8 Cara Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

Cara mengatur keuangan di masa Pandemi– Pandemi Corona (COVID-19) yang kian mengkhawatirkan berdampak buruk terhadap segala sektor ekonomi. Kebijakan pemerintah Indonesia untuk melakukan Physical Distancing telah mencabik-cabik roda ekonomi tanpa terkecuali. Inilah sebabnya dalam situasi pandemi virus corona atau covid-19 perlu kita waspadai dengan cara mengatur kembali keuangan pribadi.

Anda yang masih memiliki kesempatan Work from Home tentunya lebih beruntung karena bakal tetap memperoleh pemasukan. Bayangkan saudara-saudara kita yang terkena pemutusan hubungan kerja akibat dampak dari wabah corona? Pastinya mereka sama sekali tidak memiliki pemasukan bulanan. Pasti lebih sulit mengatur keuangan di masa Pandemi seperti saat ini.

Biar kondisi keuangan gak semakin terpuruk. Beberapa tips di bawah ini bisa jadi cara terbaik untuk mengatur keuangan pribadi di masa Pandemi Corona COVID-19:

#1 Jangan Panik

Ketidakstabilan ekonomi kala ini memang berbeda dengan kondisi krisis moneter 1998 silam. Jika pada 1998 krisis ekonomi disebabkan oleh ganggung di pasa keuangan beda halnya dengan saat ini.

Krisis ekonomi akibat Corona COVID-19 cenderung disebabkan oleh penyebaran virus dan berdampak terhadap aspek ekonomi.

Menyikapi hal tersebut sebaiknya Anda tidak perlu khawatir dan panik terhadap krisis yang berujung pada kondisi ekonomi seperti 1998.

Baca: Cara Daftar dan Top Up LinkAja

#2 Pertimbangkan Pemasukan dan Pengeluaran

Bagi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pekerja yang tetap bisa bekerja dari rumah. Sepertinya gak begitu berdampak terhadap pemasukan bulanan.

Tapi bagi pekerja harian, pedagang, dan pekerja terdapak sebaiknya mempertimbangan antara pemasukan dan pengeluaran. Prinsip utamanya simple saja, jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang.

Alokasikan pemasukan Anda untuk beberapa 4 plot utama yakni kebutuhan bulanan, cicilan dan tagihan, tabungan, serti dana darurat.

Jika memungkinkan lakukan pembagian terhadap pemasukan tersebut sebesar 40% untuk kebutuhan rutin. 30% untuk cicilan dan tagihan, 20% untuk tabungan, dan 10% sebagai dana darurat.

#3 Atur Ulang Kebutuhan Keluarga

Atur ulang skala prioritas kebutuhan keluarga Anda. Pada masa pandemi COVID-19 sudah semestinya Anda dan keluarga memprioritaskan kebutuhan pokok utamanya makanan dan kesehatan.

Kebutuhan yang sekiranya bisa ditunda sebaiknya ditunda dulu, misalnya saja mainan anak, update smartphone, maupun kendaraan bermotor.

Mengatur ulang kebutuhan yang selama ini sudah menjadi rutinitas memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu peran masing-masing anggota keluarga mulai dari suami, istri, dan anak-anak sangat menentukan keberhasilan tersebut.

Berikan pemahaman terhadap anak bahwa kondisi dan situasi saat ini mengharuskan kita untuk lebih berhemat dan disiplin. Dengan kekompakan tips mengatur keuangan di masa pandemi seperti saat ini bakal lebih mudah terealisasi.

#4 Siapkan Uang Cash

Cara mengatur keuangan pribadi di masa pandemi berikutnya ialah menyiapkan uang Cash. Jika selama ini Anda telah menyiapkan 10% dari penghasilan Anda sebagai dana darurat, jangan segan-segan untuk memanfaatkan. Kondisi pandemi seperti saat inilah kesiapan dana darurat tersebut bakal kita manfaatkan.

Dana darurat disini bisa kita artikan sebagai uang cash untuk memenuhi kebutuhan pokok. Meski para ekonom menyarankan dana darurat yang ideal adalah 12 kali pengeluaran bulanan.

Saya pribadi tidak menyarankan Anda menyimpan uang cash tersebut sepenuhnya di rumah.

Hal ini ditujukan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Namun kalau toh harus menyimpan uang cash di rumah sebanyak itu pastikan kembali terhadap keamanan rumah Anda.

#5 Hindari Spekulasi

Harga saham yang cenderung mengalami penurunan nilai tukar dollar terhadap rupiah yang meloncat cukup signifikan memang sangat menggiurkan.

Namun untuk kondisi pandemi seperti saat ini sebaiknya Anda tidak melakukan spekulasi ke arah yang belum jelas.

Kembali pada poin pertama, jangan panik dan tergesa-gesa mengambil tabungan maupun deposito Anda dari bank untuk memanfaatkannya sebagai investasi.

Jikapun Anda ingin mengamankan tabungan agar terhindar dari risiko inflasi sebaiknya memilih logam mulai (emas) yang relatif aman.

Baca: 7 Pilihan Kartu Kredit Terbaik

#6 Jangan Tergiur Promo Online

Gak berlebihan jika ada orang yang menganggap bahwa kita benar-benar sedang apes. Menghadapi pandemi wabah corona COVID-19 di bulan Ramadhan 2020.

Sudah bukan rahasia kan jika setiap tahunnya banyak promo belanja online dengan tawaran menggiurkan.

Jika Anda mulai tergiur dan tertarik untuk membeli barang karena adanya promo online. Sebaiknya kembali pertimbangkan tips ke-3 cara mengatur keuangan di masa pandemi.

Yup sebaiknya sebelum memutuskan untuk membeli barang pertimbangkan lagi skala prioritas kebutuhan tersebut.

#7 Stop Berhutang

Sekecil apapun bunga pinjaman dan semudah apapun prosesnya tetap jauh lebih enak kalau gak punya hutang. Apalagi di masa-masa sulit seperti saat ini, dimana harga kebutuhan pokok cenderung naik tanpa bisa kita perkirakan.

Termasuk di dalamnya jika Anda mendapatkan tawaran promo kartu kredit maupun cicilan tanpa kartu kredit di beberapa online shop. Karena cicilan dan tagihan bulanan justru bakal membuat keuangan Anda semakin terbebani ke depannya.

Disisi lain jika Anda terlanjur memiliki hutang dan berkewajiban membayar cicilan tiap bulan sebaiknya benar-benar diperhitungkan.

Akibat pandemi Corona COVID-19, OJK mendorong perbankan untuk memberikan restrukturisasi terhadap debitur yang terdampak.

Jika Anda merasa sebagai debitur yang mengalami dampak buruk atas merebaknya wabah COVID-19 ini silakan hubungi bank tempat Anda kredit. Kali saja bisa mengajukan restrukturisasi atau keringanan kredit.

Pun demikian Anda tetap harus menghitung untung rugi terhadap ketentuan restrukturisasi kredit tersebut. Jangan sampai hutang yang Anda miliki justru semakin besar dan semakin panjang jangka waktunya. Dan ujungnya berakibat terhadap kerugian finansial di kemudian hari.

#8 Disiplin dan Bersabar

Cara mengatur keuangan di masa Pandemi Corona COVID-19 di atas hanya bisa dilakukan jika Anda bisa disiplin dan bersabar. Pasalnya kita belum tahu sampai kapan dampak pandemi terhadap kondisi ekonomi terus berlangsung.

Tertarik mengikuti tips dan cara mengatur keuangan pribadi di masa Pandemi seperti saat ini? Agar pandemi Corona ini cepat berlalu. Mari kita lakukan anjuran pemerintah untuk bekerja dari rumah dan melakukan Physical Distancing.

Anda mungkin juga suka