7 Tabungan Haji Terbaik Buat Persiapan Ibadah Ke Tanah Suci

Haji adalah sebuah perjalanan spiritual dengan tujuan untuk menyempurnakan iman.  Namun, untuk beberapa kalangan berangkat untuk menunaikan ibadah haji sangat sulit dan terkesan mustahil. Melihat kesulitan yang dia alami oleh banyak umat muslim, berbagai lembaga keuangan membuat program tabungan haji terbaik untuk berangkat haji.

Saat ini sudah banyak jenis tabungan untuk berangkat berhaji yang dikelola oleh beberapa lembaga keuangan di Indonesia.

Akan tetapi tidak semua lembaga tersebut memberikan layanan yang maksimal. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satu layanan, sebaiknya cari nformasi sebanyak mungkin.

7 Tabungan Haji Terbaik 2020

Seperti yang sudah kami katakan, anda harus berhati-hati menentukan tabungan sebagai tempat menyimpan dana haji.

Tidak semua Bank memiliki produk tabungan haji karena ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi perbankan agar dapat mengelola dana hajit.

Selain itu, banyaknya kasus penipuan yang mengatasnamakan tabungan haji harus menjadi salah satu hal yang patut kita pertimbangkan.

Alih-alih mendapatkan fasilitas berangkat haji dengan cepat dan murah. Bukan tidak mungkin kesalahan memilih lembaga keuangan menjadi awal dari kegagalan menunaikan ibadah haji.

Baca: 7 Tabungan Berjangka Terbaik untuk Masa Depan Anda

Pada umumnya, tabungan Haji terbaik akan menggunakan prinsip syariah agar tidak tercampur dengan riba dalam sistem konvensional.

Lembaga keuangan atau dalam hal ini Bank, terkadang memiliki anak usaha yang bergerak khusus untuk mengelola dana syariah.

Dan bank-bank inilah yang merupakan tempat terbaik untuk menyimpan dana haji Anda. Berikut beberapa bank syariah terbaik.

#1 BTN Batara Haji dan Umroh iB

pengalaman buka tabungan btn batara haji & umroh
*sumber BTN.co.id

Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah memiliki produk tabungan terbaik bagi Anda yang sedang bersiap untuk Haji dan Umroh.

BTN Syariah merupakan salah satu lembaga keuangan yang paling populer dalam urusan tabungan Haji.

Jika melihat jumlah masyarakat yang begitu percaya untuk mengelola uang dari dana haji mereka.

Sedangkan untuk nama produk BTN Syariah adalah Tabungan BTN Batara Haji dan Umroh iB.

BTN Syariah menggunkan prinsip Mudharabah Mutlaqah atau prinsip investasi dalam Islam. Sehingga tabungan haji Anda tidak hanya terkumpul, tapi juga dapat bertambah.

Bagi hasil dari dari produk ini adalah 15,5% Nasabah dan 84,5% untuk BTN. Anda dapat membuka akun BTN Batara Haji dan Umroh dengan setoran minimal Rp 100 Ribu.

#2 Tahapan Mabrur iB BCA Syariah

tahapan mabrur bca syariah

Bank Central Asia, salah satu bank swasta terbesar di Indonesia juga tertarik untuk melakukan pengelolaan dana haji.

BCA Syariah meluncurkan produk terbaik berupa tabungan haji denga nama Tahapan mabrur iB. Tabungan ini dikelola berdasarkan prinsip Mudharabah Mutlaqah atau bagi hasil.

Melalui Tahapan Mabrur, Anda dapat membuatnya dengan setoran awal Rp 100 Ribu dan setoran selanjutnya minimal Rp 50 Ribu.

Baca: BCA Mulai Trial Digital Operati Bank Royal Pada Juni 2020

Layanan BCA ini cukup unik, karena Anda tidak perlu menyetorkan secara langsung. Namun, setoran dana haji akan dipotong langsung dari Tabungan BCA Anda, sesuai jumlah dan jadwal yang disepakati kedua belah pihak.

#3 BNI Baitullah iB Hasanah

BNI Baitullah iB Hasanah
*sumber bnisyariah.co.id

BNI Syariah, juga menjadi lembaga keuangan syariah yang memilki sistem pengelolaan dana haji paling mutakhir.

Produk BNI Syariah adalah BNI Baitullah iB Hasanah, sebuah tabungan khusus untuk haji dan umroh terbaik yang menggunakan akad Mudharabah.

Jika dibandingkan dengan beberapa produk sebelumnya, keunggulan dari BNI Syariah adalah kepastian untuk mendapatkan kuota haji bagi para nasabah.

BNI Syariah juga memberikan kebebasan untuk melakukan setoran dalam Rupiah maupun Dollar.

Sistem tabungan Haji BNI Syariah terintegerasi langsung dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Kanwil Nasabah.

BNI Syariah juga membuka dua jenis tabungan haji, yakni reguler dan plus. Bank BNI Syariah membebaskan semua biaya pengelolaan tabungan, dari pembukaan hingga penutupan.

Bagi hasil dari Mudharabah BNI Syariah adalah 10% untuk Nasabah dan 90% untuk BNI Syariah.

#4 Tabungan Haji BRISyariah Terbaik

tabungan haji bri syariah
*sumber brisyariah.co.id

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan bank BUMN yang selalu setia dalam mendukung program dan proyek pemerintah.

Salah satu anak usahanya yang bernama BRI Syariah memiliki program dana haji yang cukup populer.

Program tersebut bernama Tabungan Haji BRISyariah yang ditawarkan dengan menggunakan akad Mudharabah atau bagi hasil terbaik. 

Baca: 7 Asuransi Kesehatan Terbaik Selain BPJS

Tabungan Haji BRIS yariah ini menetapkan kebijakan pembukaan akun tabungan haji dengan setoran awal yakni Rp 50 Ribu.

Untuk mensukseskan niat berhaji nasabahnya, BRI Syariah tidak memberikan Katu ATM untuk jenis Tabungan Haji BRI Syariah. Dengan demikian dana dalam tabungan tidak dapat ditarik sewaktu-waktu.

Ini yang lebih menarik, BRI Syariah menggratiskan semua biaya administrasi Tabungan Haji. Termasuk setoran untuk premi asuransi jiwa dan kecelakaan.

#5 Rencana Haji iB Danamon Syariah

tabungan haji terbaik dari danamon syariah
*sumber  danamonsyariah.com

Danamon Syariah membuat program tabungan dana haji yang bernama Tabungan Rencana Haji iB.

Tabungan ini menggunakan prinsip bagi hasil dengan mata uang rupiah. Setoran bulanan Tabungan Rencana Haji iB akan di-autodebet dari rekening sumber Anda.

Danamon Syariah memilki kebijakan setoran minimal adalah Rp 300 Ribu setiap bulan. Gratis semua biaya administrasi, dan gratis membayar premi asuransi.

#6 Tabungan iB Haji Bukopin Syariah Terbaik

tabungan haji syariah bukopin
*sumber syariahbukopin.co.id

Produk Tabungan iB Haji Bukopin Syariah adalah tabungan rencana haji terbaik dalam bentuk rupiah.

Tabungan iB Haji menggunakan prinsip dan akad Wadi’ah, yakni bank berhak memanfaatkan dana dari tabungan haji yang disetorkan.

Di Bukopin Syariah, Anda tidak dapat menarik dana haji Anda kecuali memang berniat untuk ditutup. Setoran awal adalah Rp 500 Ribu dan setoran bulanan Rp 100.000.

#7 iB Hijrah Haji dari Bank Muamalat

tabungan haji bank muamalat
*sumber pengalaman buka tabungan haji nurulsufitri.com

Bank Mualmalat adalah salah satu lembaga keuangan syariah pertama di Indonesia. Muamalat memiliki program tabungan haji yang bernama Tabungan iB Hijrah Haji.

Untuk pengelolaan dana tabungan haji, Bank Muamalat menggunakan prinsip dan akad Wadi’ah.

Sama seperti bank BNI, Bank muamalat juga tidak memberikan batasan minimal setoran, serta pembukaan dan penutupan tabungan gratis.

Bank Muamalat membebaskan banyak biaya untuk nasabah tabungan hajinya, dari biaya administrasi, biaya pemindahan rekening, bahkan biaya fasilitas autodebet.

Bank Muamalat juga mengkoneksikan Tabungan hajinya dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu. Sehingga semakin memudahkan nasabah juga bank untuk menyesuaikan setoran haji.

Baca: Wajib Tahu! 10 Keuntungan Investasi Emas

Itulah ketujuh tabungan haji terbaik yang dapat Anda pertimbangkan sebagai tempat menyimpan dana haji yang sudah terbukti keamanannya.

Dalam mengelola dana haji, banyak lembaga keuangan yang tidak hanya menyimpan dana dari nasabah.

Tetapi juga memutar dana agar lebih bermanfaat, tentu dengan syarat-syarat syariah, agar tetap terjaga ke-halal-an dana tersebut.

Anda mungkin memiliki pendapat lain mengenai tabungan haji terbaik. Jika demikian, silahkan sampaikan pendapat anda melalui kolom komentar agar pembaca lainnya juga mengetahuinya.

80%
Good

Tabungan Haji dan Umroh

Mempersiapkan Ibadah Haji dan Umroh tidak cukup hanya dengan niat. Percayakan tabungan haji dan umroh Anda pada tabungan haji dari bank syariah terbaik di Indonesia.

  • Sesuai syariah
  • Aman dan terpercaya
  • Persyaratan pembukaan mudah
Anda mungkin juga suka