Cara Daftar dan Top Up LinkAja Terbaru

Cara daftar dan top up LinkAja – Sekarang ini sudah tidak zaman kemana-mana membawa uang cash. Transaksi di mall, cafe, restoran, bahkan warung bisa dilakukan dengan e-money. Salah satu bentuk e-money yang populer saat ini adalah Linkaja.

Linkaja adalah kelanjutan dari TCash, yang merupakan layanan uang elektronik terkemuka di Indonesia. Platform tersebut merupakan hasil kolaborasi Telkomsel, Pertamina, Jiwasraya, dengan beberapa Bank BUMN di Indonesia seperti BRI, BNI, BTN dan Mandiri. Bagi anda yang tertarik daftar dan menggunakan Linkaja, berikut caranya.

Secara garis besar persiapan awal persiapan yang dibutuhkan ada 3 langkah yaitu Install, Daftar, dan Isi Saldo.

Install Aplikasi Linkaja

Aplikasi Linkaja sudah tersedia untuk pengguna smartphone berbasis Andoid dan iOs.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store untuk Andoid dan AppStore untuk pengguna iOs

  • Ketikkan pada kolom pencarian ‘Linkaja’.
  • Pilih ‘Install’ dan tunggu sampai proses selesai.
  • Aplikasi sudah terinstall di smartphone anda.

Cara Daftar Linkaja

Setalah aplikasi terpasang, langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi, berikut rincian cara daftar linkaja di aplikasi:

  • Buka Aplikasi.
  • Setelah terbuka pilih ‘Lanjut’.
  • Jika aplikasi meminta akses untuk membaca lokasi, pilih ‘Izinkan’ atau ‘Allow’.
  • Ketikkan nomor HP, tanpa disertai dengan angka nol “0”, kemudian pilih ‘Mulai’.
  • Anda akan memperoleh kode verifikasi melalui SMS, masukkan 6 digit kode verifikasi tersebut.
  • Jika kode verifikasi yang dimasukkan sudah benar, maka akan langsung diarahkan ke halaman untuk melengkapi data diri.
  • Pada halaman 1, upload foto diri dan masukkan nama, pilih ‘Lanjut’.
  • Pada halaman 2, masukkan alamat email yang aktif untuk proses verifikasi dan untuk masuk fitur reset password, pilih ‘Kirim’.
  • Pada halaman 3, buatlah PIN untuk menjaga keamanan proses transaksi. Password terdiri dari 6 digit angka. Setelah PIN dibuat ketikkan sekali lagi PIN tersebut untuk proses verifikasi.
  • Proses pendaftaran selesai, dan aplikasi siap untuk digunakan

Cara Top Up Saldo Linkaja

Setelah mengikuti cara daftar linkaja di atas. Langkah selanjutnya adalah mengisi Saldo Linkaja agar bisa digunakan untuk membayar transaksi yang dilakukan.

Baca: Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Untuk mengetahui detail cara top up saldo, pada aplikasi silakan pilih ‘Isi Saldo’. Ada beberapa cara yang tersedia untuk melakukan pengisian atau top up saldo linkaja, yaitu:

1. Lewat Bank BUMN

Cara top up saldo Linkaja bisa dilakukan melalui Bank BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. Masing-masing Bank menyediakan pilihan pengisian yang berbeda-beda. Semuanya dijelaskan secara lengkap dan detail di aplikasi.

Untuk mengetahui caranya pilih menu ‘Isi Saldo’ kemudian pilih menu ‘Himpunan Bank Milik Negara’. Pilihlah nama Bank sesuai dengan rekening yang dimiliki. Didalamnya akan tersedia beberapa pilihan cara pengisian, mulai dari ATM, Mobile Banking, Internet Banking, SMS Banking, dll.

2. Transfer Dari Bank

Selain dari beberapa Bank BUMN, cara mengisi saldo Linkaja bisa dilakukan dengan cara transfer dari beberapa Bank Nasional. Contohnya seperti BCA, Bank Bukopin, Jenius, CIMB Niaga, Digibank, Maybank, dan melalui ATM Bersama. Masing-masing bank tersebut juga menyediakan cara yang berbeda-beda.

Detail caranya bisa dicek di aplikasi dengan cara pilih menu ‘Isi Saldo’. Kemudian ‘Transfer Dari Bank’. Setelah masuk pilih Bank yang diinginkan.

3. Kartu Debit

Pengisian dengan memakai kartu debit, pertama kali pilih nominal pengisian. Pengisian dengan cara ini ada beban biaya administrasi 1,9%. Jadi jika melakukan pengisian 50ribu, maka saldo yang masuk adalah Rp 49.050.

Caranya cukup mudah, cukup memasukkan nomor kartu, bulan dan tahun serta nomor CVV / CVV2. Serta Nama pemilik kartu, dan nama Bank. Perlu menjadi perhatian kartu debit yang bisa digunakan untuk melakukan pengisian adalah kartu dengan logo Visa dan MasterCard.

4. Merchant & Mitra Linkaja

Cara mengisi saldo Linkaja bisa juga dilakukan lewat Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Circle K, Kantorpos, dan mitra lainnya.

Caranya cukup mudah hanya dengan memberikan token anda kepada petugas. Selain itu pada menu ini bisa digunakan untuk mencari Merchant Linkaja terdekat.

5. GraPARI

Sama seperti pengisian melalui merchant, pengisian saldo melalui GraPARI cukup dengan mengunjungi GraPARI terdekat. Informasikan nomor HP yang terdaftar dan sebutkan nominal pengisian.

Cara Transaksi Menggunakan LinkAja

Setalah saldo terisi, anda bisa melakukan pembayaran atas transaksi di gerai yang bersangkutan. Dengan catatan gerai tersebut sudah bekerjasama dengan Linkaja untuk menangani pembayaran

Cara pembayaran menggunakan Linkaja bisa dilakukan dengan 2 cara berikut:

1. Tap

Biasanya gerai yang telah bekerjasama, terdapat stiker NFC. NFC adalah Near Field Communication yang menggunakan teknologi basis Radio Frequency Identification (RFID). NFC ini mirip dengan teknologi yang digunakan pada pembayaran e-toll, kereta commuter, dan lain-lain.

Jika biasanya anda melihat stiker yang tertempel di belakang smartphone seseorang, stiker tersebut yang digunakan untuk pembayaran. Ckup tap, atau tempelkan sticker tersebut ke stiker di gerai yang bersangkutan, kemudian masukkan nominal pembayarannya.

2. Scan QR Code

Login ke aplikasi lalu pilih menu ‘Bayar’. Kemudian arahkan kamera di Barcode yang tersedia di gerai tersebut. Masukkan nominal pembayaran, dan pembayaran sudah selesai.

Pembayaran yang bisa dilakukan dengan Linkaja beberapa diantaranya sbb:

  • BBM, bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di beberapa SPBU yang dikelola Pertamina, tentunya yang sudah memiliki kerja sama.
  • Pembayaran transportasi seperti Taksi Bluebird, Kereta, Damri, dan lain-lain.
  • Pembelian pulsa dan paket data.
  • Pembayaran listrik prabayar maupun paska bayar.
  • Pembayaran tagihan PDAM, TV Kabel, BPJS, Asuransi dan lain sebagainya.
  • Pembelian voucher games seperti PUBG PC, Garena Shell, Mobile Legends Bang Bang.
  • Pembayaran belanja di online shop seperti Tokopedia.

Baca: Cara Daftar dan Mengajukan Pinjaman Online CERIA BRI

LinkAja Bisa Digunakan untuk Apa Saja?

Selain untuk melalukan pembayaran, Linkaja juga bisa digunakan untuk melakukan transfer. Saldo yang dimiliki bisa ditransfer ke rekening Bank tertentu sesuai keinginan kita.

Selain itu banyak sekali promo yang tersedia, baik promo cashback, potongan dan promo yang lainnya.

Dengan melakukan cara daftar linkaja seperti yang disampaikan di atas, anda akan otomatis memiliki akun atau memiliki dompet digital. Dompet digital tersebut ada 2 tipe yakni akun basic service dan full service.

Perbedaan pertama, untuk basic service maksimal saldo yang dimiliki hanya Rp 2.000.000. Sedangkan untuk akun full service maksimal saldo yang dimiliki adalah Rp 10.000.000.

Layanan full service bisa didapatkan dengan cara pilih menu ‘Akun’. Kemudian pilih ‘Tipe Akun’, pada bagian bawah ada tombol untuk upgrade layanan. Anda akan diminta untuk mengirimkan foto diri dan foto memegang KTP. Biasanya verifikasi dilakukan tidak sampai 1X24 jam.

Kedua jenis layanan tersebut sama-sama bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di semua gerai atau merchant yang bekerjasama dengan Linkaja.

Perbedaan kedua dari 2 tipe layanan ini adalah pada fitur yang bisa digunakan. Akun full service bisa digunakan untuk kirim uang baik antar akun maupun transfer ke rekening Bank.

Selain itu akun Full Service juga bisa digunakan untuk tarik saldo. Jadi melalui akun full service kita bisa menarik kembali saldo ke rekening tabungan kita.

Simpulan

Kelebihan LinkAja full service?

Bisa transfer uang dari saldo, saldo maksimal lebih besar, bisa mencairkan uang.

Cara upgrade Linkaja ke full service?

Login ke aplikasi, pilih menu upgrade, ambil dan upload foto KTP. Selanjutnya ambil swafoto memegang KTP, jawab video call Linkaja, dan tunggu proses persetujuan.

Cara Top up saldo Linkaja?

Cara top up Linkaja sekarang makin mudah dilakukan. Bisa lewat ATM, Grapari, bahkan lewat toko ritail. Ikuti panduan di atas untuk langkah-langkahnya.

Cara daftar dan top up saldo Linkaja sangat mudah dan bisa dilakukan kurang dari 5 menit, mungkin hanya sekitar 3 menit. Tunggu apalagi, segera daftarkan diri dan nimati kemudahan bertransaksi tanpa harus membawa uang cash kemana-mana.

80%
Awesome

Aplikasi LinkAja

LinkAja adalah uang elektronik yang diselenggarakan oleh banyak BUMN. Sudah pasti memiliki tingkat keunggulan dan keamanan berlapis.

  • Features
  • Benefits
  • Promo
Anda mungkin juga suka