Tabel Angsuran KUR Mandiri vs KUR BNI 2022 Hingga 500 Juta

Tabel KUR Mandiri vs BNI – Sepanjang tahun lalu Bank Mandiri telah berhasilan salurkan Kredit Usaha Rakyat sebesar Rp 35 triliun. Tahun ini baik BNI maupun Bank Mandiri memperoleh jatah dana KUR 2022 cukup besar.

Bingung mau ajukan pinjaman Kredit usaha Rakyat ke bank Mandiri atau bank BNI? Yuk intip dulu syarat dan besar cicilan bulanan dengan membandingkan tabel angsuran Bank Mandiri vs BNI.

Bank Mandiri dan Bank Negara Indonesia (BNI) termasuk perbankan BUMN. Kedua perbankan ini baik Mandiri maupun BNI juga jadi lembaga keuangan penyalur Kredit Usaha Rakyat periode 2022.

Mengingat KUR merupakan kredit program dari pemerintah Indonesia tentunya kriteria dan syarat pengajuannya sama. Termasuk ketentuan bunga 6% per tahun.

Syarat pengajuan Kredit Usaha Rakyat BNI dan Mandiri yang mudah serta bunga rendah banyak memikat pelaku UMKM untuk memperoleh pinjaman.

Tabel Angsuran KUR Mandiri vs BNI

Sebelum melihat secara detail angsuran bulanan tiap-tiap plafon pinjaman yang hendak Anda ajukan.

Perlu kami sampaikan disclaimer bahwa perbandingan di bawah ini hanya berdasar brosur yang kami dapatkan.

Jadi tidak menutup kemungkinan anda menemukan perbedaan lantaran sumber tabel angsuran Kredit Usaha Rakyat BNI dan Bank Mandiri yang berbeda.

Tabel Angsuran KUR Mandiri 2022

Mau ajukan pinjaman berapa juta buat ngembangin usaha anda? Rp 25 juta, Rp 50 juta, atau bahkan Rp 500 juta? Bisa saja anda ajukan Kredit Usaha Rakyat lewat Bank Mandiri.

Berikut tabel KUR Mandiri 2022 dan rincian cicilan tiap bulan jika anda mengambil pinjaman dengan nominal tertentu.

Tabel kur mandiri 2022
Brosur Tabel kur mandiri
tabel kur mandiri 2022

Tabel Angsuran KUR BNI 2022

Kredit Usaha Rakyat memang pinjaman program dengan bunga 6% efektif per tahun atau setara 0,27% flat per bulan.

Jadi, ya gak bakal beda jauh bahkan sama lah angsuran bulanan antara KUR Bank Mandiri dan BNI. Berikut tabel angsuran KUR BNI mulai Rp 25 juta hingga Rp 500 juta.

tabel kur bni 2022
Brosur KUR BNI

Kuota Dana KUR Bank Mandiri dan BNI

Meskipun penyaluran Kredit Usaha Rakyat di kedua perbankan plat merah tersebut sempat terhambat karena pandemi Covid-19.

Nyatanya pada tahun lalu penyaluran kembali normal bahkan hingga akhir tahun, BNI berhasil salurkan dana sesuai target.

Demikian pula dengan Bank Mandiri yang tahun lalu memperoleh jatah Dana sebesar Rp 35 triliun telah berhasil menyalurkan sesuai target.

Jika kita lihat jatah dana Bank Mandiri maupun BNI tahun lalu, target penyaluran memang telah tercapai.

Namun melihat tren permintaan Kredit Usaha Rakyat yang meningkat, keduanya mendapatkan tambahan kuota dana KUR 2022.

Dana KUR Mandiri 2022 meningkat dari kuota tahun sebelumnya sehingga jatah tahun ini mencapai Rp 40 triliun. Sedangkan BNI bakal salurkan KUR sebesar Rp 38 triliun.

Syarat Kredit Usaha Rakyat Bank Mandiri

Setelah melihat tabel cicilan KUR Mandiri terbaru, baiknya anda juga pahami syarat administrasi pengajuan 2022 berikut:

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemohon dan pasangan.
  • Pas photo pemohon dan pasangan ukuran 4×6.
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK).
  • Fotocopy Akte Nikah/ Cerai.
  • Surat keterangan usaha dari Kelurahan/ Desa/ Dinas Pasar.
  • Fotocopy dokumen legalitas jaminan.

Karena beda dengan KTA KSM Mandiri tentunya persyaratan pinjaman di atas juga berbeda.

Syarat KUR BNI

Setelah mempelajari tabel KUR BNI 2022 di atas, selanjutnya pahami syarat administrasi di bawah ini:

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Surat Nikah, dan Pas Foto.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Fotocopy Ijin Usaha sesuai bidang usaha.
  • Laporan keuangan sederhana dan catatan administrasi lainnya.
  • Fotocopy buku tabungan atau rekening koran.

Secara umum dokumen persyaratan pengajuan Kredit Usaha Rakyat Bank Mandiri dan BNI sama. Mungkin hanya istilahnya saja yang berbeda.

Oh iya, berbeda dengan pinjaman tanpa jaminan, BNI mewajibkan calon debitur melengkapi dokumen fotocopy sertifikat jaminan dan SPPT PBB.

Penyaluran KUR BNI & Mandiri

Sebelum bicara tentang tabel KUR Bank Mandiri dan BNI 2022. Gak salah kan lebih dulu kita pahami skema penyaluran KUR di saat New Normal.

Tak dapat kita pungkiri, Pandemi Covid-19 cukup berdampak terhadap ekonomi Indonesia termasuk UMKM.

UMKM yang selama ini digadang-gadang tahan terhadap terpaan krisis ekonomi terkena dampak juga.

Efeknya, banyak debitur KUR yang sebelum adanya pandemi lancar-lancar saja dalam membayar angsuran bulanan harus angkat tangan.

Menanggapi hal tersebut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan peraturan Nomor 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Dampak Covid-19.

Peraturan tersebut memuat cukup banyak pengaturan. Salah satunya tata cara pemberian restrukturisasi kredit terhadap debitur terdampak Covid-19 termasuk debitur KUR.

Melansir halaman katadata.co.id, Direktur Sistem Manajemen Investasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Djoko Hendratto.

Mengatakan bahwa sebanyak 1,25 juta debitur KUR mendapat keringanan kredit. Nilai outstanding pinjaman pun mencapai Rp 50,61 triliun.

Di lain sisi perbankan terus berkomitmen menyalurkan dana KUR sesuai kuota yang ada.

Bank Mandiri misalnya, tahun lalu memperoleh kuota sebesar Rp 35 triliun. Sementara hingga akhir Desember Kredit Usaha Rakyat telah tersalurkan sepenuhnya.

Jika kita lihat dari target dan tahun berjalan, penyerapan KUR cukup tinggi dan meningkat dari tahun sebelumnya. Namun demikian Bank Mandiri telah menyiapkan strategi dalam penyaluran ke depan.

Strategi tersebut tidak lain dengan mengutamakan penyaluran KUR pada sektor terkait ketahanan pangan. Selain itu Bank Mandiri juga tetap berhati-hati dengan menjalankan protokol kesehatan.

Beda dengan Bank Mandiri, BNI cenderung mengutamakan penyaluran Kredit Usaha Rakyat di masa New Normal melalui agen46 (agen laku pandai).

Dengan demikian calon debitur gak perlu datang lansung ke gerai bank BNI tapi cukup lewat Agen46 saja. Langkah ini diambil berdasar anjuran pemerintah untuk menjaga jarak fisik.

Melalui Agen46 terdekat calon debitur bisa memperoleh kontak relationship manager dan menindaklanjuti lewat sambungan telepon.

Lewat diskusi tersebut nantinya nasabah bisa mendapatkan proses kelanjutan baik syarat maupun prosedur pengajuan KUR BNI.

Kesimpulan

Kedua perbankan plat merah yakni BNI dan Bank Mandiri sama-sama menyalurkan KUR 2022.

Syarat dokumen pengajuan Kredit Usaha Rakyat Bank Mandiri dan BNI pun tidak banyak berbeda.

Utamanya calon debitur harus memiliki usaha minimum berjalan 6 bulan dan tidak sedang memiliki kredit (selain konsumtif) di tempat lain.

Berhubung suku bunga yang berlaku sama. Cicilan tidak bulan dengan nominal pinjaman sama antara bank Mandiri dan BNI tidak jauh beda.

Bahkan kita lihat dari tabel angsuran KUR Mandiri 2022 dan Bank BNI 2022 di atas bisa kita bilang bahwa cicilannya sama.