Verifikasi 1 Hari, Begini Cara Pinjam Uang Tunai di Pinjam Yuk

Hadirnya aplikasi pinjaman online Pinjam Yuk memang bukan yang pertama di Indonesia. Tapi sederet kemudahan cara pengajuan dan keunggulan layanan pinjaman uang tunai di Pinjam Yuk mampu menarik perhatian banyak orang. Hal ini bisa kita lihat dari jumlah pengguna aplikasi yang terus bertambah.

Pinjam yuk adalah pinjaman uang tunai tanpa agunan dengan sistem peer to peer atau P2P Lending. Platform pinjaman online yang dijalankan oleh PT Kuai Kuai Tech Indonesia ini sudah memperoleh tanda terdaftar OJK dengan nomor S-587/NB.213/2018.

Mengenal Aplikasi Pinjam Yuk

Bila kita flashback, Pinjam Yuk terdaftar di OJK bersamaan dengan 5 aplikasi pinjaman online lainnya. Kelima rival tersebut ialah Uangme, PinjamDuit, PinjamModal, Easycash, dan JULO.

Meski persaingan pinjam meminjam online di Indonesia cukup ketat. Pinjam Yuk punya nasabah loyal karena memiliki dua produk unggulan yakni SpeedLoan dan Pinjaman UMKM.

Speed Loan merupakan pinjaman uang tunai tanpa syarat agunan dari Pinjam Yuk dengan limit antara Rp 200.000 sampai Rp 2.000.000.

Pinjaman ini ditujukan bagi masyarakat buat menutup keperluan konsumtif seperti biaya kesehatan, pendidikan, perawatan kendaraan, hingga pembelian barang.

Pinjaman UMKM cenderung ditujukan bagi wiraswasta sebagai modal usaha dan investasi. Nilai pinjaman buat UMKM ini juga jauh lebih besar yakni antara Rp 5 juta sampai Rp 25 juta.

Kedua layanan pinjaman uang tunai dari Pinjam Yuk sedikit banyak turut meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap aplikasi fintech yang satu ini.

Logikanya, jika selama ini kita cenderung mengenal pinjaman online mayoritas ditawarkan bagi karyawan dan pegawai saja. Tidak demikian dengan Pinjam Yuk karena ada juga pinjaman buat UMKM.

Baca: Pengertian dan Perkembangan Fintech di Indonesia

Syarat Pinjam Uang di Pinjam Yuk

  • Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia.
  • Rentang usia 21-60 tahun.
  • Punya rekening bank lokal.
  • Bekerja dan berpenghasilan tetap.
  • Memiliki KTP yang masih berlaku
  • Punya NPWP (opsional).
  • Download dan menginstall aplikasi Pinjam Yuk.
  • Mempunyai smartphone dan no telepon aktif.
  • Mengajukan via aplikasi.
  • Mengisi formulir informasi pribadi.

Cara Daftar dan Mengajukan Pinjaman Uang Tunai di Aplikasi Pinjam Yuk

Sebelum lebih lanjut membahas cara mengajukan pinjaman uang di Pinjam Yuk sebaiknya terlebih dahulu Anda persiapkan syarat yang dibutuhkan.

Beberapa persyaratan Pinjam Yuk diantaranya ponsel android, no telepon/ HP, eKTP, NPWP jika ada, rekening bank, dan slip gaji.

Bila persyaratan di atas sudah siap Anda bisa mengikuti langkah pengajuan pinjaman uang tunai di Pinjam Yuk:

#1 Download dan Install Aplikasi Pinjam Yuk

Install aplikasi Pinjam Yuk via Play Store
Install aplikasi Pinjam Yuk via Play Store

Ambil dan nyalakan smartphone Anda, silakan buka playstore dan isi kolom pencarian dengan menuliskan “Pinjam Yuk”.

Download dan install aplikasi Pinjam Yuk dan tunggu prosesnya hingga selesai.

#2 Daftar sebagai Pengguna

cara daftar pinjaman uang tunai di pinjam yuk 2020
Registrasi pakai nomor telepon (HP)

Setelah proses penginstallan selesai silakan buka aplikasi tersebut dan lakukan register.

Oh iya saat membuka aplikasi pertama kali bakal ada notifikasi persetujuan. Notifikasi ini untuk memberikan izin Pinjam Yuk mengakses lokasi, informasi paket, dan kamera.

Jika ingin tetap menggunakan, kasih saja izin aplikasi mengintip beberapa data buat keperluan verifikasi. Pilih menu “akun” yang ada di pojok kiri bawah kemudian lanjutkan dengan memilih tombol “registrasi”.

Masukkan nomor HP, baca dan setujui ketentuan layanan beserta kebijakan privasi Pinjam Yuk lalu pilih tombol “next”.

cara-daftar-pinjam-yuk
Konfirmasi nomor ponsel

Anda bakal diminta buat memasukkan kode konfirmasi yang dikirim lewat SMS ke nomor ponsel terdaftar. Jika dalam proses ini kode yang dikirimkan gagal, silakan minta buat dikirim kode verifikasi kembali.

Masukkan kode verifikasi ke kolom yang tersedia kemudian buat password. Sampai disini pendaftaran akun Pinjam Yuk selesai, Anda bisa langsung login untuk menggunakannya.

#3 Login dan Ajukan Pinjaman

Login dan ajukan pinjaman
Login dan ajukan pinjaman

Bila proses pendaftaran selesai Anda akan dialihkan ke halaman login. Silakan masuk dengan no HP & password terdaftar.

Memang benar, limit pinjaman uang tunai online di Pinjam Yuk antara Rp 500.000 sampai Rp 2.000.000. Tapi untuk pengajuan pertama, biasanya pengguna hanya memperoleh limit kredit terkecil.

Sewaktu saya mau mengajukan untuk pertama kalinya, limit pinjaman yang bisa diambil cuma Rp 500.000 selama 30 hari saja.

Plafon ini nantinya bisa ditambah sampai dua juta rupiah jika sudah pernah kredit dengan status baik di Pinjam Yuk sebelumnya. Pilih tombol “Setuju” untuk proses pengajuan.

Disini kita akan diminta buat mengisi form pinjaman yakni info pribadi, info pekerjaan, kontak darurat, hingga nomor rekening bank.

#4 Isi Formulir Info Pribadi

masukan info pribadi
Masukan info pribadi

Mirip dengan jenis pinjaman online lainnya, dalam formulir info pribadi kita harus mengisikan Nama lengkap. Nomor KTP, Alamat Email, hingga status pernikahan dan tanggungan.

Lengkapi semua data di atas dan pilih “Lanjutkan” untuk proses berikutnya.

#5 Lengkapi Info Pekerjaan

masukan info pekerjaan
Masukan info pekerjaan

Pada tahapan ini kita harus mengisi informasi pekerjaan, status pekerjaan, pendapatan, hingga NPWP jika sudah punya.

Disamping itu isikan nama perusahaan tempat bekerja, alamat, serta nomor kantor yang mudah dihubungi. Pilih “Setuju” untuk masuk ke tahap selanjutnya.

#6 Informasi Kontak Darurat

Masukan kontak darurat
Masukan kontak darurat

Hampir semua aplikasi pinjaman online mewajibkan calon peminjam untuk melengkapi kontak darurat. Demikian pula dengan aplikasi Pinjam Yuk juga mengharuskan kita melengkapi kontak darurat.

Kontak ini nantinya hanya akan digunakan dalam situasi urgen saja. Biar pengajuan gak ditolak pastikan informasi kontak yang kita isikan benar-benar valid baik nama, hubungan, maupun nomor telepon.

Pilih tombol “Setuju” untuk masuk proses pengajuan berikutnya.

#7 Upload Foto Persyaratan

Upload KTP syarat pinjam yuk
Ungguh dokumen persyaratan

Disamping kriteria di atas, calon peminjam juga wajib menyertakan syarat dokumen berupa foto. Saat kita mengajukan pinjaman uang tunai Pinjam Yuk ada beberapa dokumen yang harus diunggah.

Dokumen tersebut yakni KTP, foto diri memegang KTP, Slip gaji, tanda pengenal karyawan, kartu keluarga, dan Surat Izin Mengemudi.

Dari enam dokumen tersebut hanya tiga yang wajib diupload yakni KTP, Slip gaji, dan foto memegang KTP.

Sedangkan tiga lainnya bersifat opsional. Selesaikan proses upload dan pilih tombol “Setuju” untuk tahap berikutnya.

Sampai disini kita akan memperoleh informasi data pengajuan dan harus dikonfirmasi. Halaman tersebut bakal menginfokan nominal dan lama pinjaman.

Baiknya, biaya dan suku bunga Pinjam Yuk bakal diinformasikan disini. Jadi kita bisa dengan tepat mengetahui berapa pinjaman diterima dan berapa uang yang dipotong.

Pilih pemanfaatan dana dan jangan lupa baca secara detail perjanjian pinjaman uang tunai di Pinjam Yuk. Jika setuju dengan semua perjanjian dan biaya silakan ceklist atau centang perjanjian pinjaman lalu pilih tombol “Setuju”.

#8 Pengajuan Diterima

pengajuan diterima ditolak
pengajuan diterima

Jika semua langkah di atas sudah Anda ikuti dan sukses, aplikasi Pinjam Yuk akan menginformasikan bahwa pengajuan sudah diterima.

Tahap selanjutnya kita tinggal menunggu konfirmasi lewat SMS atau WA jika aplikasi pengajuan sudah selesai diverifikasi. Pilih saja tombol “Yes” untuk mengakhiri proses.

#9 Dana Cair ke Rekening

pencairan dana pinjaman uang tunai pinjam yuk
pencairan dana pinjaman tunai pinjam yuk

Pada saat proses verifikasi selesai, terdapat dua kemungkinan, apakah permohonan pengajuan Anda memperoleh persetujuan atau sebaliknya ditolak.

Bila diacc, maka dana tersebut akan langsung cair ke rekening bank terdaftar. Jika pengajuan Pinjam Yuk ditolak, maka Anda dapat mengajukan pinjaman kembali beberapa hari berikutnya.

Baca: Cara Daftar Pinjaman Ceria BRI

Kenali Bunga dan Biaya Pinjam Yuk

Pinjam Yuk unggul memproses dan memverifikasi pengajuan pinjaman uang tunai dalam 1 hari (24 jam) cepat approve. Namun keunggulan ini juga sepadan dengan biaya yang dikenakan khususnya untuk pinjaman speed Loan.

Sebagai contoh saya telah melakukan simulasi pinjaman lewat aplikasi Pinjam Yuk dengan nominal 500 ribu rupiah dan durasi 30 hari. Dari simulasi tersebut didapatkan hasilnya sebagai berikut:

Untuk pinjaman sebesar Rp 500.000 selama 30 hari dikenakan biaya layanan sebesar Rp 93.000. Jadi kita hanya akan terima dana Rp 407.000. Sedangkan bunga yang berlaku yakni Rp 4.500 dan pembayaran pinjaman sebesar Rp 504.500.

Jika kita hitung secara menyeluruh, pinjam 500 ribu dalam 30 hari biaya dan bunganya Rp 97.500 atau 0,65% per hari.

Dibandingkan dengan layanan pinjaman online sejenis, bunga Pinjam Yuk bisa dibilang cukup murah.

Mengingat AFPI sebelumnya mematok bunga harian tertinggi 0,8%. Kendati demikian bunga dan biaya di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan yang berlaku.

hitungan biaya dan bunga pinjaman uang tunai di pinjam yuk
hitungan biaya dan bunga pinjam yuk selama 30 hari

Bila Anda memutuskan untuk pinjam uang lewat aplikasi Pinjam Yuk, kami sarankan untuk membayar pengembalian sebelum jatuh tempo.

Pasalnya denda telah bayar yang berlaku cukup besar yakni Rp 40.000. Ditambah 2 persen dari pokok pinjaman (hari pertama), ditambah lagi 2 persen di hari kedua dst.

Baca: Review Pinjaman Modal Nasional Angsuran Jangka Pendek

Cara Pembayaran Pinjam Yuk

Jaman online semua dilakukan serba online, demikian pula dengan cara pembayaran Pinjam Yuk. Pembayaran pinjaman dilakukan lewat Virtual Account yang bisa dilihat dalam aplikasi.

Caranya, silakan buka aplikasi Pinjam Yuk, pilih menu “Repayment/ Pembayaran Kembali”. Catat Virtual Account dan lakukan proses pembayaran sesuai dengan panduan yang terdapat pada aplikasi.

Alamat Kantor Pinjam Yuk dimana?

Alamat kantor Pinjam Yuk kantor berada di Jl. Letjen S. Parman No. Kav. 28, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta. Tepatnya di APL Tower, 20th Floor, Suite T5.

Dimana Call Center Customer Service Pinjam Yuk?

Anda juga bisa menghubung cs Pinjam Yuk lewat email di [email protected] maupun via telepon di 08041681900. Jangan menghubungi telepon selain yang tertera dalam aplikasi/ website resmi.

Apakah Pinjam Yuk terdaftar OJK?

Ya aplikasi pinjaman tunai ini layak Anda download karena sudah terdaftar di OJK dengan nomor tanda terdaftar S-587/NB.213/2018.

Dimana download aplikasi Pinjam Yuk?

Anda bisa download dan install aplikasi Pinjam Yuk lewat google playstore. Hindari menginstall lewat jenis file APK agar tidak terjadi error atau bahkan tidak bisa dibuka. Jika aplikasi tidak bisa dibuka karena sudah versi lama, coba periksa pembaruan versi terbaru di playstore.

Cara pembayaran pinjam yuk?

Pembayaran tagihan pinjaman dilakukan melalui Virtual Account yang bisa Anda lihat pada menu Repayment di aplikasi.

Apakah cara penagihan pinjam yuk datang ke rumah?

Dari informasi yang kami himpun Pinjam Yuk melakukan penagihan melalui beberapa prosedur baik lewat SMS, telepon, maupun door to door.

Berapa no telepon pinjam yuk?

Untuk memperoleh informasi resmi Anda bisa menghubungi no telepon Pinjam Yuk yang terdaftar pada official website yakni 08041681900.

80%
Awesome

Review Aplikasi Pinjam Yuk - Pinjaman Uang Tunai

Pinjam Yuk adalah aplikasi pinjaman uang tunai terpercaya dan sudah diawasi OJK. Disamping persyaratan mudah, bunga pinjaman online yang satu ini juga relatif ringan. Untuk saran pengajuan jangan sampai terkena denda keterlambatan bayar karena cukup besar.

  • Legality
  • Feature
  • Loan Interest Rates
Anda mungkin juga suka