Wajib Tahu!! Inilah 10 Keuntungan Investasi Emas

Masa depan cerah bisa diraih oleh siapa saja, terutama oleh mereka yang mau berusaha. Salah satu bentuk usaha yang memberikan keuntungan adalah investasi emas.

Keuntungan investasi emas sangat banyak, di antaranya memperoleh profit berlipat ganda setelah menabung selama beberapa tahun.

Apalagi bila dalam dekade Anda melakukan investasi, harga emas terus melambung tinggi hingga keuntungan yang diperoleh menjadi berlipat ganda.

10 Keuntungan Investasi Emas

Sayangnya, masih banyak orang yang belum menyadari seberapa besar pentingnya melakukan investasi emas.

Mereka bahkan tidak tahu apa keuntungan melakukan investasi emas dibandingkan jenis investasi lainnya. Simak beberapa manfaat atau keuntungan investasi emas di bawah ini:

1. Harga Emas yang Terjangkau

Salah satu alasan mengapa Anda harus berinvestasi emas tidak lain karena harga emas yang sangat terjangkau.

Yang dimaksud dengan terjangkau, di mana jumlah emas yang bisa dibeli nominalnya tidak harus besar.

Cukup beli emas sesuai dengan kebutuhan saja. Bila kebutuhan investasi sudah terpenuhi, Anda bisa berhenti atau tetap lanjut melakukan investasi.

Sementara untuk investasi saham, memiliki nilai minimal investasi yang wajib dibayarkan jika ingin melakukan investasi.

Mungkin ada saham pasar uang yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp. 10.000, tapi tidak seluruhnya.

2. Bebas Biaya Pajak

Keuntungan investasi emas berikutnya adalah bebas pajak. Saat kebutuhan pokok atau membeli barang tertentu sudah sangat membebani dan jalan keluarnya hanyalah menjual emas. Maka Anda tidak perlu khawatir dengan pajaknya.

Karena emas tidak masuk produk kena pajak. Otomatis, uang hasil penjualan emas yang Anda lakukan tidak akan terkena potongan pajak. Hitungnya masih utuh dan bisa langsung ditransfer ke dompet kita.

Sebagai informasi tambahan, perlu Anda ketahui jika pembelian emaslah yang kena pajak. Pajak yang dimaksud tidak lain adalah PPh dan PPN.

3. Kemungkinan Bangkrut Sangat Kecil

Manfaat utama berinvestasi emas adalah menghindari resiko. Berbeda dengan investasi di pasar saham yang bisa bangkrut kapan saja.

Investasi emas sangat sulit untuk bangkrut. Kondisi yang sangat menguntungkan terutama untuk mereka yang memiliki kapasitas investasi menengah ke bawah.

Baca: 7 Keuntungan Investasi Lewat Fintech P2P Lending

Emas memiliki sifat yang tak menghilang bahkan menyusut. Anda bahkan bisa menukarkan kepemilikan emas dengan emas asli.

Saat emas disimpan, emas tetap memiliki nilai jual yang tinggi atau justru sebaliknya. Agar Anda memperoleh keuntungan, maka investasi emas dijual ketika harganya naik.

4. Makin Lama Makin Bernilai

Sama seperti harga saham, harga emas pun bisa turun bisa juga naik. Meski demikian, grafik penjualan emas biasanya selalu berada di atas.

Dari hasil catatan diketahui jika emas yang dijual di tanah air menerima laba sekitar 20-40%.

Jadi, berapa banyak keuntungan yang akan Anda peroleh bila membeli emas Rp. 600.000.

Lalu menyimpannya selama beberapa waktu hingga harganya naik menjadi Rp. 700.000? Bila sudah seperti ini, apa iya Anda akan ragu untuk investasi emas?

5. Emas Mudah Dicairkan

Beda dari investasi property yang untuk mendapatkan keuntungan dibutuhkan kerja keras, seperti menemukan calon pembeli misalnya. Maka untuk investasi emas Anda bisa mencairkan uang kapan saja.

Baca: 7 Perusahaan Sekuritas Terbaik di Indonesia

Kondisi ini sangat menguntungkan jika Anda sedang benar-benar membutuhkan banyak uang dalam waktu singkat. Cukup jual emas dan terima uang pembayarannya saja.

6. Dapat Dikelola Secara Mandiri

Salah satu keuntungan investasi emas adalah Anda tidak harus mempelajari banyak hal tentang emas.

Anda juga tidak membutuhkan pengelola keuangan untuk membantu me-manage dana investasi.

Cukup lakukan secara mandiri, Anda bisa melakukan investasi bersamaan dengan mengelola investasi tersebut secara mandiri.

Bila dilakukan dengan baik niscaya melakukan investasi emas akan terasa jauh lebih menyenangkan.

7. Bisa Investasi Secara Online

Di zaman modern seperti ini hampir semua hal dilakukan secara online termasuk investasi online.

Ada banyak situs yang menawarkan jasa investasi online, termasuk situs belanja online.

Yang perlu Anda lakukan cukup mendaftarkan diri sebagai anggota dan memiliki akun online lalu membeli produk emas yang mereka tawarkan.

Cara ini tentunya dinilai jauh lebih mudah dan menguntungkan daripada membeli emas secara langsung.

Dengan cara ini pula, Anda tidak perlu merasa malu atau khawatir jika membeli emas dalam nominal yang kecil. Karena tidak ada orang lain yang mengetahuinya.

Semua sistem transaksi online telah diatur sepenuhnya oleh komputer. Situs belanja hanya perlu mengikutinya saja.

Melalui belanja online pula, kita bisa mengetahui keuntungan yang diperoleh apa jumlahnya besar atau justru sebaliknya.

8. Beragam Pilihan Emas

Keuntungan investasi emas mau jangka pendek atau jangka panjang sangat beragam. Anda bahkan bisa memilih jenis emas terbaik yang Anda butuhkan. Apa akan melakukan investasi emas batangan atau jenis emas lainnya.

Semakin banyak produk yang ditawarkan artinya semakin banyak pula peluang yang Anda miliki untuk meningkatkan jumlah investasi.

Misalnya, jika Anda sudah merasa cukup untuk melakukan investasi di emas batangan. Maka, mulailah beralih dengan melakukan jenis investasi emas lainnya.

Sebagai permulaan mungkin bisa membeli nominal yang kecil dan akan terus ditingkatkan secara berkala.

9. Mudah Disimpan

Bukan hanya bisa disimpan dengan super mudah, emas bahkan tidak membutuhkan perawatan special.

Anda cukup memastikan jika emas berada dalam tempat yang tepat dan aman saja. Berbeda dengan uang yang bila tidak dirawat dan disimpan dengan baik bisa mengalami perubahan wujud akibat dimakan rayap contohnya.

Inilah mengapa investasi emas sangat bagus dan memberikan keuntungan. Setidaknya Anda tidak akan mengalami kerugian finansial saat melakukan kelalaian.

Dengan catatan tempat penyimpanan emasnya harus terorganisir, benar-benar aman baik dari jangkauan alam maupun pencuri.

10. Pembelian Bisa Dicicil

Untuk menjangkau berbagai kalangan dengan mudah dan cepat, berbagai marketplace online kini memfasilitasi diri dengan sistem pembayaran paylater atau cicil.

Sistem pembayaran ini memungkinkan pembeli untuk mencicil emas atau membayar emas di bulan berikutnya ketika sudah ada uang untuk membayar.

Kehadiran sistem ini disambut oleh masyarakat, terutama mereka yang skala gajinya menengah ke bawah.

Dengan sistem cicilan, mereka bisa membeli emas tapi tidak mengalami kepurukan finansial.

Artinya, masih bisa membeli kebutuhan bahan pokok meskipun tetap melakukan investasi emas.

Siapa pun bisa melakukan investasi emas, tapi hingga saat ini masih jarang ada orang yang terketuk hatinya untuk melakukannya.

Mereka yang berinvestasi emas tentunya sudah memahami apa saja hakikat manfaat atau keuntungan investasi emas yang telah dijelaskan di atas.

Bila dihitung dari segi ekonomi, melakukan investasi emas sangat menguntungkan. Coba deh bayangkan bila Anda berinvestasi sejak remaja dan membiarkan investasi emas hingga Anda dewasa.

Sudah berapa lama dan berapa banyak naik dan turunnya nilai investasi emas? Sudah berapa banyak pula kekayaan yang berhasil Anda pilih?

Agar mendapatkan gambaran tersebut, hendaknya lakukan investasi mulai sekarang juga.

Pilih salah satu tempat penyedia investasi online atau offline terpercaya dan profesional. Lantas, lakukan investasi emas secara berkala untuk memperoleh keuntungan.

Anda mungkin juga suka