Syarat & Cara Menutup Kartu Kredit BNI

Cara menutup kartu kredit BNI bisa Anda lakukan secara mandiri. Jika sudah tahu alur dan prosedurnya, penutupan kartu kredit BNI memang gak terlalu rumit kok. Anda cukup siapkan syarat dan ikuti prosedur sesuai ketentuan yang berlaku.

Semua pengguna yang ingin menutup kartu kredit BNI akan dilayani secara langsung oleh petugas termasuk melalui Call Center BNI. Meski demikian beberapa pengguna mengaku memperoleh tawaran menarik saat menghubungi petugas agar nasabah tersebut berubah pikiran.

Kartu Kredit BNI memang terkenal memiliki reward dan banyak promo menarik. Bahkan sepanjang tahun ini BNI berupaya meningkatkan layanan.

Salah satunya dengan memfokuskan transaksi new lifestyle experience mulai gadget hingga e-commerce. Di tengah pemulihan ekonomi, BNI juga menargetkan pertumbuhan transaksi kartu kredit untuk tahun ini lebih dari 2 persen.

Di sisi lain layanan kartu kredit BNI memiliki tantangan cukup besar. Salah satunya karena munculnya layanan paylater seperti Akulaku, Kredivo, hingga Ceria BRI yang cukup menguntungkan.

Tidak jarang pengguna kartu kredit memilih untuk beralih memanfaatkan layanan paylater dan berniat menutup kartu kredit mereka.

Syarat Penutupan Kartu Kredit BNI

Melansir syarat ketentuan pengguna kartu kredit BNI poin 14. Penutupan credit card bisa Anda lakukan dengan dua syarat.

Pertama melunasi semua kewajiban tagihan maupun biaya yang timbul baik bunga maupun denda (jika ada).

Kedua menguhubungi call center BNI untuk menginformasikan permohonan penutupan kartu kredit Anda. Lewat Call Center Anda bakal memperoleh informasi resmi sehingga prosedur penutupan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: 14 Kerugian dan Keuntungan Menggunakan Kredivo

Cara Menutup Kartu Kredit BNI

Perkiraan Waktu 7 hari.

Meski belum bisa secara online, menutup kartu kredit BNI bisa Anda lakukan dengan proses dan cara di bawah ini:

  1. Hubungi Call Center BNI

    Langkah pertama Anda harus menghubungi terlebih dahulu call center BNI di 1 500 046. Setelah terhubung silakan pilih ke bagian Corporate Sosial Responsibilit (CSR) kartu kredit. Catat dan lakukan panduan dari CSR kartu kredit BNI.
    call center bni kartu kredit

  2. Kirim Permohonan Tertulis Melalui Email atau Fax

    Mengacu pada ketentuan Bank Indonesia (BI) penutupan kartu kredit BNI harus melalui permohonan tertulis. Jika sesuai prosedur Anda mungkin akan diminta untuk mengirimkan permohonan tertulis melalui email atau fax.
    surat pernyataan penutupan kartu kredit

  3. Proses Verifikasi oleh Pihak Bank

    Jika permohonan penutupan kartu kredit telah Anda kirim, selanjutnya pihak bank akan melakukan verifikasi data. Termasuk merekap semua kewajiban nasabah terhadap tagihan kartu kredit (jika ada).
    cara menutup kartu kredit bni

  4. Pemblokiran Kartu Kredit

    Jika permohonan Anda ditindaklanjuti, pada tahap ini kartu kredit sudah tidak bisa lagi dipergunakan. Pihak bank akan mulai memblokir fasilitas kartu kredit Anda.

  5. Selesaikan Tagihan

    Pihak bank akan memberikan informasi tagihan mulai dari utang pokok, bunga, biaya tahunan, maupun denda yang harus Anda bayar (jika ada).
    pelunasan tagihan

  6. Penutupan Kartu Kredit

    Setelah pemblokiran, pihak bank akan menutup kartu kredit paling lambat tiga hari kerja setelah Anda menyelesaikan kewajiban pembayaran. Atau tiga hari kerja setelah Anda mengirimkan permohonan tertulis (jika tidak punya tunggakan utang).
    menutup kartu kredit bni

  7. Terima Closing Statement

    Jika cara menutup kartu kredit BNI sudah selesai, pihak bank akan memberikan surat pernyataan penutupan kartu kredit atau yang lebih dikenal dengan nama Closing Statement. Surat ini akan dikirim pada pemohon melalui email. Silakan simpan surat tersebut sebagai bukti penutupan dan penyelesaian seluruh kewajiban kartu kredit.

Alasan Nasabah Menonaktifkan Kartu Kredit

Dari pengalaman dan informasi, ada banyak alasan nasabah memilih untuk menutup fasilitas kartu kredit BNI. Berikut beberapa poin yang kerap jadi alasan seorang nasabah menonaktifkan kartu kredit BNI:

1. Jarang bertransaksi menggunakan kartu kredit

Alasan klasik yang kerap jadi pertimbangan pengguna menonaktifkan kartu kredit BNI ialah jarang menggunakannya untuk bertransaksi. Seperti tujuan utama pembuatan kartu kredit, pengguna biasaya memanfaatkan kartu kredit buat transaksi keuangan. Namun jika merasa pemanfaatan kartu kredit kurang optimal biasanya nasabah memilih untuk menutup fasilitas tersebut.

2. Tertarik dengan layanan paylater

Dewasa ini layanan paylater di Indonesia berkembang cukup pesat misalnya saja Akulaku dan Kredivo. Bahkan kedua perusahaan pembiayaan tersebut tidak hanya melayani beli sekarang bayar nanti, tapi juga melayani cicilan tanpa kartu kredit.

Pengguna credit card yang tertarik dengan layanan paylater tidak menutup kemungkinan memilih untuk menonaktifkan kartu kredit miliknya.

3. Terganggu dengan metode penagihan

Meski jarang sekali dialami, ada juga nasabah yang merasa terganggu dengan metode penagihan kartu kredit BNI. Salah satunya ialah pengalaman Ibu Yuliana asal Balikpapan yang merasa terganggu tagihan debt collector kartu kredit BNI. Pasalnya penagihan tunggakan kartu kredit dilakukan dengan menghubungi akun media sosial kerabatnya.

4. Merasa Terganggu dengan Promosi BNI Sales Credit Center

Pernah dapat telepon dari BNI Sales Credit Center? Jika iya mungkin Anda menerima tawaran program atau promo tertentu dengan memanfaatkan kartu kredit BNI. Namun jika promosi sering dilakukan melalui sambungan telephone, tidak menutup kemungkinan nasabah merasa terganggu. Promosi yang mengganggu bisa saja jadi alasan seorang nasabah menutup kartu kredit mereka.

5. Hijrah Finansial

Hijrah finansial bisa jadi salah satu alasan seseorang menutup kartu kredit. Biasanya Nasabah merasa penggunaan kartu kredit cenderung meningkatkan pengeluaran bulanan. Dengan cara menutup kartu kredit BNI harapannya pengeluaran bulanan mereka bisa ditekan sehingga bisa lebih berhemat.

Baca juga: Cara Membuat Kartu Kredit BRI bagi Pemula

Kesimpulan Penutupan Kartu Kredit BNI

Secara teori cara menutup kartu kredit BNI memang mudah. Tapi dalam praktiknya memang tidak sedikit nasabah mengalami beberapa kendala. Adapun kendala yang kerap terjadi salah ialah susahnya menghubungi Corporate Sosial Responsibilit (CSR).

Berapa nomor call center kartu kredit BNI?

Untuk informasi penutupan kartu kredit Anda bisa menghubungi call center BNI. Adapun nomor telepon Call Center BNI yakni 1 500 046.

Apa syarat menutup kartu kredit BNI?

Dua syarat penutupan kartu kredit BNI ialah menyelesaikan seluruh kewajiban (tagihan) dan menghubungi Call Center BNI untuk memperoleh informasi penutupan kartu kredit.

Bagaimana cara menutup kartu kredit BNI?

Cara menutup kartu kredit BNI bisa Anda lakukan dengan proses dan prosedur yang telah kita bahasa di atas.

Bagaimana cara menutup kartu kredit BNI tambahan?

Prosedur penutupan kartu kredit BNI yang telah kita bahas di atas juga berlaku untuk menutup kartu kredit tambahan.

Anda mungkin juga suka

Ruangan komen telah ditutup.