Cepat Tanpa Riba! Ini 13 Fintech OJK yang Tawarkan Pinjaman Syariah Online

“Langsung cair dan syarat mudah” bukan hal baru lagi di dunia pinjam meminjam online saat ini. Tapi kalau mau cari pinjaman syariah lewat jalur online kiranya kita harus lebih bersabar. Lantaran pemain fintech lending syariah jumlahnya masih sangat terbatas.

Ya, islam secara jelas dan tegal melarang pinjam meminjam dengan bunga yang kemudian dikenal dengan istilah riba. Guna menghindari bunga dan riba inovasi dunia keuangan di Indonesia sebenarnya sudah terwakili oleh pinjaman perbankan syariah.

Namun kembali lagi pada keterbatasan layanan serta akses masyarakat terhadap perbankan syariah yang sangat terbatas. Dibutuhkan produk dan layanan keuangan syariah yang lebih mudah dan cepat.

Atas dasar permasalahan di atas, serta antusias masyarakat Indonesia terhadap akses pinjam meminjam online kini fintech syariah mulai bermunculan.

Kemunculan fintech berbasis syariah menjadi warna baru yang menawarkan layanan pinjaman syariah online dengan proses langsung cair.

Meski ungkapan “Langsung cair” disini tidak bisa begitu saja kita maknai secara harfiah. Namun setidaknya proses pinjam meminjam syariah online jauh lebih cepat dan mudah ketimbang proses pengajuan pinjaman secara tradisional.

Poin utama yang harus kita bawahi saat memilih layanan pinjaman syariah tidak lain ialah legalitas lembaga keuangan tersebut.

Makanya saya selalu menyarankan sobat semua hanya mengakses fintech terdaftar dan berizin OJK saat mengajukan pinjaman.

Buat kamu yang lagi nyari pinjaman tanpa riba dan langsung cair gak perlu risau.

Beberapa Fintech syariah online di bawah ini bisa kamu jadikan pilihan terbaik saat butuh pinjaman syariah yang telah terdaftar OJK:

# 1 Investree

Investree adalah salah satu fintech yang menawarkan produk pinjaman syariah. Perusahaan Fintech yang berperan sebagai online marketplace ini menciptakan platform untuk memudahkan pencari dan pemberi pinjaman bertemu.

Produk pinjaman konvensional Investree kiranya sudah tidak asing lagi ditelinga. Setidaknya ada empat pinjaman konvensional yang bisa kita pilih mulai dari Invoice Financing, Buyer Financing, Online Seller Financing, dan Working Capital Term Loan.

Disamping pinjaman konvensional, fintech yang telah memperoleh izin dari OJK ini juga memiliki layanan pembiayaan syariah. Layanan tersebut ialah Pembiayaan Usaha Syariah dan Online Seller Financing Syariah. Kedua layanan inilah yang bisa Anda pilih sebagai alternatif pinjaman syariah online langsung cair.

Pengajuan Pembiayaan Syariah Investree tidak jauh beda dengan proses mengajukan pinjaman konvensional. Anda cukup melakukan pendaftaran lewat website resmi Investree kemudian melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Dalam proses pengajuan, calon peminjam bakal diminta untuk melengkapi data pribadi dan persyaratan. Termasuk invoice serta bukti legalitas perusahaan yang masih berlaku tentunya.

Sebelum ditampilkan di marketplace pendana, data pengajuan Anda nantinya bakal terlebih dahulu melewati serangkaian analisis untuk menentukan credit scoring.

Jika pengajuan tersebut disetujui, barulah kebutuhan dana Anda ditampilkan di marketplace untuk menjaring pendana yang bersedia mendanai.

Seberapa Cepat Prosesnya?

  • Dilansir dari website investree.id, Proses analisis credit scoring biasanya membutuhkan waktu paling lama tiga hari kerja.
  • Sedangkan untuk proses penggalangan dana di marketplace dilakukan selama 14 hari. Tapi kalau sebelum 14 hari penawaran pendanaan tersebut sudah terpenuhi maka pinjaman Anda bisa langsung cair sesuai ketentuan.
  • Investree menawarkan pinjaman syariah dengan jumlah maksimum 2 Miliar rupiah. Namun demikian pembiayaan tetap dibatasi maksimum 80 persen dari nilai invoice.
  • Misalnya saja Anda memiliki invoice sebesar 100 juta rupiah, maka nilai pembiayaan paling besar adalah 80 juta rupiah.

Perlu diperhatikan pula bahwa pembiayaan syariah ini sangat ketat diberikan. Sehingga hanya jenis invoice dari perusahaan dan bisnis tertentu yang bisa diajukan.

Sayangnya pinjaman syariah online Investree bukan termasuk pinjaman tanpa jaminan. Jadi selain invoice, Borrower juga harus menyiapkan giro mundur dan jaminan personal.

# 2 PT Ammana Fintek Syariah – Fintech P2P Lending

Ammana adalah Fintech online pertama di Indonesia yang sepenuhnya menawarkan pinjaman syariah. Keberadaan Ammana sebagai fintech syariah pertama bisa dibuktikan dengan matangnya perusahaan ini. Sehingga berhasil memperoleh izin penuh dari OJK sejak akhir tahun lalu.

Dilihat dari Tingkat Keberhasilan Bayar (TKB90), Ammana termasuk cukup bagus. Setidaknya angka TKB90 mencapai 98,34% (saat ulasan ini diterbitkan). Itu artinya kurang dari 2% peminjam yang gagal bayar dalam 90 hari terakhir.

Gak berlebihan jika kita menyebut Fintech yang beralamat pusat di Jakarta Selatan ini sebagai pinjaman syariah online terbaik.

Sebagaimana ciri khas dari ekonomi syariah, Ammana Fintek mengedepankan kesatuan, keseimbangan, kebebasan, dan utamanya tanggung jawab.

Sistem pembiayaan Ammana bisa dibilang cukup aman buat Borrower maupun Lender. Pasalnya setiap calon Borrower diharuskan terlebih dahulu menjadi anggota mitra keuangan syariah yang telah memiliki kerjasama dengan Ammana.

Sistem Not Direct Funding ini disatu sisi memiliki kekurangan. Namun disisi lain menjanjikan keamanan yang lebih baik bagi semua pihak yang terlibat dalam pinjam meminjam tersebut.

Cara Mengajukan Pinjaman

  • Pinjaman syariah online Ammana ditawarkan dengan dua metode pengajuan yakni secara langsung dan tidak langsung.
  • Seperti yang telah kita singgung di atas, sistem pengajuan pinjaman Ammana non direct harus melalui mitra bisa lewat Baitul Mal wa Tamwil (BMT). Maupun Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS).
  • Setelah menjadi anggota dari mitra lembaga keuangan Ammana, calon peminjam terlebih dahulu bakal memperoleh pendampingan awal.
  • Baru setelah melewati serangkaian pendampingan dan pembinaan calon Borrower bisa mengajukan pinjaman modal ke BMT atau KSPPS pendamping. Namanya juga pinjaman tidak langsung, prosesnya agak panjang dibandingkan pengajuan langsung.
  • Sedangkan untuk pengajuan pinjaman Ammana secara langsung bisa dilakukan dengan mendaftar sebagai mitra peminjam terlebih dahulu.
  • Setelah itu, calon peminjam akan memperoleh pembinaan dan pendampingan awal dari pihak Ammana. Jika proses pembinaan awal telah berjalan, baru mitra peminjam bisa mengajukan pinjaman modal ke Ammana.
  • Selanjutnya permohonan pembiayaan bakal melalui serangkaian proses yang meliputi seleksi, analisa, dan skoring, proses komite, hingga proses kroschek.
  • Jika pengajuan pinjaman lolos dari beberapa tahap di atas barulah kebutuhan dana Borrower akan ditayangkan ke marketplace untuk menggalang pendanaan.
  • Proses akad akan dilakukan langsung begitu pendaan berhasil terpenuhi yang kemudian dilanjutkan dengan pencairan dana.

Sampai disini peminjam bisa memanfaatkan dana untuk memenuhi kebutuhan produktif seperi yang direncanakan.

Menariknya setelah pinjaman syariah online ini dicairkan, pihak Ammana akan tetap memberikan pendampingan dan pembinaan.

Harapannya dana yang Anda pinjam bisa benar-benar optimal sehingga tidak mengganggu kelancaran angsuran hingga proses pelunasan pinjaman Ammana.

# 3 PT Berkah Finteck Syariah – P2P Lending

Berpengalaman dan profesional memberikan kemudahan PT Berkah Finteck Syariah (BFS) memperoleh tanda terdaftar OJK. Fintech penyelenggar pinjam meminjam online ini secara khusus dirancang sebagai jembatan antara pendana dan penerima pinjaman syariah.

Pembiayaan Fintek Syariah diberikan dengan perjanjian sesuai syariat Islam utamanya akad Murabahah, Ijarah Multijasa, dan Ijarah Muntahiya bitTamlik (IMBT).

Sedangkan perjanjian pendanaan dilakukan dengan akad Murabahah dan Musyarakah yang sudah cukup terkenal dalam dunia ekonomi syariah.

Berkah Finteck Syariah berkantor pusat di Jawa Timur tepatnya di kota Surabaya. Sedangkan untuk urusan kesekretariatan, Fintech ini bermarkas di Jl. Dempo No. 19 Pegangsaan Jakarta Pusat.

Sebagai perusahaan jasa keuangan non bank, Berkah Finteck Syariah cukup menarik karena secara transparan menampilkan legalitasnya di website resmi.

Surat tanda terdaftar OJK hingga Surat Tanda Terdaftar Penyelenggara Sistem Elektronik dari Kominfo secara jelas terpampang di website resmi www.finteksyariah.co.id.

Selain legalitas sebagai bukti keamanan, platform Fintech yang satu ini juga telah memperoleh rekomendasi Dewan Syariah Nasional MUI.

Dalam surat tersebut direkomendasikan KH. Drs. M. Muchlis Muhsin sebagai ketua Dewan Pengawas, dan Prof. Dr. Raditya Sukmana, SE, MA sebagai anggota.

Bukti-bukti tersebut sudah cukup menepis keraguan bagi pendana maupun penerima pembiayaan baik dari segi keamanan maupun kesesuaian dengan syariat Islam.

Pinjaman syariah online dari BFS ditawarkan dalam tiga akad dengan ketentuan berikut:

  • Pembiayaan Murabahah yakni pinjaman yang diberikan kepada pengguna untuk kebutuhan pembelian barang sesuai prinsip syariah.
  • Pembiayaan Ijarah Muntahiya BitTamlik (IMBT) yakni pinjaman syariah yang diberikan secara online dengan tujuan pemanfaatan sebagai biaya sewa. Guna mensukseskan tujuannya, perjanjian diakhiri dengan hibah sebagai pelimpahan kepemilikan sesuai syariat Islam.
  • Pembiayaan jenis ketiga diberikan dengan akad Ijarah Multijasa yakni pinjaman dengan tujuan penggunaan sebagai biaya jasa. Misalnya saja biaya sekolah dan kuliah, biaya ibadah umroh, hingga biaya pengobatan di rumah sakit.

Ketiga jenis pembiayaan di atas bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dengan jangka waktu antara 1 – 12 bulan.

# 4 Papitupi Syariah

Jika Anda butuh pinjaman syariah online untuk pemenuhan kebutuhan konsumtif baik berupa pembelian barang maupun jasa. Papitupi Syariah adalah pilihan tepat. Platform Fintech yang dihadirkan oleh PT Piranti Alphabet Perkasa ini secara resmi mengantongi surat tanda terdaftar OJK sejak tahun lalu.

Papitupi Syariah menghadirkan dua produk pinjaman yang bernama Papifund dan Papiplafond. Kedua pembiayaan tersebut bakal diberikan dengan perjanjian sesuai syariat sehingga aman dan tanpa riba.

Papifund adalah pinjaman syariah online yang bisa diajukan untuk pembiayaan pembelian barang dan jasa dengan plafon maksimum Rp 10 juta. Sedangkan Papiplafond cenderung ditujukan sebagai pembayaran dan belanja kebutuhan sehari-hari.

Calon penerima pembiayaan yang berkeinginan mengajukan pinjaman harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Memiliki pekerjaan dengan minimum masa kerja 2 tahun.
  • Bekerja di perusahaan yang sudah bekerjasama dengan Papitupi Syariah.
  • Berusia di atas 21 tahun atau sudah menikah.

Keempat poin di atas adalah persyaratan mutlak yang harus dipenuhi calon Borrower ketika ingin mengajukan permohonan pembiayaan.

Dengan mengedepankan kemudahan, PT Piranti Alphabet Perkasa telah merilis aplikasi Papitupi Syariah yang bisa Anda install lewat google playstore.

Ya, mirip dengan fintech peer to peer lain, Anda bisa mengakses pembiayaan Papitupi lewat aplikasi tersebut. Hanya dalam tiga langkah sederhana, dana pinjaman langsung cair tanpa bunga dan riba lantaran diberikan sesuai syariat Islam.

Papitupi Syariah sangat cocok buat Anda yang lebih memilih mengajukan pinjaman syariah lewat aplikasi online.

Anda cukup mendownload dan install aplikasi Papitupi Syariah di smartphone. Mengisi data diri dan persyaratan yang dibutuhkan.

Setelah proses verifikasi dan analisis data dana akan langsung dicairkan lewat rekening bank begitu pengajuan disetujui.

# 5 Alami Sharia

PT Alami Fintech Sharia adalah P2P Syariah yang menawarkan pinjaman online lewat situs website. Bagi Anda pemilik usaha dalam bentuk PT, CV, maupun Yayasan. Bisa saja memilih Alami Sharia sebagai platform pinjaman modal usaha syariah terbaik.

Sayangnya pembiayaan Alami Sharia saat ini baru dibuka untuk area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi saja. Meski demikian tidak menutup kemungkinan ke depan Alami Sharia bakal melebarkan sayap membuka layanan di kota atau wilayah lain.

Selain usaha berlokasi di wilayah Jabodetabek. Beberapa syarat berikut juga harus Anda perhatikan sebelum mengajukan pinjaman syariah online lewat Alami Sharia.

  • Usaha telah berjalan paling minim selama satu tahun.
  • Bisnis tidak bertentangan dengan syariat Islam.
  • Rekening koran dan laporan keuangan paling minim enam bulan.
  • Punya giro mundur, juga jaminan pribadi.

Beda dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau pinjaman tanpa jaminan, Alami Sharia menawarkan pembiayaan dengan jaminan personal.

Lebih simpel dari Ammana, pengajuan pinjaman Alami Sharia bisa dilakukan langsung lewat website di www.alamasharia.co.id.

Gak jauh beda dengan sistem pembiayaan syariah lainnya. Pinjaman Alami Sharia termasuk jenis pembiayaan invoice (anjak piutang) dengan maksimum 80% dari nilai invoice. Sebagai gambaran, pinjaman Alami bisa diajukan mulai Rp 5 juta hingga Rp 2 miliar.

Proses awal pengajuan pinjaman dimulai dengan pendaftaran dan melengkapi data diri yang diminta.

Selanjutnya Anda bisa langsung mengajukan pinjaman modal usaha dengan menyertakan identitas perusahaan dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan.

Setelah aplikasi pengajuan melalui credit scoring, peminjam bakal dapat pemberitahuan terkait status pinjaman tersebut.

Pada tahap berikutnya, pihak Alami akan menawarkan perjanjian pembiayaan yang membutuhkan persetujuan calon peminjam. Jika Anda setuju barulah kebutuhan dana bakal ditampilkan pada marketplace atau listing untuk memperoleh pendaan online.

Pinjaman syariah bisa langsung cair jika proses listing online (kebutuhan dana) selesai atau terpenuhi. Biasanya proses listing ini membutuhkan waktu 14 hari atau lebih tergantung banyak faktor.

# 6 Kapital Boost Indonesia

Setelah berkembang baik di negara Malaysia dan Singapura. PT Kapital Boost Indonesia berusaha memberikan layanan pinjaman syariah online untuk masyarakat Indonesia.

Fintech syariah ini termasuk sebagai perusahaan internasional karena sudah merambah beberapa negara.

Di Indonesia, Kapital Boost menghadirkan layanan pembiayaan bagi sektor UMK. Dengan plafon maksimum Rp 2 miliar dan tenor antara 1-12 bulan.

Selain sektor usaha yang memenuhi persyaratan menerima pembiayaan. Syarat lain pengajuan pinjaman Kapital Boost ialah usaha yang berjalan punya penghasilan di atas Rp 1 miliar per tahun.

Disamping itu, laporan keuangan dengan arus kas positif selama 12 bulan terakhir juga diperlukan selama proses pengajuan.

Secara umum, pengajuan pembiayaan Kapital Boost Indonesia memebutuhkan persyaratan sebagai berikut:

  • Calon penerima pembiayaan berasal dari Indonesia.
  • Usaha telah berjalan minimum 1 tahun.
  • Pendapatan tahunan di atas Rp 1 miliar.
  • Memiliki arus kas positif selama satu tahun terakhir.

Pinjaman syariah online dari Kapital Boost memang tergolong kelas kakap. Gak berlebihan jika fintech syariah ini memator biaya plaftorm sebesar 5% per kampanye. Dengan margin buat pendana sebesar 1,17 s/d 1,8% per bulan.

Pengajuan pembiayaan Kapital Boost bisa dilakukan lewat website resmi di https://kapitalboost.co.id/ kemudian melengkapi kebutuhan dana yang diperlukan. Setelah itu, pihak Kapital Boost lah yang bakal menindaklanjuti permohonan Anda tersebut sampai selesai.

Sewajah dengan peer to peer lending pada umumnya. Permohonan pembiayaan Anda bakal ditampilkan pada listing atau kampanye setelah memperoleh persetujuan.

Proses peluncuran kampanye sendiri diperkirakan memerlukan waktu antara 1-30 hari.

Guna meminimalisir risiko, Kapital Boost Indonesia memberlakukan aset pribadi sebagai jaminan.

Jenis pinjaman ini tentunya berbeda dengan KTA maupun pinjaman tanpa jaminan online yang bersifat jangka pendek.

Pesan saya buat Anda yang ingin mengajukan kampanye pembiayaan sebaiknya terlebih dahulu dipikirkan secara matang.

Pasalnya jika Anda membatalkan kampanye pembiayaan setelah proses analisis berjalan maka bakal kena denda. Nominal nya pun tidak kecil yakni mencapai Rp 1 juta rupiah.

# 7 Qazwa

PT Qazwa Mitra Hasanah atau “Qazwa” adalah Fintech syariah yang beroperasi mempertemukan investor dengan pencari pinjaman online tanpa riba.

Pembiayaan Qazwa secara khusus ditawarkan bagi UMKM dengan bisnis yang bergerak di berbagai sektor. Mulai dari peternakan, produksi, perdagangan, perkebunan, dan lain sebagainya.

Karena pinjaman online ini diberikan dengan sistem syariah, pastinya usaha yang menjadi objek terdanai harus memenuhi kriteria sesuai syariat.

Qazwa adalah salah satu fintech syariah yang sudah terdaftar OJK sejak 7 Agustus 2019 silam.

Saat ini produk pembiayaan Qazwa baru bisa diajukan oleh pelaku UMKM di areka Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi saja.

Untuk itu bagi Anda yang berada di luar wilayah tersebut sebaiknya mencari alternatif pinjaman syariah online lainnya.

Pinjaman Qazwa bisa didapatkan dengan durasi kredit mulai 1 bulan hingga 6 bulan dan dengan metode pembayaran sekali lunas.

Itu artinya Anda harus membayar sejumlah pinjaman ditambah hasil bagi pada periode pembiayaan berakhir.

  • Pengajuan pembiayaan Qazwa dilakukan melalui website resmi dan dimulai dengan mendaftarkan diri sebagai pengguna.
  • Setelah terdaftar Anda bisa mengajukan usaha untuk memperoleh pembiayaan online dengan akad atau perjanjian sesuai syariat islam.
  • Selain membutuhkan data pribadi, usaha yang akan diajukan untuk memperoleh pinjaman juga harus memenuhi kriteria utama.
  • Syarat utamanya yakni usaha telah berjalan minimum enam bulan, berada di areka Jabodetabek, dan pembiayaan diperuntukkan sebagai modal kerja.

Jika Anda membutuhkan informasi resmi dari Fintech syariah ini. Silakan kunjungi website resmi PT Qazwa Mitra Hasanah atau hubungi nomor telepon di + 628119212212.

# 8 Bsalam

Peer to peer financing syariah Bsamal dirancang khusus untuk mempertemukan investor dan penyelenggara ibadah Umroh yang membutuhkan pinjaman online.

Platform Fintech Bsalam diselenggarakan oleh PT Maslahat Indonesia Mandiri dan sudah resmi memperoleh tanda terdaftar dari Otoritas Jasa Keuangan.

Terdaftarnya Bsalam di bawah pengawasan OJK tentu saja dapat menghilangkan keraguan pengguna yang selama ini takut akan kehadiran P2P Ilegal.

Apalagi jika melihat track record Tingkat Keberhasilan Bayar pembiayaan Bsalam (TKB90) yang mencapai 100%.

Seperti lembaga keuangan syariah lainnya yang dicirikan dengan adanya Dewan Pengawas Syariah, Bsalam di bawah pengawasan DPS terpercaya.

Adapun yang bertindak sebagai DPS Bsalam ialah DR.M. Sofwan Jauhari, Lc., Mag dan DR. Muhammad Choirin, Lc., MA.

Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) selama ini memang dikenal sebagai perusahaan jasa dengan modal besar.

Gak jarang dari perusahaan-perusahaan tersebut mencari dana talangan sebagai modal kerja khususnya biaya tiket dan akomodasi sebelum anggotanya melunasi biaya.

Disinilah peran Bsalam benar-benar dapat dirasakan. Pelaku usaha jasa perjalanan Umroh dan Haji secara cepat bisa mengajukan pembiayaan melalui skema syariah.

Akses pembiayaan Bsalam untuk kebutuhan modal kerja pelaksanaan perjalanan ibadah umroh dan haji gak begitu sulit kok.

  • PPIU cukup melakukan pendaftaran melalui website resmi Bsalam yakni www.bsalam.id dan melengkapi data yang dibutuhkan.
  • Setelah pendaftaran berhasil, proses pengajuan bisa langsung dilakukan dengan mengisi formulir pengajuan pembiayaan dan melengkapi berkas persyaratan.
  • Namun perlu kita ingat bahwa platform P2P tidak bertindak sebagai pemberi pinjaman. Namun berfungsi sebagai penjembatan antara pencari pinjaman dan pendana.
  • Untuk itu, aplikasi permohonan bakal terlebih dahulu melalui seleksi dan analisis ketat. Permohonan akan langsung ditampilkan sebagai champaign pembiayaan kepada pendana jika disetujui.
  • Nantinya kebutuhan dana akan langsung dicairkan sesuai ketentuan begitu champaign pembiayaan terpenuhi.

Setelah penerima pembiayaan memperoleh manfaat dari pinjaman syariah online tersebut. Kewajiban berikutnya ialah mengembalikan dana tersebut.

Prosedur pembayaran pinjaman bisa Anda lihat sesuai dengan jadwal yang tertera pada perjanjian.

# 9 Ethis Indonesia

Bagi Anda yang punya usaha di bidang kontruksi dan pengembangan perumahan. Ethis Indonesia bisa jadi pilihan pinjaman syariah online tanpa riba.

Pasalnya fintech syariah besutan PT Ethis Fintek Indonesia ini secara khusus menawarkan pembiayaan syariah untuk jenis usaha di atas.

Dilihat dari jenis pembiayaan yang ditawarkan, pinjaman Ethis Indonesia hanya bisa dimanfaatkan untuk keperluan produktif.

Itu pun masih dikerucutkan sebagai tambahan modal kerja bidang properti atau pengembangan perumahan.

Beberapa syarat untuk mengajukan pinjaman syariah dari Fintech online Ethis Indonesia diantaranya sebagai berikut:

  • Melakukan pendaftaran dan melampirkan data diri.
  • Mengisi pengajuan dan melengkapi data perusahaan.
  • Menyertakan surat-surat perizinan atas proyek yang akan diajukan.

Disamping syarat di atas, calon penerima pembiayaan juga harus menyiapkan aset sebagai barang jaminan.

Hal ini selain untuk meminimalisir risiko. Juga bisa diartikan sebagai penegasan bahwa produk Ethis Indonesia berbeda dengan layanan Kredit Tanpa Agunan.

Proses verifikasi dan validasi permohonan pembiayaan di Ethis Indonesia biasanya membutuhkan waktu antara 2-4 minggu. Sedangkan proses crowdfunding diperkirakan memakan waktu maksimum 45 hari.

Jika lewat proses crowdfunding tersebut pengajuan pembiayaan Anda terpenuhi maka proses selanjutnya ialah pencarian dana langsung.

Disamping bermanfaat bagi pencari pinjaman modal usaha syariah. Ethis juga bisa jadi pilihan terbaik bagi Anda yang punya niat berinvestasi sesuai syariat islam.

Jadi bagi Anda yang ingin menjadikan dana sebagai investasi tanpa riba bisa memilih platform Fintech syariah Ethis Indonesia.

# 10 PT Duha Madani Syariah

Bagi Anda yang lebih suka mengajukan pinjaman lewat aplikasi online, PT Duha Madani Syariah bisa jadi alternatif terbaik.

Pasalnya lewat aplikasi berbasis android yang bernama Duha Syariah Anda bisa dengan cepat mengajukan pembiayaan syariah.

Sedikit beda dengan kebanyakan Fintech Syariah lainnya. Duha Syariah menawarkan dua produk pinjaman online yakni pembiayaan konsumtif dan pembiayaan umroh serta wisata halal.

  • Dua pinjaman tersebut punya fiture berbeda dimana pembiayaan konsumtif bisa didapatkan dengan nilai maksimum Rp 20 juta.
  • Sedangkan pembiayaan ibadah umroh dan wisata nominal tertingginya mencapai Rp 30 juta.
  • Disamping plafon yang berbeda, jangka waktu atau durasi pinjaman antara kedua produk pembiayaan Duha Syariah juga beda.
  • Pembiayaan konsumtif hanya ditawarkan dengan pilihan jangka waktu 3, 6, 9, dan 12 bulan.
    Sedangkan pembiayaan umroh dan wisata jangka waktunya lebih lama yakni 12, 18, sampai 24 bulan.

Selain berada di bawah pengawasan OJK, Fintech yang bermarkas pusat di Jakarta Selatan ini juga punya Dewan Pengawas Syariah ternama.

Beliau adalah Dr. KH. Abdurrahman Dahlan, M.A sebagai ketua Dewan Pengawas Syariah dan Ahmad Muti, Lc.M.Si sebagai anggotanya.

Duha Syariah termasuk Fintech yang transparan dalam memberikan informasi kepada pengguna.

Hal ini bisa kita lihat dari upaya Duha Syariah menginformasikan besaran margin atau ujroh dan biaya penerima pembiayaan.

Margin pinjaman syariah online untuk keperluan konsumtif dipatok sebesar 2,0% flat per bulan. Sedangkan margin pembiayaan ibadah umroh dan wisata dipatok sebesar 1,5% flat per bulan.

Aplikasi Duha Syariah layak Anda jadikan sumber pinjaman online tanpa riba karena bisa secara fleksibel dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumtif.

# 11 PT Dana Syariah Indonesia

Aplikasi fintech yang lebih dikenal dengan namas “Dana Syariah” ini jadi pilihan baru saat butuh pinjaman online tanpa riba.

Tapi perlu diingat PT Dana Syariah Indonesia hanya berkonsentrasi untuk membiayai usaha di sektor properti. Jadi buat Anda yang butuh pinjaman syariah online untuk kebutuhan konsumtif sebaiknya skip aja aplikasi ini.

Namun jika Anda merupakan pelaku usaha di sektor properti Dana Syariah bisa dijadikan alternatif kebutuhan tambahan modal kerja. Khususnya untuk pengerjaan proyek jangka pendek.

Aplikasi peer to peer yang satu ini sudah tersedia baik untuk jenis operation Android maupun iOS.

Bagi pengguna Android silakan download dan install Dana Syariah lewat google playstore. Sedangkan pengguna Iphone bisa dapatkan aplikasi ini lewat APP Store.

Prosedur pembiayaan lewat platform Dana Syariah bisa dilakukan dengan empat tahapan berikut:

  • Mendaftarkan diri sebagai member penerima pendaan dan setujui syarat ketentuan.
  • Mengajukan proposal usaha atau proyek yang menjadi objek pendanaan untuk diverifikasi.
  • Menunggu proses penggalangan dana dengan akad atau perjanjian bagi hasil.
  • Proses pencairan dana sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Setelah menerima pendanaan Anda berkewajiban membayar imbal bagi hasil sesuai jadwal yang telah ditentukan. Proses perjanjian diakhiri dengan pengembalian pokok pembiayaan (pinjaman).

Usaha bidang properti memang dikenal memiliki margin keuntungan yang menjanjikan. Namun dibalik keuntungan tersebut terdapat pula modal besar.

Makanya gak jarang bisnis properti membutuhkan suntikan modal kerja guna mempercepat proyek terselesaikan.

Sayangnya akses perbankan syariah di Indonesia yang masih terbatas kerap membuat pelaku usaha properti kebingungan mencari tambahan modal.

Disaat-saat seperti inilah manfaat fintech Dana Syariah bisa Anda optimalkan sebagai pinjaman syariah online yang cepat dan langsung cair.

# 12 Danakoo Mitra Artha

Satu lagi fintech syariah yang bisa dipilih saat Anda butuh pinjaman online untuk memenuhi kebutuhan konsumtif.

Bener sekali, Danakoo adalah pilihan terbaik karena menawarkan pembiayaan konsumtif. Nominalnya pun tidak kecil mulai 500 ribu rupiah sampai 50 juta rupiah.

Setiap pengguna bisa secara cepat mengakses pembiayaan syariah lewat Danakoo asal memenuhi ketentuan utama sebagai penerima dana.

Ketentuan utama calon peminjam yakni memiliki score kredit yang baik serta bekerja di bawah perusahaan mitra Danakoo.

Dalam menjalankan usahanya, Danakoo menawarkan dua produk pinjaman andalan. Kedua produk tersebut ialah pembiayaan Multigunakoo dan Multijasakoo.

  • Multigunakoo bisa Anda akses untuk memenuhi kebutuhan konsumtif seperti biaya perbaikan rumah, pembelian kendaraan bermotor, dan pembelian barang.
  • Sedangkan Multijasakoo bisa Anda ajukan saat butuh dana untuk keperluan jasa. Misalnya saja biaya kesehatan, pernikahan, perjalanan ibadah umroh, hingga biaya pendidikan.
  • Jika kita logika lebih lanjut, pembiayaan Multigunakoo kemungkinan besar diberikan dalam bentuk tunai.
  • Pasalnya pinjaman syariah yang satu ini bisa secara fleksibel dimanfaatkan dengan memanfaatkan akad Wakalah bil Ujrah.
  • Kedua produk pembiayaan Danakoo bisa diajukan dengan jangka waktu fleksibel mulai 3, 6, 9, dan 12 bulan.

Proses pengajuan pinjaman fintech syariah Danakoo dimulai dengan mendaftarkan diri melalui website resmi danakoo.id.

Setelah proses registrasi berhasil Anda bisa mengajukan pembiayaan langsung dan cepat dengan mengisi formulir permohonan.

Jika permohonan pembiayaan disetujui, dana akan dicairkan langsung melalui mekanisme yang berlaku.

# 13 PT Syarfi Teknologi Finansial

Syarfi adalah fintech syariah kenamaan yang sudah terdaftar OJK. Keberadaannya lebih banyak dikenal lantaran menawarkan pinjaman online yang mudah dan cepat.

Terlebih platform fintech dari PT Syarfi Teknologi Finansial ini bisa dimanfaatkan baik oleh pengguna personal maupun badan hukum. Tak sampai disini, hampir semua jenis pekerjaan juga bisa memanfaatkan pinjaman syariah Syarfi.

Pengguna yang berstatus sebagai karyawan, wiraswasta, hingga profesional memiliki kesempatan untuk memperoleh pembiayaan Syarfi.

Beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan pembiayaan Syarfi diantaranya sebagai berikut:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Kartu Keluarga (KK).
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • SK pengangkatan pegawai dan surat keterangan kerja dan slip gaji bagi karyawan.
  • SIUP/ SKU dan laporan keuangan bagi wiraswasta.
  • Surat izin praktik bagi kalangan profesional.
  • Rekening koran dalam tiga bulan terakhir.

Bagi Anda yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai syariah, Syarfi sangat cocok dijadikan sebagai alternatif pinjaman online.

Mirip cara pinjam uang lewat fintech lain, pengajuan pinjaman di Syarfi membutuhkan registrasi dan verifikasi.

Anda bisa mendaftarkan diri dan melakukan verifikasi data sesuai ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya pengajuan tersebut bakal diverifikasi melalui tahap analisis dan seleksi sebelum memperoleh persetujuan. Proses ini memakan waktu selama empat hari.

Jika permohonan pinjaman tersebut disetujui, berikutnya bakal ditawarkan (crowdfunding) kepada pendana atau investor dengan durasi paling lama 14 hari.

Setelah penawaran pembiayaan tersebut terpenuhi baru proses pencairan dana bisa dilakukan sesuai prosedur yang telah ditentukan.

Selain daftar fintech pinjaman syariah online di atas saya yakin ke depan bakal semakin banyak pemain P2P Lending syariah.

Termasuk PT Amartha Mikro Fintech yang sudah berhasil meraih penghargaan sebagai Fintech Syariah terbaik pada Anugerah Syariah Republika (ASR) 2019.

Simpulan

Berkembangnya fintech syariah jadi pilihan baru bagi masyarakat Indonesia saat butuh pinjaman online langsung cair.

Pembiayaan syariah tidak memberlakukan suku bunga melainkan memanfaatkan akad perjanjian sesuai syariat islam.

Apapun pilihan dan kebutuhan Anda, baik mengajukan pinjaman tanpa jaminan lewat aplikasi maupun website harus tetap mempertimbangkan risiko yang ada.

Apakah pinjaman syariah online langsung cair?

Peer to peer termasuk model pinjaman antar pengguna sehingga proses pencairan dana sangat tergantung pada beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut diantaranya syarat ketentuan platform dan capat lambatnya pembiayaan terdanai oleh investor.

Pembiayaan syariah online tanpa jaminan?

Meski tidak menutup kemungkinan pinjaman ditawarkan tanpa jaminan. Namun jika mengacu pada uraian dan data di atas, mayoritas pinjaman syariah membutuhkan aset berharga sebagai jaminan (agunan).

Aplikasi pinjaman syariah online?

Beberapa fintech syariah saat ini sudah memanfaatkan aplikasi baik berbasis Android maupun iOS. Namun ada juga yang memanfaatkan website sebagai media pendaftaran dan pengajuan pinjaman.

Pembiayaan syariah online tanpa bunga?

Benar sekali, pembiayaan syariah tidak memberlakukan suku bunga melainkan memanfaatkan akad atau perjanjian sesuai syariat Islam. Hal ini diyakini bisa menghindari praktik riba baik untuk investor maupun penerima pembiayaan.

Pinjaman online syariah terdaftar OJK?

Yup, semua daftar fintech syariah yang saya uraikan di atas sudah terdaftar, bahkan beberapa diantaranya sudah dapat izin dari OJK.

Ciri pinjaman syariah online terbaik?

Beberapa ciri pinjaman syariah terbaik diantaranya telah terdaftar OJK, dan memiliki Dewan Pengawas Syariah. Yang tak kalah penting ialah mengedepankan syariat islam dalam menjalankan usahanya.

80%
Awesome

Pinjaman Syariah Online Langsung Cair

Fintech syariah adalah alternatif pinjaman syariah tanpa riba dan tidak menggunakan sistem bunga. Anda yang anti riba boleh lah pilih satu diantaranya daftar pembiayaan syariah di atas.

  • Legality
  • Plafon Pembiayaan
  • Kecepatan
  • Pengawasan
Anda mungkin juga suka