Jangan Asal Daftar, Inilah 14 Kerugian & Keuntungan Menggunakan Kredivo

Siapa sih yang gak kenal Kredivo? Itu lho layanan beli sekarang bayar nanti (Paylater) yang belakangan merambah ke pinjaman tunai juga. Meski cara daftar akun Kredivo tergolong mudah di ACC, namun di balik keuntungan yang ditawarkan ada juga risiko kerugian yang harus jadi pertimbangan pengguna. Kemudian Apa saja keuntungan dan kerugian menggunakan Kredivo buat kredit barang secara online? Silakan simak ulasan tentang cara daftar dan keuntungan serta kekurangan menggunakan Kredivo di bawah ini.

Seperti kita ketahui, dari sekian banyak layanan Paylater, Kredivo memiliki jaringan merchant terbanyak, tak terkecuali ecommerce terbesar seperti Bukalapak, Shopee, Lazada, hingga Zalora. Gak heran jika dari tahun ke tahun jumlah pengguna Kredivo memang terus meningkat. Bahkan saat ini hampir menyentuh angka 3 juta pengguna.

Meningkatnya pengguna layanan Paylater bisa kita buktikan dari survey oleh Lembaga riset Research Institute of Socio-Economic Development (RISED). Dalam survey RISED berjudul “Persepsi Pasar Indonesia Terhadap Pemanfaatan Fitur Pembayaran Paylater” yang dipublikasikan 10 Februari 2021 tersebut mengungkapkan bahwa sebesar 92% responden menyatakan layanan ‘bayar nanti’ (Paylater) bermanfaat untuk mengelola pengeluaran dan arus kas.

Melansir laman berita kontan.co.id, General Manager Kredivo Lily Suriani mengatakan bahwa pihaknya menargetkan peningkatan pengguna aktif hingga 10 juta dalam beberapa tahun ke depan.

Target peningkatan pengguna ini pastinya tidak hanya isapan jempol belaka karena syarat dan cara daftar Kredivo cukup mudah. Lebih-lebih dalam satu tahun belakangan khususnya semenjak pandemi Covid-19 melanda, layanan Paylater semakin digandrungi kaum milenial hingga mahasiswa.

Mengenal Layanan, Bunga dan Biaya Kredivo

kerugian kredivo

Sebelum bahas cara daftar serta keuntungan dan kerugian, perlu kita tahu bahwa Kredivo adalah salah satu fintech terbesar di Indonesia yang memang berkonsentrasi melayani pembelian dengan sistem bayar nanti atau istilah bekennya “PayLatter”. Belakangan perusahaan fintech di bawah PT FinAccel Digital Indonesia ini juga melayani pinjaman uang tunai tanpa agunan melalui platform Kredifazz.

Tumbuh dan berkembangnya online shop dan ecommerce di Indonesia memang memberikan angin segar bagi perusahaan pembiayaan Paylater seperti Kredivo. Bagaimana tidak, melalui layanan Kredivo pengguna memang bisa membeli barang impian dengan sistem bayar nanti.

Tak hanya sampai disini, layanan Kredivo juga memungkinkan pengguna membeli barang dengan sistem pembayaran cicilan selama 12 bulan. Namun demikian jika kamu ingin menggunakan layanan Paylater Kredivo untuk belanja online ada baiknya juga memperhatikan kerugian serta risiko yang timbul.

Di sisi lain layanan Kredivo saat ini belum tersedia untuk seluruh wilayah di Indonesia. Namun menurut hemat saya, hanya tinggal menunggu waktu saja Kredivo membuka layanan di kota-kota lain. Pasalnya semakin hari semakin banyak kaum milenial hingga mahasiswa menggunakan layanan Kredivo. Berikut Kota yang terjangkau layanan Kredivo sebagai pertimbangan sebelum melakukan pendaftaran:

JawaLuar Jawa
BandungBali
BekasiBalikpapan
BogorMakassar
CirebonManado
DepokMedan
JakartaPadang
KediriPalembang
MalangPekanbaru
PurwakartaSamarinda
Semarang
Solo
Sukabumi
Surabaya
Tangerang
Yogyakarta

Sebelum lebih jauh membahas keuntungan dan kerugian menggunakan layanan Kredivo, ada baiknya kamu pahami dulu produk produk Kredivo berikut ini:

1 Bayar dalam 30 hari

Pinjaman pertama yang bisa kamu nikmati melalui Kredivo tidak lain adalah layanan beli sekarang bayar nanti (Paylater) dalam 30 hari. Selain itu pinjaman ini memungkinkan kamu memperoleh dana talangan untuk berbelanja dengan nominal maksimal Rp 3 juta.

Seperti nama layanannya, kamu memang harus bayar belanjaan tersebut dengan durasi waktu 30 hari. Layanan bayar dalam 30 hari sangat diminati karena banyak memberikan keuntungan bagi pengguna. Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapetin dari layanan bayar dalam 30 hari tidak lain adalah bunga 0%.

Meski Kredivo memberikan pinjaman dengan bunga 0% untuk layanan bayar dalam 30 hari kamu harus perhatikan bahwa ada biaya layanan di dalamnya. Besaran biaya layanan tersebut yakni 1% dari nilai transaksi atau minimum Rp 1.000 untuk nilai transaksi di bawah Rp 100.000.

Biar lebih mudah memahami pinjaman Kredivo berikut kami rangkum fitur yang bisa kamu dapatkan lewat layanan Bayar dalam 30 hari:

  • Limit kredit hingga Rp 3 juta.
  • Tanpa minimum transaksi.
  • Bunga pinjaman 0%.
  • Biaya administrasi 1% atau minimum Rp 1.000.
  • Bunga keterlambatan (risiko) 4% per 30 hari.
  • Denda keterlambatan 6% per 30 hari.

2 Cicilan hingga 12 Bulan

Produk pembiayaan kedua adalah cicilan 12 bulan dimana pengguna bisa memperoleh limit kredit hingga Rp 30 juta. Seperti namanya lewat layanan ini kamu bisa daftar dan mengajukan pembiayaan Kredivo untuk berbelanja dengan cara pembayaran cicilan selama maksimal 12 bulan.

  • Pilihan cicilan 3,6, dan 12 bulan.
  • Minimum transaksi Rp 1 juta.
  • Limit kredit hingga Rp 30 juta.
  • Suku bunga 2,95% flat per bulan.
  • Bunga keterlambatan (risiko) 4% per 30 hari.
  • Denda keterlambatan 6% per 30 hari.
  • Tanpa biaya administrasi.

3 Pinjaman Mini

Selain memberikan dana talangan untuk belanja, Kredivo juga melayani pinjaman mini yakni layanan pinjaman uang tunai tanpa agunan dengan durasi 30 hari. Layanan ini tersedia untuk semua pengguna baik akun basic maupun akun premium.

Perbedaan dari kedua layanan tersebut terdapat pada besar nya suku bunga yang berlaku. Untuk pengguna bayar dalam 30 hari besar suku bunga pinjaman mini 4% sedangkan bagi pengguna cicilan suku bunga pinjaman minim besarnya 2.6%. Berikut adalah rincian fitur, bunga, dan biaya Pinjaman Mini Kredivo:

  • Limit pinjaman Rp 500.000.
  • Durasi pembayaran 30 hari.
  • Suku bunga 2.6% – 4% per bulan.
  • Biaya administrasi 6% dari pinjaman.
  • Denda keterlambatan 3%.
  • Bunga keterlambatan pembayaran 2,95%.

4 Pinjaman Jumbo Cicilan 3-6 bulan

Layanan Kredivo berikutnya ialah Pinjaman Jumbo. Fasilitas pinjaman uang tunai tanpa jaminan ini memang tersedia dengan jumlah lebih besar dari Pinjaman Minim. Jika limit Pinjaman Mini hanya sampai Rp 500 ribu saja, Pinjaman Jumbo limitnya mencapai Rp 30 juta dengan ketentuan sesuai limit kredit cicilan 6 bulan.

  • Limit pinjaman hingga Rp 30 juta.
  • Durasi kredit 3-6 bulan.
  • Proses pencairan 1-3 hari.
  • Biaya administrasi 6% dari jumlah pinjaman.
  • Denda keterlambatan 3%.
  • Bunga keterlambatan pembayaran 2,95%.

Baca juga: Top 10 Pinjaman Online Terbaik Terpercaya Terdaftar OJK

Syarat & Cara Daftar Akun Kredivo

cara daftar kredivo agar disetujui

Syarat Daftar Akun Kredivo

Tertarik menggunakan layanan Kredivo? Jika kamu tertarik untuk daftar akun Kredivo cara dan syaratnya mudah kok. Berikut syarat dan ketentuan utama buat daftar akun Kredivo:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia minimum 18 tahun dan maksimum 60 tahun.
  • Mimiliki pekerjaan dan penghasilan tetap minimum Rp 3 juta per bulan.
  • Tinggal atau berdomisili di wilayah layanan Kredivo.

Selain keempat ketentuan utama di atas, kamu juga wajib menyertakan (mengunggah) beberapa berkas pada saat pendaftaran. Berikut dokumen yang perlu kamu siapkan sebelum daftar akun Kredivo:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Foto bukti tempat tinggal.
  • Bukti penghasilan atau slip gaji.
  • Foto Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Selain berkas di atas, pada saat pendaftaran kamu juga diwajibkan untuk berswafoto serta menghubungkan akun ecommerce yang sudah pernah kamu pakai untuk berbelanja.

Cara Daftar Akun Kredivo Agar Cepat Disetujui

Waktu yang dibutuhkan: 15 menit.

Tidak ada langkah dan trik khusus untuk mendaftar akun Kredivo. Buat kamu yang sudah pernah mendaftar namun ditolak karena tanpa akun digital e-commerce atau memang tidak adanya NPWP. Silakan coba ikuti langkah dan cara daftar kredivo step by step di bawah ini agar cepat disetujui:

  1. Download dan Install Aplikasi Kredivo

    Sebelum daftar akun silakan terlebih dahulu download dan install aplikasi Kredivo lewat Google Playstore.

  2. Buka dan Izinkan Kredivo Mengelola Penggilan

    Selanjutnya silakan buka dan izinkan kredivo melakukan dan mengelola panggilan, lalu pilih tombol “Memulai”.

  3. Mulai lakukan Pendaftaran

    Setelah itu lanjutkan dengan tap tombol “DAFTAR KREDIVO” kemudian setujui aplikasi untuk mengelola Akses Data dengan memilih tombol “Setuju”.

  4. Tentukan Jenis Akun Basic atau Premium

    Selanjutnya silakan tentukan jenis akun yang hendak kamu daftar mau akun Basic maupun Premium. Perbedaan akun basic dan premium bisa kamu lihat pada ulasan di atas tadi.

  5. Baca dan Pahami Persyaratan

    Setelah memilih jenis akun yang hendak kamu daftarkan berikutnya bakal ada informasi persyaratan. Silakan baca secara seksama lalu pilih menu “Lanjutkan”.

  6. Izinkan Aplikasi Kredivo Mengakses Lokasi

    Berikutnya silakan beri izin aplikasi Kredivo untuk dapat mengakses lokasi perangkat atau smartphone yang kamu gunakan.

  7. Isi Informasi Pribadi

    Selanjutnya silakan isi formulir informasi pribadi secara lengkap mulai dari nama, nomor HP, nama ibu kandung, hingga alamt tinggal lalu tap tombol “KIRIM”.

  8. Masukkan Kodepos

    Tahap berikutnya silakan lengkapi kodepos dan alamat lengkap kamu pada kolom yang tersedia lalu tap tombol “SIMPAN”.

  9. Lengkapi Dokumen Persyaratan

    Selanjutnya kamu wajib upload dokumen persyaratan berupa foto KTP dan Foto Selfie, serta menghubungkan akun ecommerce yang sudah pernah bertransaksi sebelumnya. Selesaikan proses tersebut kemudian setujui

  10. Setujui Notifikasi dan Perjanjian Pengguna

    Lanjutkan dengan menyetujui untuk menerima notifikasi lewat WA dan perjanjian pengguna lalu pilih tombol “KIRIM”.

  11. Tunggu Proses Selesai

    Selanjutnya kamu bakal dapat ucapan terimakasih sekaligus menginformasikan bahwa pendaftaran sedang diproses.

  12. Lakukan Aktivasi Akun

    Jika pendaftaran akun memperoleh persetujuan kamu bakal dapat pesan lewat SMS. Silakan buka link aktivasi yang dikirim lewat pesan tersebut.

  13. Cara Daftar Kredivo Selesai

    Sampai di sini cara daftar Kredivo kamu sudah selesai dan disetujui. Selanjutnya siap kamu gunakan berbelanja sesuai limit dan ketentuan yang berlaku. Selamat mencoba semoga berhasil.

Kerugian Keuntungan Menggunakan Kredivo

kerugian menggunakan kredivo
  1. Suku bunga cukup tinggi sampai 2,95%.
  2. Risiko denda keterlambatan bayar yang mencapai 3%.
  3. Risiko bunga keterlambatan bayar sampai 2,95%.
  4. Harga barang jatuhnya jadi lebih mahal.
  5. Meningkatkan sifat konsumtif berlebih karena pembelian bisa dilakukan dengan sistem kredit.
  6. Issue dan risiko peretasan akun Kredivo yang dapat merugikan pengguna.
  7. Syarat dan cara daftar Kredivo sangat mudah.
  8. Jangka waktu cicilan dan pinjaman tunai fleksibel bisa sampai 12 bulan.
  9. Jumlah merchant banyak tak terkecuali Bukalapak, Shopee, hingga Lazada.
  10. Tanpa biaya pendaftaran.
  11. Bunga 0% untuk layanan bayar dalam 30 hari.
  12. Bebas biaya tahunan.
  13. Sistem keamanan ganda melalui kode OTP WatasApp.
  14. Penggunaan layanan fleksibel bisa buat belanja maupun pinjam uang tunai.

Baca juga: Tanpa Modal, Inilah 11 Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Kesimpulan: Jadilah Pengguna yang Cerdas

Layanan Paylater seperti Kredivo memang memberikan keuntungan cukup banyak bagi pengguna. Namun jika tidak dilakukan dengan cerdas menggunakan layanan Kredivo berisiko mengalami kerugian seperti yang telah kita bahas di atas.

Meskipun cara daftar Kredivo mudah serta hasil survey RISED menyebutkan bahwa layanan Paylater bermanfaat untuk mengelola pengeluaran dan arus kas, bukan berarti Anda harus mengikuti trend tersebut. Menyeimbangkan antara penghasilan dan pengeluaran agar kondisi keuangan pribadi tetap stabil.

Apa itu Kredivo?

Kredivo adalah salah satu perusahaan pembiayaan yang telah memperoleh izin usaha dari OJK. Dalam menjalankan usahanya Kredivo memang menawarkan layanan Paylater dan pinjaman tunai online.

Bagaimana Cara Daftar Akun Kredivo?

Pendaftaran Kredivo bisa kamu lakukan dengan melihat panduan yang telah kita bahas di atas.

Apakah Bisa Daftar Kredivo Tanpa NPWP?

Bisa, untuk akun basic kamu tidak perlu melampirkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Berapa Lama Daftar Kredivo?

Jika semua ketentuan dan dokumen persyaratan telah siap proses pendaftaran akun Kredivo hanya butuh waktu 15 menit saja.

Apa Saja Kerugian dan Keuntungan Menggunakan Kredivo?

Selain keuntungan menggunakan layanan paylater seperti Kredivo juga memiliki risiko termasuk kerugian bagi pengguna. Keuntungan dan kerugian tersebut bisa kamu pertimbangan masing-masing sebagaimana yang telah kita bahas pada ulasan di atas.

Anda mungkin juga suka

Ruangan komen telah ditutup.