6 Cara Pengajuan & Tabel KTA Bank Mandiri

PT Bank Mandiri Persero Tbk. menawarkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) melalui produk Kredit Serbaguna Mandiri (KSM). Pinjaman tanpa jaminan Bank Mandiri 2020 diberikan kepada nasabah dengan status pekerjaan dan berpenghasilan tetap sebagai sumber pembayaran. Berapa bunga dan biaya produk Kredit Tanpa Agunan dari Bank Mandiri yang satu ini? Yuk simak ulasan tentang tabel angsuran KTA Mandiri KSM 2020 dan tujuh tahap pengajuannya.

Mandiri KSM adalah fasilitas Kredit Tanpa Agunan yang cocok bagi nasabah dengan status pekerjaan sebagai pegawai seperti PNS/ TNI/ POLRI.

Fasilitas Kredit Tanpa Agunan dari Bank Mandiri 2020 juga sangat cocok buat karyawan tetap. Khususnya di bawah perusahaan BUMN/ BUMD/ maupun perusahaan swasta.

Selain Pegawai dan Karyawan Tetap. Pensiunan yang menerima dana pensiun tiap bulan juga bisa mengajukan Kredit Serbaguna Mandiri sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pinjaman Bank Mandiri 2020 bisa diperoleh dengan mengajukan aplikasi kredit melalui cabang terdekat atau Mikro Kredit Sales (MKS) Bank Mandiri. Berikut tujuh cara dan Tahap Pengajuan KTA Mandiri KSM:

#1 Penuhi Ketentuan dan Siapkan Syarat Dokumen

Biar gak kecelek, ketahui dulu beberapa syarat ketentuan dan tabel angsuran KTA Mandiri KSM. Beberapa persyaratan Kredit Serbaguna Mikro Mandiri diantaranya sebagai berikut:

  • Berstatus sebagai WNI.
  • Berdomisili di Indonesia.
  • Berusia minimum dau puluh satu tahun.
  • Berusia maksimum enam puluh tahun (saat pinjaman berakhir).
  • Berstatus sebagai pegawai tetap dengan masa kerja minimum 1 tahun.
  • Berpenghasilan minimum 3 juta rupiah per bulan.
  • Punya rekening tabungan atau rekening giro.

Dokumen Pengajuan

DokumenPNS/ TNI/ POLRI
BUMN/ BUMD/ SWASTA
Formulir aplikasi kredit yang telah diisi lengkap dan akurat
Fotocopy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku
Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk pengajuan KTA > 50 juta rupiah
SK pengangkatan pegawai yang dikeluarkan oleh Instansi-
Untuk nasabah non payroll menyertakan slip gaji asli atau surat keterangan penghasilan

#2 Mengisi Formulir KTA Mandiri KSM

Setelah seluruh ketentuan terpenuhi dan syarat dokumen siap. Berikutnya ialah mendatangi kantor cabang atau kantor unit mikro Bank Mandiri tedekat.

Jangan lupa, bawa dokumen persyaratan yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.

Mikro Kredit Sales (MKS) akan memberikan Anda formulir aplikasi kredit. Silakan isi formulir tersebut secara lengkap, detail, dan akurat.

Saat bertumu dan sales atau marketing saya sarankan bagi Anda manfaatkan sebaik-baiknya untuk menggali informasi.

Jangan sungkan-sungkan meminta bantuan untuk menghitungkan perkiraan cicilan pinjaman bulanan atau minta saja simulasi tabel angsuran KTA Bank Mandiri KSM terbaru 2020.

#3 Menyerahkan Dokumen Persyaratan

Setelah pengisian formulir selesai, serahkan pada sales dan sertakan dokumen persyaratan yang telah Anda siapkan.

Sebelum menyerahkan aplikasi kredit sebaiknya periksa kembali apakah semua kolom yang harus diisi dalam formulir sudah lengkap.

Cek juga data yang berkaitan dengan angka atau nomor karena tidak jarang calon debitur salah menulis angka/ nomor karena terburu-buru.

Periksa kembali sudahkan Anda melampirkan fotocopy KTP, NPWP, Slip Gaji, dan Keterangan Kerja (SK pengangkatan pegawai).

Baca: Daftar Cicilan Tanpa Kartu Kredit, Terbaik dan Mudah Disetujui

Dalam beberapa kasus Mikro Kredit Sales terkadang meminta dokumen lain sebagai persyaratan tambahan.

Beberapa dokumen persyaratan tambahan yang lazim diminta diantaranya KTP pasangan, fotocopy rekening tabungan, Jasmsostek/ BPJS, dan fotocopy KK. Intinya jika diminta persyaratan lain kasih saja selagi masih bisa dipenuhi.

#4 Proses Persetujuan

Jangan dikira proses persetujuan pinjaman bisa disetujui oleh sales. Data yang Anda serahkan nantinya bakal diperiksa kepala cabang dan cluster manager.

Setelah proses tersebut baru akan melalui tahap Branch Delivery System – Integrated Loan System (BDS-ILS). Proses inilah yang sangat menentukan apakah pengajuan KTA Anda bisa dilanjutkan atau tidak.

Sebagai gambaran BDS ILS adalah bagian dari system informasi akuntansi berbasis komputer yang digunakan Bank Mandiri untuk memproses pengajuan kredit.

Jika hasil checking lolos, data akan dimasukkan dalam Loan Organization System lalu dikirim ke pihak regional untuk tahap verifikasi (review).

Pihak regional nantinya bakal melakukan verifikasi atau review data mulai dari data pekerjaan, penghasilan, dsb.

#5 Pihak Bank Menghubungi Calon Debitur

Jika pinjaman disetujui, pihak bank akan menghubungi calon debitur dan menginfokan bagaimana proses selanjutnya.

Sebagai gambaran umum saja, proses verifikasi, review dan analisys aplikasi kredit biasanya membutuhkan waktu antara 7-14 hari kerja.

Namun dalam kasus-kasus khusus terkadang bisa lebih dari 14 hari. Biar bisa gak gundah Anda bisa cek status pengajuan KTA Mandiri dengan cara menghubungi Call Bank Mandiri di 140000.

#6 Pencairan Pinjaman

Pada tahap ini calon debitur diminta untuk menandatangani kontrak kredit dan berita acara serah terima.

Setelah semua beres baru dana akan dicairkan ke rekening tabungan atau giro Bank Mandiri milik debitur.

Perhatikan secara seksama perjanjian pinjama meminjam yang Anda tandatangani. Simpan simulasi tabel angsuran KTA Mandiri KSM sebagai perkiraan pembayaran.

Fitur Unggulan KTA Mandiri KSM

  • Limit kredit hingga 1 miliar rupiah.
  • Tenor pinjaman sampai 180 bulan/ 15 tahun.
  • Suku bunga rendah kompetitif.
  • Biaya pinjaman ringan dan terjangkau.
  • Bunga flat (khusus payroll).

Selain keunggulan di atas, KTA atau New KSM masih memiliki banyak keunggulan. Beberapa diantaranya seperti fasilitas take over dari pinjaman di Bank lain, top up eksisting KTA atau KSM.

Bahkan Bank Mandiri tergolong sering kasih promo khusus pinjaman dengan bunga lebih rendah di tahun 2020 ini. Khususnya bagi karyawan payroll yang menyalurkan gaji lewat rekening Bank Mandiri.

Tabel Angsuran KTA Mandiri KSM 2020

Plafon KTA 12 Bulan24 Bulan 36 Bulan
10,000,000 883,817 466,078 327,387
20,000,000 1,767,633 932,157 654,774
50,000,000 4,419,083 2,330,392 1,636,936
100,000,000 8,383,166 4,660,784 3,273,872
200,000,000 17,676,332 9,321,569 6,547,743
300,000,000 26,514,498 13,982,351 9,821,615
400,000,000 35,352,663 18,643,135 13,095,487
500,000,000 44,190,829 23,303,919 16,369,359

Lantaran banyaknya program Bank mandiri, Kredit Serbaguna Mandiri termasuk produk pinjaman tanpa agunan dengan suku bunga yang sering mengalami perubahan.

Tabel KTA angsuran Mandiri KSM 2020 di atas merupakan simulasi untuk jenis nasabah kelompok 1 yakni PNS/TNI/POLRI program promo. Silakan baca Tabel Simulasi Cicilan Lengkap.

Diluar perubahan suku bunga, Bank Mandiri mengelompokan Kredit Serbaguna Mandiri (KSM) menjadi tiga kategori (segmen kelas).

Pertama nasabah dengan status pekerjaan sebagai PNS/TNI/POLRI.

Kedua nasabah dengan status pekerjaan sebagai karyawan BUMN terpilih.

Ketiga nasabah dengan status pekerjaan sebagai karyawan swasta dengan gaji payroll Mandiri.

Dalam praktiknya Mandiri KSM masing-masing kelompok ditawarkan dengan suku bunga yang berbeda.

Untuk memperoleh informasi suku bunga KTA Mandiri Kredit Serbaguna silakan hubungi Call Mandiri 14000.

Anda juga bisa menanyakan apakah saat ini ada program dan promo Mandiri KSM tertentu atau tidak.

Pembayaran Cicilan Pinjaman

Jika dulu kita mengenal KTA Mandiri Payroll, Mitrakarya, dan KTA Non Payroll. Tawaran pembayaran cicilan cukup fleksibel baik dengan pembayaran lewat teller Bank Mandiri, ATM, Internet Banking, maupun autodebet.

Namun untuk saat ini sepertinya pinjaman Kredit Serbaguna Mandiri 2020 cenderung ditawarkan bagi nasabah yang menyalurkan gaji lewat rekening Mandiri atau (payroll).

Dengan ketentuan menerima gaji lewat rekening Bank Mandiri. Pembayaran cicilan New Mandiri KSM 2020 akan dilakukan dengan sistem autodebet dari rekening payroll debitur.

Untuk itu debitur sebaiknya memastikan saldo dalam rekening cukup untuk membayar tagihan KTA sehingga proses pembayaran cicilan berjalan lancar.

Tanya Jawab (FAQ)

Syarat KTA Mandiri KSM?

KTP, NPWP, KK, ID Card atau Kartu Pegawai, SK Karyawan tetap, Slip gaji bulan terakhir, dan Materai 6000.

Apa itu Nasabah Payroll Mandiri?

Nasabah payroll adalah nasabah yang menerima gaji melalui rekening Bank Mandiri. Dalam praktiknya Rekening Payroll menjadi salah satu syarat pengajuan KTA Mandiri atau KSM (khusus).

Proses KTA KSM Mandiri berapa lama?

Persetujuan pinjaman KTA New Mandiri KSM 2020 biasanya membutuhkan waktu antara 7-14 hari kerja sampai dana dicairkan ke rekening.

Simulasi cicilan KTA Mandiri KSM?

Untuk mengetahui simulasi cicilan pinjaman, Anda bisa melihat tabel angsuran KTA New Mandiri KSM terbaru 2020. Atau bisa juga tanya ke cabang Bank Mandiri terdekat.

KTA Mandiri Syariah?

Mandiri KSM adalah produk KTA dari PT Bank Mandiri Persero Tbk. yang menjalankan usaha secara konvensional. Sedangkan Bank Syariah Mandiri merupakan anak usaha dari PT Bank Mandiri Persero Tbk.

Pengajuan KTA Mandiri online?

Pengajuan KTA New Mandiri KSM masih secara tradisional. Jika Anda menemukan penawaran pengajuan pinjaman Mandiri KSM online dari fintech aggregator. Sebaiknya konfirmasi kembali kebenaran layanan/ jasa dari perusahaan tersebut.

Tabel KTA Mandiri?

Anda bisa memperoleh tabel angsuran KTA Mandiri KSM resmi melalui sales marketing, atau kantor cabang dan unit mikro terdekat.

Cara mengajukan pinjaman Bank Mandiri?

Melalui sales marketing atau mendatangi kantor cabang/ unit Bank Mandiri.

Produk pinjaman Bank Mandiri lain untuk Perseorangan?

KUR Mandiri, Kredit Multiguna, Kredit Pemilikan Rumah, dan Kredit Kendaraan Bermotor.

Kontak Bank Mandiri?

hubungi Call Mandiri 14000.

87%
Awesome

KTA Mandiri KSM

Bank Mandiri, BUMN yang masih setia melayani nasabah salah satunya melalui KTA Mandiri atau New Mandiri KSM. Pinjaman terpercaya dengan beragam keunggulan.

  • Legality
  • Limit Kredit
  • Proses Pengajuan Pinjaman
Anda mungkin juga suka