2 Cara Mengganti Rekening & E-Wallet Insentif Kartu Prakerja

Hingga saat ini sudah ada 456.265 pendaftar gelombang I dan II telah menerima pencairan Insentif program Kartu Prakerja dengan nilai Rp 1,6 triliun. Ternyata ada diantaranya yang mengalami masalah dalam pencairan dan mencoba mencari cara untuk mengganti rekening dan e-wallet pencairan Insentif Kartu Prakerja.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hingga saat ini sudah ada 9,4 juta masyarakat mendaftarkan program kartu prakerja. Sementara pendaftar yang dinyatakan lolos pada pendaftaran gelombang 1 dan 2 tercatat sebesar 456.265 orang dinyatakan telah menerima pencairan Insentif.

Sayangnya diantara penerima Insentif tersebut ada yang merasa pencairan nya terkendala. Lantas bagaimana cara mengganti rekening atau e-wallet pencairan kartu prakerja?

Mengenal Program Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah program dari pemerintah Indonesia yang berbentuk bantuan biaya pelatihan dengan tujuan meningkatkan kompetensi diri.

Sasaran utamanya ialah masyarakat Indonesia yang telah genap dan atau berusia di atas 18 tahun dengan syarat tidak sedang sekolah maupun kuliah.

Pendaftaran program Kartu Prakerja gak Cuma bisa diikuti oleh pengangguran saja, namun juga bisa diikuti oleh perkerja dan korban PHK.

Meski tergolong cukup bermanfaat, program ini ternyata hanya diberikan sekali seumur hidup bagi para pekerja.

Jadi sudah bisa kita simpulkan jika masyarakat yang sudah terdaftar tidak lagi bisa mengikuti program prakerja di masa yang akan datang.

Dengan adanya bantuan pelatihan diharapkan angkatan kerja rakyat Indonesia dapat meningkatkan produktivitas serta daya saingnya.

Banyak anggapan bahwa mengikuti program Kartu Prakerja akan memperoleh gaji atau bantuan tunai yang bisa dimanfaatkan secara fleksibel.

Namun faktanya pemerintah tidak memberikan Insentif untuk sembarang kebutuhan melainkan sebagai biaya pelatihan dengan tujuan meningkatkan potensi diri.

Baca: 4 Pinjaman Online yang Masih Aktif Beroperasi Saat Covid 19

Syarat dan Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Sebelum melihat cara mengganti rekening atau e-wallet pencairan Insentif Kartu Prakerja gak ada salahnya jika terlebih dahulu kita lihat kembali syarat dan cara pendaftaran.

Syarat utama calon penerima manfaat Kartu Prakerja ialah masyarakat dengan usia minimum 18 tahun dan tidak sedang mengikuti sekolah atau kuliah.

Meski awalnya program ini ditujukan untuk angkatan kerja paska sekolah namun dengan adanya Pandemi Covid-19 Kartu Prakerja juga bisa diikuti masyarakat terdampak.

Lebih lengkapnya syarat dan kriteria mendaftar program Kartu Prakerja diantaranya sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Usia minimum 18 tahun.
  • Tidak dengan sekolah maupun kuliah.
  • Pengangguran, maupun yang sudah bekerja (karyawan).
  • Korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
  • Pelaku UKM yang terdampak Covid-19.
  • Memiliki email dan nomor ponsel aktif.

Jika Anda salah satu WNI yang memenuhi kriteria di atas bisa langsung mengunjungi laman prakerja.go.id dan melakukan pendaftaran akun dengan langkah berikut:

  • Kunjungi laman prakerja.go.id
  • Masukkan data yang diminta berupa alamat email yang masih aktif.
  • Buar password baru dan konfirmasi kembali password tersebut.
  • Baca dan setujui syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi yang berlaku.
  • Pilih tombol “Daftar”.
  • Sampai disini Anda bakal memperoleh link verifikasi yang dikirimkan melalui email yang didaftarkan. Untuk itu sebelum menggunakan email untuk mendaftar pastikan dulu alamat surel tersebut masih aktif dan bisa dibuka.
  • Untuk menyelesaikan proses pendaftaran silakan buka email dan pilih tombol “Verifikasi Email”.
  • Selesai, sampai disini proses verifikasi email sudah selesai dan Anda bisa langsung melihat dasborad pada platform prakerja.

Sampai disini Anda sudah punya akun prakerja dan bisa langsung login ke platform menggunakan email dan password yang sebelumnya telah dibuat.

Baca: 8 Cara Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

Tahap berikutnya ialah proses pendaftaran sekaligus melengkapi data diri dengan langkah berikut:

  • Login ke platform prakerja.go.id menggunakan email dan password.
  • Masuk ke dasboard lalu verifikasi KTP dengan memasukkan nomor KTP dan tanggal lahir.
  • Lengkapi data diri mulai dari nama lengkap, alamat, kemudian lampirkan foto KTP serta swa foto.
  • Masukkan dan verifikasi nomor ponsel yang Anda gunakan.
  • Masukkan kode OTP yang Anda terima melalui SMS.
  • Lanjutkan dengan melakukan tes motivasi serta kemampuan dasar.
  • Setelah tes selesai silakan pilih gelombang seleksi dengan memperhatikan domisili.
  • Proses pendaftaran program kartu prakerja sudah selesai. Anda akan memperoleh pemberitahuan apakah lolos atau tidak.

Cara Mengganti Rekening dan E-Wallet Pencairan Insentif Kartu Prakerja

Insentif pemegang kartu Prakerja akan diberikan kepada anggota yang telah mengikuti pelatihan pada tahap pertama.

Insentif tersebut diberikan dalam dua bentuk yakni insentif pelatihan yang bakal diberikan sebesar Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan.

Sedangkan insentif survey yang nominalnya sebesar Rp 50 ribu per survey dalam 3 tahap.

Untuk mengetahui cara mengetahui lebih lanjut terkait kedua jenis insentif tersebut Anda bisa baca langsung Frequently Asked Questions di laman prakerja.go.id.

Sebelumnya Anda pasti sudah menyambungkan e-wallet maupun nomor rekening untuk menerima insentif bukan? Nah kalau penerimaan insentif kartu prakerja tersebut lancar Anda mestinya bersyukur. Karena ada saja yang merasa proses pencairan ini masih ada hambatan.

Khusus buat Anda yang mengalami hambatan penerimaan memang agak ribet untuk mengganti rekening pencairan insentif kartu prakerja. Pasalnya dalam platform prakerja menu untuk mengganti rekening dan e-wallet belum tersedia.

Hanya saja kalau benar-benar proses pencairan tersebut mengalami kendala. Anda bisa mengikuti tips atau cara mengganti rekening pencairan insentif kartu prakerja.

Dilansir dari halaman tribunnews.com, proses penggantian rekening prakerja bisa dilakukan dengan menghubungi Call Center (021) 25541246.

Gak hanya buat mengganti rekening penerimaan insentif saja, Anda juga bisa menghubungi Call Center prakerja untuk mengganti data diri jika dirasa diperlukan.

  1. Hubungi Call Center prakerja di (021) 25541246.
  2. Jelaskan maksud dan tujuan Anda untuk mengganti rekening atau e-wallet pencairan insentif kartu prakerja.

Baca: Tempat Penukaran Uang Baru Solo Lebaran 2020

Bagaiaman cara mengganti rekening/ e-wallet pencairan insentif program Kartu Prakerja?

Hingga saat ini menu untuk mengganti rekening penerima insentif belum tersedia di platform. Namun untuk melakukan penggantian Anda bisa hubungi Call Center prakerja.

Bagaimana cara mencairkan insentif prakerja?

Cara mencairkan insentif prakerja bisa dilakukan dengan menghubungkan nomor rekening atau e-wallet pada platform prakerja.go.id.

Kapan insentif kartu prakerja cair?

Insentif pelatihan akan dicairkan jika Anda sudah selesai mengikuti pelatihan dan telah menerima sertifikat. Telah memberikan ulasan dan penilaian terhadap pelatihat tersebut. Telah berhasil menyambungkan rekening atau e-wallet. Dan rekening atau e-wallet telah tervalidasi sesuai ketentuan.

Anda mungkin juga suka