cepat dan efisien.

Pinjaman dana tunai online lewat fintech dapat dilakukan melalui situs web dan aplikasi pinjaman online berbasis Android tanpa tatap muka sama sekali.

Di sisi lain, proses persetujuan kredit pinjaman online memiliki tingkat kecepatan lebih baik dibandingkan perbankan dan koperasi.

Dalam praktiknya, Fintech memberikan persetujuan pinjaman online dengan mengumpulkan serta mem-verifikasi data calon debitur dan menyajikannya menjadi skor kredit terbaik.

Skor inilah yang menjadi pertimbangan utama industri fintech lending menentukan apakah pengajuan pinjaman ditolak atau disetujui.

‣ Produktif

Pinjaman produktif adalah fasilitas pembiayaan dari industri jasa keuangan kepada debitur (peminjam) yang tujuan pemanfaatan dananya sebagai modal kerja dan investasi.

Lebih mudahnya kita bisa artikan pinjaman produktif sebagai hutang yang dapat menghasilkan pemasukan bagi debitur, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Jika kita menengok kredit produktif di perbankan, jenis dan bentuknya sangat variatif. Mulai dari Kredit Modal Kerja (KMK), Kredit Waralaba, hingga Kredit Usaha Rakyat.

Pinjaman produktif saat ini juga sudah banyak ditawarkan oleh fintech P2P Lending & Crowdfounding secara online dengan beragam jenis dan tipe jaminan.

Dari analisa terhadap perkembangan dan tantangan Fintech Lending terbaik yang saya lakukan, penyedia pinjaman online memiliki peluang besar menyalurkan pinjaman produktif.

Terlebih OJK selaku pengatur dan pengawas industri bidang jasa keuangan memberikan dorongan kepada industri Fintech Lending untuk meningkatkan kapasitasnya dalam penyaluran pinjaman produktif.

Dilansir dari halaman resmi OJK, Kepala Eksekutif Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK, Riswinandi mengatakan bahwa OJK memberikan dorongan bagi fintech lending untuk mendukung pendanaan bagi UMKM dengan memberikan dua pilihan.

“ ,yaitu mendorong fintech lending meningkatkan kapasitas pendanaan produktif (kualitas) atau mendorong kemudahan pendaftaran fintech lending produktif secara masif (kuantitas)” kata Riswinandi dalam siaran pers OJK, Jumat (3/5/2019)”.

Meski pemerintah telah meluncurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk mempermudah akses pinjaman bagi pelaku UMKM.

Kiranya langkah tersebut masih belum optimal, terlebih hingga saat ini realisasi penyaluran KUR masih terkonsentrasi di Pulau Jawa dan Sumatera.

Kondisi ini menjadi peluang bagi industri Fintech Lending untuk turut serta menyalurkan pinjaman produktif khususnya bagi UMKM yang selama ini belum tersentuh oleh perbankan.

# Menyusun Skala Prioritas Kebutuhan

Langkah kedua untuk dapat menemukan pinjaman terbaik yakni dengan menyusun skala prioritas kebutuhan yang harus dipenuhi.

Skala prioritas dapat kita artikan sebagai upaya seseorang dalam menyusun urutan kebutuhan yang lebih penting daripada kebutuhan lain dan harus diselesaikan terlebih dahulu.

Menentukan skala prioritas sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman sangat dianjurkan agar manfaat dari pinjaman benar-benar didapatkan.

Kebutuhan pribadi seseorang memiliki tingkat urgensi berbeda. Itulah sebabnya pinjaman online terbaik tidak melulu harus langsung cair atau tanpa syarat NPWP dan slip gaji. Namun cenderung dapat ditentukan berdasar kondisi calon debitur itu sendiri.

Singkatnya, sebelum memilih salah satu layanan pinjaman online. Ada baiknya terlebih dahulu Kamu tentukan skala prioritas kebutuhan yang hendak Kamu penuhi.

Dalam ilmu ekonomi, skala prioritas kebutuhan manusia bisa disusun berdasar empat urutan berikut:

‣ Tingkat Urgensi

Tingkat kebutuhan urgen adalah kepentingan yang harus dipenuhi terlebih dahulu dibandingkan kebutuhan lain. Kebutuhan ini biasanya bersifat darurat dan harus segera dipenuhi.

Contonya ialah biaya pengobatan yang harus diprioritaskan dibanding kebutuhan lain seperti membeli alat elektronik atau liburan.

Jika kebutuhan Kamu tergolong urgen seperti kasus di atas, mencari pinjaman online untuk biaya pengobatan layak untuk dipertimbangkan.

‣ Kesempatan yang Dimiliki

Skala prioritas kebutuhan selanjutnya ialah dengan pertimbangan kesempatan yang dimiliki.

Kamu dapat menempatkan kebutuhan ini pada peringkat kedua yang harus diprioritaskan.

Jika sekiranya kesempatan untuk memenuhi kebutuhan tersebut tidak akan datang untuk kedua kalinya.

Dalam kondisi ini, boleh saja Kamu berusaha untuk mencari pinjaman dana online guna memenuhi kebutuhan terbaik.

‣ Pertimbangan Masa Depan

Setelah urgensi dan kesempatan yang dimiliki menjadi pertimbangan pertama dan kedua.

Skala prioritas selanjutnya ialah pertimbangan masa depan.

Sebagai contohnya, jika Anak Kamu di terima di salah satu Perguruan Tinggi Negeri pada jurusan favorit dan kebetulan masih kekurangan perihal pembayaran biaya pendidikan.

Tidak ada salahnya bagi orang tua mencari dana talangan untuk menutup pembayaran biaya masuk perguruan tinggi guna masa depan anak.

‣ Kemampuan Diri

Selalu merasa tidak puas adalah salah satu sifat buruk manusia. Di sisi lain, manusia juga memiliki keterbatasan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan.

Untuk itu setiap keinginan harus diimbangi dengan kemampuan diri agar tidak menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

Mengukur kemampuan diri sebagai salah satu pertimbangan mengajukan pinjaman online sangat diperlukan untuk memastikan kemampuan bayar.

Dengan menyusun skala prioritas di atas, Kamu bakal lebih mudah menentukan apakah kebutuhan tersebut layak dipenuhi dengan uang pinjaman atau tidak.

# Hitung Jumlah Pinjaman yang Tepat

Biar bisa menentukan pinjaman online yang terbaik, langkah berikutnya Kamu harus menghitung kebutuhan dana.

Mengetahui dengan pasti jumlah kebutuhan dana berarti memberikan kepastian pula berapa nominal pinjaman yang seharusnya Kamu ajukan.

Jumlah pinjaman yang lebih besar dari kebutuhan dana tidak akan efektif, bahkan justru akan jadi beban bagi diri sendiri.

Sebaliknya, jika Kamu pinjam uang kurang dari kebutuhan dana yang diperlukan. Hampir bisa dipastikan Kamu harus mencari pinjaman di tempat lain buat menutup kekurangan tersebut yang bakal menimbulkan beban cicilan yang lebih berat.

Untuk itu menghitung kebutuhan dana pinjaman yang tepat sangat dianjurkan sebelum menentukan layanan kredit online terbaik.

Jumlah pinjaman yang tepat semestinya juga Kamu pertimbangkan berdasar kemampuan bayar.

Mengapa jumlah pinjaman harus ditentukan terlebih dahulu?

Setiap penyedia pinjaman online menawarkan limit kredit yang berbeda-beda. Hal ini sangat mempengaruhi jumlah pinjaman yang bisa Kamu peroleh.

Sebagai contoh kita bisa membandingkan dua fitur pinjaman online dari Kredit Pintar dan Tunaiku.

Meski kedua penyedia pinjaman tersebut sama-sama menawarkan KTA online, namun untuk urusan limit kredit sangat jauh berbeda.

Kredit Pintar menawarkan pinjaman uang tunai mulai Rp 600,000 hingga Rp 2,300,000. Sedangkan Tunaiku menawarkan pinjaman mulai Rp 2,000,000 hingga Rp 20,000,000.

Jika kebutuhan dana Kamu di bawah Rp 1,000,000 sudah pasti Kredit Pintar menjadi pilihan terbaik untuk memperoleh pinjaman online tersebut.

Beda halnya jika Kamu mau pinjam uang Rp 10 juta maka pinjaman Tunaiku yang lebih tepat Kamu pilih.

Sudah tahu kan mengapa kebutuhan dana harus Kamu ketahui terlebih dahulu sebelum memilih tempat mengajukan pinjaman?

Tujuan utamanya ialah untuk menentukan platform pinjaman online yang paling unggul.

# Pahami Karakteristik Pinjaman Online

Fintech Lending merupakan penyelenggara pinjam meminjam yang berperan mempertemukan antara peminjam dan pemilik modal (pendana).

Dari pengertian di atas bisa kita artikan bahwa dalam menyelenggarakan pinjam meminjam, Fintech Lending memiliki karakteristik berbeda dengan kredit perbankan maupun pinjaman koperasi.

Memahami karakteristik pinjaman KTA online sangat diperlukan bagi orang yang baru pertama kali memanfaatkan fintech lending.

Langkah ini diharapkan mampu memberikan gambaran bagi peminjam (debitur) agar tidak salah persepsi terhadap layanan pinjaman online sehingga bisa memperoleh produk pinjaman terbaik.

Beberapa karakteristik pinjaman online diantaranya bisa kita kerucutkan sebagai berikut.

‣ Pengajuan Secara Online

Dilihat dari namanya saja sebenarnya sudah bisa kita tebak, pinjaman online merupakan produk pembiayaan yang bisa diajukan dan diperoleh secara online.

Lebih lanjut, pengajuan pinjaman atau aplikasi kredit online dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi baik melalui situs web maupun aplikasi berbasis android & iOS.

Metode pengajuan pinjol secara tidak langsung menuntut pengguna untuk mempersiapkan jaringan internet serta Komputer atau Smartphone mereka.

Secara garis besar pengajuan pinjaman pribadi secara online dilakukan melalui 4 (empat) tahapan berikut:

  • Registrasi/ Pendaftaran;
  • Pengajuan pinjaman;
  • Penilaian dan Persetujuan; dan
  • Pencairan Dana.
‣ Persetujuan Berdasar Skor Kredit

Setiap penyedia pinjaman online memiliki standar operasional prosedur (SOP) masing-masing dalam menilai dan memberikan persetujuan kredit terbaik.

Umumnya Fintech memberikan persetujuan pinjaman berdasar skor kredit dari data yang mereka kumpulkan, baik berkaitan dengan dokumen persyaratan maupun informasi pribadi.

Adapun persyaratan dan ketentuan yang umum dibutuhkan dalam pengajuan pinjaman online diantaranya:

  • Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
  • Bukti penghasilan (Slip gaji);
  • Kartu Keluarga (KK);
  • Rekening Bank atas nama sendiri;
  • Foto selfie atau autentikasi wajah; dan
  • Nomor ponsel & alamat email.

Sementara itu, informasi pribadi yang dikumpulkan atau diminta pada proses pengajuan kredit diantaranya sebagai berikut:

  • Data pribadi mulai nama, hingga alamat tinggal;
  • Informasi pekerjaan dan penghasilan; dan
  • Referensi keluarga atau kontak darurat.

Karakteristik dari pinjaman online yang satu ini mendorong calon peminjam untuk menyerahkan aplikasi kredit terbaik, lengkap, dan seakurat mungkin.

‣ Pencairan Dana Tunai Online

Pinjaman Fintech digadang-gadang lebih efektif dan efisien daripada proses kredit tradisional.

Penilaian ini memang ada benarnya, dimana proses pinjaman KTA melalui fintech 100% dilakukan secara online dengan proses cepat dan efektif.

Penyerahan dana tunai dari fintech kepada peminjam juga dilakukan secara online melalui metode transfer bank.

Guna mewujudkan serah terima tersebut, calon debitur wajib menginformasikan nomor rekening penerimaan dana.

Wajib diketahui bahwa mayoritas pencairan pinjaman online hanya dapat dilakukan jika nama rekening penerima sama dengan nama KTP debitur.

Poin penting yang perlu Kamu garis bawahi jika ingin mengajukan pinjaman online tentunya menggunakan rekening atas nama sendiri.

# Tentukan Jangka Waktu Pinjaman

Penentuan jangka waktu kredit erat kaitannya dengan pertimbangan kemampuan bayar.

Langkah ini menjadi poin penting dalam memilih layanan pinjaman online terbaik guna memenuhi kebutuhan dana seorang peminjam.

Hampir mirip dengan tujuan penentuan jumlah pinjaman, mengetahui jangka waktu kredit yang dibutuhkan memudahkan calon debitur memilih layanan pinjol mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Agar dapat memahami lebih jelas terkait hal tersebut kita akan kembali membandingkan layanan Kredit Pintar dan Tunaiku.

Kredit Pintar menawarkan dua pilihan pinjaman yang dapat dibedakan berdasar durasi kredit harian dan bulanan. Pinjaman harian ditawarkan dengan jangka waktu 14 hari, dan 28 hari.

Sedangkan pinjaman bulanan ditawarkan dengan tenor selama 3 bulan. Beda halnya dengan Tunaiku yang menawarkan pinjaman dengan tenor mulai 6 bulan hingga 20 bulan.

Perbedaan kedua fitur pinjaman online antara Kredit Pintar dan Tunaiku di atas setidaknya bisa menyadarkan kita betapa penentuan jangka waktu pinjaman sangat diperlukan sebelum pinjam uang online.

Kenapa jangka waktu kredit perlu ditentukan terlebih dahulu?

Kembali lagi pada masing-masing penyedia pinjol yang menawarkan durasi kredit berbeda.

Kamu harus bisa menentukan jangka waktu kredit sesuai kebutuhan untuk memudahkan pemilihan layanan pinjaman online terbaik.

Sebagai contohnya, jika kamu membutuhkan pinjaman yang bisa dicicil sampai satu tahun atau 12 bulan tidak mungkin kan mengajukan pinjaman ke Kredit Pintar?

Demikian pula sebaliknya, jika kamu hanya butuh pinjaman uang di bawah Rp 1 juta dan merasa mampu mengembalikan dana tersebut setelah gajian pastinya gak mungkin memilih fasilitas Kredit Tanpa Agunan dari Tunaiku.

Dilihat dari jangka waktu kredit, ada dua jenis pinjaman online yang dapat Kamu garis bawahi. Pertama ialah pinjaman harian dan kedua adalah pinjaman bulanan.

‣ Pinjaman Harian Sekali Lunas

Pinjaman online harian merupakan fasilitas kredit tanpa agunan/ KTA yang diberikan bagi debitur dengan durasi kredit mulai 7 hari sampai 30 hari.

Bunga kredit atas pinjaman ini biasanya dikenakan berdasar jumlah hari yang dipilih debitur.

Selain penerapan bunga, metode pengembalian dana pinjaman harian dilakukan sekali lunas.

Itu artinya seorang debitur harus membayar utuh jumlah dana pinjaman ditambah bunga dan biaya sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran.

Layanan pinjaman harian cocoknya diajukan dengan nominal kecil oleh seseorang yang memiliki penghasilan tetap dan memiliki kemampuan bayar setelah menerima gaji.

‣ Pinjaman Online Angsuran Bulanan

Pinjaman online yang bisa dicicil per bulan adalah fasilitas KTA yang diberikan bagi debitur dengan tenor pinjaman lebih dari satu bulan.

Dalam praktiknya, biaya pinjaman online angsuran bulanan ada yang dikenakan dengan hitungan harian ada juga yang dikenakan dengan hitungan per bulan, untuk itu Kamu harus memilih jenis pinjaman dengan biaya terbaik.

Perbedaan utama pinjaman sekali bayar dan angsuran bulanan terletak pada metode pengembalian dana.

Jika pinjaman sekali bayar harus dilunasi sebelum jatuh tempo, pengembalian pinjaman bulanan bisa dibayar dengan metode cicilan bulanan sesuai tenor yang dipilih.

Layanan pinjaman online cicilan per bulan sangat fleksibel dan cocok diajukan oleh debitur dengan status pekerjaan apa saja baik itu karyawan maupun wiraswasta.

Tidak heran jika kebanyakan pinjaman UMKM ditawarkan dengan metode pengembalian cicilan bulanan.

# Pilih Pinjaman Uang yang Aman dan Terpercaya

Kasus terjerumusnya seseorang dalam jeratan pinjaman KTA online ilegal seringkali mewarnai pemberitaan media.

Peristiwa tersebut mustinya bisa kita ambil sebagai pelajaran berharga bagi diri sendiri untuk senantiasa memilih tempat pinjam uang yang aman dan terpercaya.

Di zaman milenial seperti saat ini, informasi tentang suatu produk bisa dengan mudah kita dapatkan.

Terlebih OJK selalu update dan mengumumkan fintech penyedia pinjaman online mana saja yang telah berizin dan terdaftar.

Secara umum layanan pinjol saat ini tidak terbatas pada Fintech non perbankan saja. Pasalnya sudah banyak perbankan dan koperasi terbaik di Indonesia yang berinovasi menawarkan fitur pengajuan pinjaman secara online pula.

Kalau saya sendiri lebih suka mengelompokkan layanan pinjol menjadi tiga kategori berikut:

‣ Fintech Terdaftar dan Berizin OJK

Fintech terdaftar dan berizin OJK merupakan salah satu kelompok penyedia pinjaman online terpercaya. Di samping sebagai pelopor munculnya pinjaman online, fintech juga memiliki jangkauan layanan yang lebih luas bahkan untuk seluruh wilayah Indonesia.

OJK telah menerbitkan beberapa peraturan dan salah satunya POJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi.

Peraturan tersebut memuat berbagai hal yang harus ditaati penyedia pinjaman online atau Fintech P2P Lending dalam menjalankan usahanya.

Disamping bertujuan memberikan perlindungan terhadap keamanan dana dan data pribadi konsumen.

Aturan tersebut juga menjadi perisai untuk mencegah pencucian uang hingga stabilitas sistem keuangan nasional.

Jadi jika Kamu berniat mengajukan pinjaman online dari P2P Lending terbaik, hal utama yang harus diperhatikan ialah legalitas penyedia layanan. Pastikan bahwa penyelenggara pinjol tersebut telah terdaftar atau berizin OJK.

Bagaimana membedakan Fintech Legal dan Ilegal?

Kalau kita mau memperhatikan dengan jeli, sebenaranya cukup mudah membedakan antara pinjaman KTA online legal dan ilegal non OJK.

Beberapa diantaranya pinjol ilegal kerap mengelabuhi pengguna dengan tidak mencantumkan nama, kontak, dan alamat perusahaan secara detail.

Selain itu bunga pinjaman Fintech terdaftar OJK (Anggota AFPI) juga sudah ada batasannya yakni maksimal 0,8% per hari.

Jika Kamu mendapat tawaran pinjol dengan bunga di atas 0,8% per hari. Sebaiknya perlu diwaspadai meski tawaran pinjaman online tersebut cukup menarik dengan embel-embel terbaik, terpercaya, tanpa BI Checking, tanpa NPWP, dan tanpa Slip Gaji.

Cara lain untuk mengetahui layanan pinjol tersebut legal atau ilegal bisa juga dilakukan dengan mudah.

Silakan melihat daftar Fintech P2P Lending terdaftar dan berizin OJK dengan mengunjungi halaman situs resmi OJK.

Selain itu Kamu juga bisa melihat daftar fintech legal lewat situs web Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Dari pantauan Gopinjol.com, OJK saat ini telah mencatat lebih dari 100 perusahaan Fintech P2P Lending terdaftar dan berizin.

Contohnya ialah: Kredit Pintar; UKU; Akulaku; Modal Rakyat; KTA Kilat; Finmas; Tunai Kita; Cairin; Kredivo; Uangme; Pinjam Yuk; Ada Kita, dan masih banyak lagi.

‣ Pinjaman Online dari Perbankan Terkemuka

Disamping memberikan kemudahan bagi seseorang yang sedang cari pinjaman uang. Kehadiran Fintech Lending rupanya juga menjadi tantangan baru bagi perbankan di Indonesia.

Pesatnya pertumbuhan Fintech di tahan air mau tidak mau tetap harus diwaspadai oleh perbankan agar tetap eksis.

Tidak berlebihan jika perbankan di Indonesia saat ini pada berbondong-bondong meningkatkan layanan digital kepada nasabah.

Beberapa diantaranya ada yang membuka pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA) secara online, ada juga yang meluncurkan digital banking serta produk pinjaman online.

Beberapa contoh pinjaman online dari perbankan diantaranya: KTA Digibank dari Bank DBS, Tunaiku dari Bank Amar, Dana Darurat dari Jenius BTPN, Pinjaman Tenang (Pinang) dari BRI Agro, dan masih banyak lagi.

Memilih pinjaman online terbaik dari layanan perbankan memang lebih direkomendasikan, karena backgound mereka memang di jasa keuangan.

Sayangnya untuk saat ini secara jangkauan produk kredit online dari perbankan masih kalah jauh dari fintech.

‣ Pinjaman Online Lainnya

Selain fintech dan perbankan, pinjaman online saat ini juga banyak ditawarkan oleh jasa keuangan lain seperti perusahaan pergadaian, koperasi, dan multifinance.

Meskipun saya belum bisa memastikan layanan pinjaman online dari kelompok usaha ini benar-benar dilakukan 100% secara online atau baru sebatas ajang promosi saja.

Yang jelas aroma-aroma ekspansi usaha bidang jasa keuangan ke arah digital sudah mulai terlihat.

Sebagai contohnya, PT Pegadaian (Persero) yang telah meluncurkan aplikasi “Pegadaian Digital” sebagai upaya menggaet kaum milenial.

Ada lagi Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Sejati yang meluncurkan aplikasi pinjaman online Kreditq, dan sebagainya.

Dari rekomendasi dan panduan memilih pinjaman online di atas, Kamu bisa tentukan salah satu layanan KTA terbaik sesuai kebutuhan.

83%
Good

Pinjaman Online Terbaik

Kebutuhan pinjaman uang semakin mudah didapatkan di era digital seperti saat ini. Hadirnya pinjaman online fintech dan perbankan terbaik memberikan kemudahan bagi kita memperoleh dana tunai cepat langsung cair.

  • Legality
  • Features
  • Loan Interest Rates
  • Approval Rate

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.