11 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Untuk Pemula Tanpa Modal 2021

Ada gak sih cara menghasilkan uang dari internet untuk pemula yang bisa tanpa modal? Pertanyaan ini biasanya sering terlintas ketika seseorang mengetahui orang lain sukses mendapatkan uang dari cara usaha online lewat internet. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir trend bisnis online di Indonesia semakin meningkat lantaran semakin banyaknya pengguna teknologi informasi.

Jika saat ini kamu tengah mencari cara menghasilkan uang dari internet, saya rasa langkah itu sudah tepat. Lebih-lebih di masa pandemi seperti saat ini mencari pekerjaan sangat sulit, bahkan akibat dampak Covid-19 KPSI perkirakan bakal terjadi ledakan PHK di 2021 ini. Di lain sisi, Sekolah Menengah Atas hingga Perguruan Tinggi tetap mencetak lulusan baru yang sedikit banyak juga bakal bersaing mencari pekerjaan.

Meski pedih, fakta ini mau tidak mau harus kita terima dan mulai move on dari keterpurukan. Buat kamu yang merasa frustasi karena belum dapat pekerjaan atau sekedar ingin cari penghasilan tambahan. Mencoba peruntungan dengan cara mencari uang lewat internet tidak ada salahnya.

Banyak yang berpikir bahwa memulai bisnis dengan mengandalkan internet perlu modal besar dan skill dewa. Padahal cara mendapatkan uang dari internet gak melulu harus dengan modal besar kok. Bahkan pemula sekalipun bisa memulai bisnis online tanpa keterampilan khusus.

Seperti mayoritas pekerjaan lain, ketelatenan, keuletan, dan kesabaran menjadi kunci utama agar kamu bisa mendapatkan uang dari internet.

Yang perlu kamu garis bawahi sebelum mulai mencari uang lewat internet yakni “tidak ada kesuksesan tanpa proses dan pembelajaran”. Semakin tinggi tingkat pengalaman seseorang dalam mencari uang di internet, semakin besar pula kesempatan sukses yang bakal ia raih.

11 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Tanpa Modal 2021

cara menghasilkan uang dari internet 2021

Ngomongin cara mendapatkan uang dari internet, ada beberapa model bisnis yang bisa kamu mulai tanpa modal atau setidaknya modalnya cukup terjangkau buat pemula.

Berikut ini gopinjol.com telah merangkum 11 cara menghasilkan uang dari internet paling mudah untuk pemula yang bisa kamu mulai tanpa modal di tahun 2021 ini:

#1 Blogging untuk Pemula – Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Internet

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk menghasilkan uang dari internet adalah dengan menjadi seorang blogger. Blogging merupakan kegiatan menulis dan mengelola blog menggunakan alat digital yang tersedia di internet.

Tujuan blogging sendiri tidak lain adalah membagikan informasi berupa tulisan dengan media digital. Saat ini cukup banyak platform blog yang bisa kamu jadikan media untuk menulis dan membagikan informasi yang kamu tulis kepada orang lain secara mudah dan cepat.

Namun perlu jadi perhatian bahwa blog bukanlah cara tunggal untuk menghasilkan uang dari internet, melainkan menjadi salah satu strategi mendatangkan pengunjung. Dengan memiliki pengunjung, blog yang kamu kelola bisa kamu maksimalkan untuk menawarkan produk yang hendak kamu jual maupun menawarkan iklan dari pihak ketiga.

Kelebihan dari blogging cukup banyak antara lain tidak terikat waktu, tanpa modal besar, dan bahkan bisa kamu pelajari secara autodidak dengan memanfaatkan tutorial.

Untuk mensukseskan langkah kamu menjadi seorang blogger, ada beberapa peralan dan keahlian yang perlu kamu miliki, berikut beberapa antaranya:

  • Laptop atau komputer dan jaringan internet.
  • Kemampuan menulis artikel yang unik dan bermanfaat.
  • Platform blogging gratis maupun berbayar.
  • Keahlian Search Engine Optimation (SEO) untuk mendatangkan pengunjung.

Baca juga: 10 Pinjaman Online Terbaik, Terdaftar & Berizin OJK

#2 Menghasilkan Uang dari Internet dengan Cara Menjadi Youtuber

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang tidak kalah mudah adalah menjadi seorang youtuber. Youtube sendiri merupakan platform website yang bisa kamu manfaatkan untuk menonton, mengunggah dan berbagi video di internet.

Saat ini youtube menjadi media mencari uang lewat internet yang sedang booming lantaran munculnya youtuber-youtuber ternama seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, hingga Arif Muhammad yang memiliki penghasilan fantastis.

Bahkan artis-artis ternama di Indonesia sudah mulai memanfaatkan youtube untuk mencari pundi-pundi rupiah. Sebut saja Baim Wong, Raffi Ahmad, Deddy Corbuzier, hingga pelawak ternama Entis Sutisna (Sule) yang telah mendapatkan jutaan subcriber.

Hampir mirip dengan blogger, youtuber adalah seorang content creator yang membuat dan membagikan informasi kepada orang lain. Bedanya blogger memanfaatkan tulisan sebagai konten, sedangkan konten youtuber berbentuk video yang kemudian diungguah dan dibagikan melalui channel youtube.

Gak jauh beda dengan blogging, menjadi youtuber bisa kamu lakukan tanpa modal, bahkan untuk pemula, kamu bisa memanfaatkan alat seadanya terlebih dahulu misalnya menggunakan smartphone untuk membuat video dan mengunggahnya di channel youtube.

Menghasilkan uang dari internet lewat youtube menjadi cara menyenangkan bagi banyak orang karena bisa kamu lakukan untuk menyalurkan hobi di waktu senggang.

Peralatan dan keahlian yang perlu kamu miliki untuk menjadi seorang youtuber:

  • Laptop/ Komputer dan jaringan internet.
  • Video dan audio recording.
  • Software editing video gratis atau berbayar.
  • Ide dan konsep kreatif untuk membuat konten.

#3 Menjadi Content Creator – Cocok untuk Pemula Tanpa Modal

Semenjak munculnya startup di Indonesia, profesi content creator semakin hari semakin diminati oleh kaum milenial. Selain pekerjaan yang menantang, penghasilan content creator yang cukup besar juga banyak memotivasi kaum muda dalam mengasah kemampuan mereka.

Seperti namanya, content creator merupakan orang yang membuat konten baik dalam bentuk tulisan, video, audio, maupun gambar untuk kebutuhan media digital. Konten yang mereka hasilkan nantinya bakal dipublikasikan lewat media digital seperti blog, website, youtube, hingga instagram.

Meskipun tidak semudah membalikkan telapak tangan, terjun sebagai seorang content creator bisa kamu jadikan sebagai salah satu cara untuk menghasilkan uang lewat internet.

Untuk menjadi seorang content creator sukses, kamu perlu mengasah kemampuan dalam membuat konten mulai dari ide, penyampaian informasi, hingga media yang tepat guna. Selain itu kamu juga perlu mengasah kemampuan dalam bidang pemasaran agar lebih mudah menarik pelanggan maupun mitra.

Alat dan kehalian yang perlu kamu pelajari untuk menjadi seorang content creator:

  • Komputer atau Laptop dan jaringan internet.
  • Menguasai kaidah bahasa yang baik dan benar.
  • Keterampilan oleh video, gambar, dan audio.
  • Pemasaran dan promosi jasa.

#4 Membangun Toko Online untuk Mendapaktan Uang dari Internet

Cara keempat yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dari internet adalah dengan membuka toko online. Belanja online jadi trend yang semakin meningkat seiring laju penggunaan internet di Indonesia.

Trend ini menjadi kebiasaan baru karena semakin banyaknya faktor pendukung yang bermunculan mulai dari harga kuota internet murah, sistem pembayaran non tunai, hingga jasa kirim barang yang semakin beragam.

Lebih lagi masa pandemi covid-19 yang juga belum berakhir mendorong masyarakat untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah termasuk kebiasaan berbelanja.

Buat kamu yang ingin memulai bisnis baru dengan mengandalkan internet, toko online bisa jadi pilihan tepat dengan sistem promosi dan penawaran melalui media online.

Untuk mempermudah pasokan barang dagangan sekaligus meminimalisir risiko, sebelum membangun toko online ada baiknya terlebih dahulu kamu jalin kerjasama dengan pemasok dan produsen. Dengan demikian kamu tidak harus lebih dahulu menyetok semua barang dagangan melainkan bisa dengan cara preorder.

Makanya sebelum membangun toko online untuk mendapatkan uang dari internet ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan, berikut antaranya:

  • Barang dagangan yang hendak kamu jual.
  • Kerjasama dengan produsen maupun pemasok barang dagangan.
  • Platform blog untuk membangun toko online.
  • Menargetkan pangsa pasar yang tepat.
  • Promosi dan pemasaran produk.
  • Sistem pembayaran yang efektif dan efisien.

Baca juga: 50 Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

#5 Berjualan Produk Lewat Marketplace

Di Indonesia platform marketplace sudah banyak bermunculan, mulai dari tokopedia, shopee, bukalapak, dan masih banyak lagi.

Jika membangun toko online sendiri terasa lebih berat, kamu bisa coba terlebih dahulu membuka toko online lewat salah satu marketplace di Indonesia.

Memang sih persaingan harga di marketplace bisa dibilang gila-gilaan. Namun dengan strategi dan keuletan kesempatan meraup untung lewat marketplace masih sangat berpeluang besar kok.

Berjulan lewat marketplace bisa jadi salah satu cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal. Bahkan kamu juga bisa menjalankan strategi reseller dan dropshipper sehingga bisa meminimalisir risiko kerugian.

Coba kamu perhatikan salah satu produk di marketplace, ribuan bahkan ratusan ribu produk yang sama ditawarkan oleh toko yang berbeda. Dari sekian banyak toko di marketplace beberapa antaranya memang ada yang menjadi produsen maupun memiliki stok langsung. Tapi banyak juga toko online yang hanya menawarkan produk dari toko lain dan menaikkan harga dari toko lain.

Model toko seperti ini sepenuhnya mengandalkan dropship dari penyedia lain, sehingga ketika ada pesanan yang masuk baru seller tersebut memesankan pada seller lain.

Untuk bersaing di marketplce kamu perlu menjalankan banyak strategi yang tepat. Berikut beberapa strategi yang perlu kamu siapkan dengan menjadi seller di marketplce:

  • Ketelitian dalam mencari produk jualan dengan harga lebih murah.
  • Penetapan harga yang tepat dengan pertimbangan ongkos kirim.
  • Kerjasama dengan produsen, pemasok, maupun seller lain dalam menyediakan barang.
  • Memanfaatkan iklan dan promosi berbayar dari platform marketplace yang kamu gunakan.
  • Mempertimbangkan ongkos kirim dan berat barang dagangan sebagai penentu harga jual.

#6 Membuka Pelatihan dan Kursus Online

Kembali lagi pada prospek bisnis online yang masih sangat terbuka lebar. Membuka pelatihan dan kursus online juga jadi salah satu cara tepat untuk menghasilkan uang dari internet tanpa modal.

Seperti yang kita ketahui, semenjak wabah Covid-19 menyerang, kebiasaan masyarakat Indonesai dan dunia perlahan mulai berubah. Jangankan berkegiatan di luar rumah, sekolah saja sekarang dilakukan tanpa tatap muka alias virtual.

Banyak orang tua murid merasa belajar dari rumah kurang optimal karena kebanyakan hanya dibebani tugas untuk mengerjakan soal tanpa ada penjelasan langsung dari guru. Dari sini sebenarnya muncul celah yang dapat kita manfaatkan untuk mendulang keuntungan dengan membuka kursus dan les virtual.

Di lain sisi, potensi bisnis online yang membutuhkan kemampuan dan keahlian tertentu mengundang banyak orang tertarik. Jika kamu memiliki keahlian tertentu seperti membuat blog, desain grafis, voice over, hingga video editing, membuka pelatihan online bisa jadi ladang bisnis yang sangat potensial.

Beberapa alat dan strategi yang perlu kamu siapkan sebelum membuka pelatihan online antara lain:

  • Komputer/ laptop yang mumpuni.
  • Keahlian dan kemampuan berkomunikasi.
  • Strategi pemasaran dan target pasar yang tepat.
  • Video dan audio recorder (jika dibutuhkan.
  • Jaringan internet yang stabil.
  • Peralatan lain yang mendukung proses pelatihan.

Baca juga: Raih Cuan Semuda Mungkin, Nih 7 Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa

#7 Menjadi Seorang Influencer

Influencer bisa kita artikan sebagai seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dengan kapasitas dan pengetahuan yang ia miliki. Sedangkan jika kita kerucutkan lagi, influencer adalah seseorang yang terkenal dan banyak memiliki pengikut, utamanya di media sosial serta menjadi panutan bagi para followernya tersebut.

Di Indonesia, profesi influencer baru beberapa tahun belakangan dikenal dan diakui lantaran pengaruh keberadaannya yang cukup besar terhadap khlayak. Bahkan pada masa lalu tidak sedikit orang memandang sinis influenser sebagai kegiatan kurang produktif dan hanya sekedar hobi semata.

Belakangan profesi influencer cukup fenomenal lantaran penghasilan mereka yang fantastis dari hasil endors produk maupun kerjasama dengan pihak tertentu. Bagi mereka yang kebetulan hobi media sosial, menjadi seorang influencer adalah cara menyenangkan untuk mendapatkan uang dari internet.

Namun sebelum terjun sebagai influencer perlu kamu ketahui bahwa profesi ini tidak bisa kita raih dalam waktu singkat. Perlu adanya ide, kreatifitas, dan konsistensi untuk memperoleh kepercayaan dan follower.

Sekalipun kamu memutuskan untuk terjun jadi influencer ada baiknya kamu ketahu pula jika terdapat banyak jenis influencer mulai dari selebgram, youtuber, hingga blogger. Dengan demikian kamu bisa lebih mudah menargetkan audiense dan follower entah itu anak muda, ibu rumah tangga, hingga pemilik profesi dan minat tertentu.

Menentukan target audiense sejak awal sangat penting karena biasanya perusahaan dan mitra bakal memilih kerjasama dengan influencer yang memiliki pengikut paling sesuai dengan target pasar maupun audiens mereka.

Agar sukses jadi influencer, kamu juga perlu perhatikan beberapa kemampuan dan karakteristik berikut ini:

  • Kemampuan Komunikasi yang baik untuk mempengaruhi orang lain.
  • Ide dan media kreatif sehingga dapat diterima baik oleh audiense.
  • Wawasan yang luas dan bahasa gaul yang uptode.
  • Mengikuti perkembangan pergaulan yang sedang trending.

#8 Jasa Desain Grafis untuk Menghasilkan Uang dari Internet

Media promosi dan publikasi secara digital memberikan peluang besar bagi kamu yang punya keahlian desain grafis. Jika dulu jasa desain sangat terbatas hanya untuk media cetak seperti brosur, spanduk, dan baliho saja, tidak demikian dengan kondisi saat ini.

Meski media cetak tidak sepenuhnya ditinggalkan, namun perlahan tapi pasti media promosi dan publikasi secara digital semakin diminati karena sangat efektif dan hemat. Itulah sebabnya jasa desain grafis bisa kamu jadikan sebagai cara terbaik untuk menghasilkan uang dari internet tanpa modal.

Selain promosi, undangan nikah digital saat ini juga sedang booming, kamu bisa manfaatkan keahlian desain grafis dan menawarkannya secara online baik lewat marketplace, maupun media sosial seperti Facebook, Instagram, dan youtube.

Banyak orang di luar sana memiliki konsep dan ide besar namun tidak banyak yang mampu menuangkannya dalam sebuah grafis. Disinilah peran kamu sangat dibutuhkan lantaran tuntutan pasar yang mengharuskan segala promosi dan publikasi dapat menjangkau khalayak umum.

Jasa desain grafis biasa dipatok mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung jenis, media, dan kerumitan desain yang dikehendaki konsumen.

Untuk memulai jasa desain grafis kamu harus menyiapkan beberapa alat dan kemampuan berikut ini:

  • Software dan perangkat komputer yang mumpuni.
  • Keahlian desain grafis dan animasi yang memadahi.
  • Ide dan kreatifitas tinggi.
  • Pemasaran dan promosi tepat.

#9 Web Development

Perkembangan teknologi telah mendorong hampir semua jenis usaha untuk memiliki website sebagai media informasi publik. Kabar baiknya tidak semua perusahaan memiliki tenaga IT untuk membangun website yang mereka butuhkan, disinilah peran jasa pembuatan website dibutuhkan oleh orang lain.

Seperti namanya, web development tentunya harus memiliki kemampuan untuk membangun dan membuat website. Itulah sebabnya web develompment cenderung lebih cocok bagi mereka yang memiliki kemampuan di bidang pemrograman dan web desain.

Buat kamu yang punya kemampuan tersebut bisa mulai membuka jasa pembuatan website perusahaan sekala kecil. Seiring berjalannya usaha tersebut nantinya kamu bakal menemukan jalan sendiri untuk pengembangan bisnis yang kamu kerjakan misalnya jasa Search Engin Optimation (SEO), maupun penyedia webhosting dan register domain.

Seperti kebanyakan jasa, penghasilan web development cukup besar karena berjualan keahlian. Dengan demikian kamu bakal lebih mudah memperoleh uang dari internet baik sebatas tambahan penghasilan saja maupun sebagai penghasilan utama.

Beberapa peralatan dan kemampuan yang perlu kamu siapkan dalam membuka jasa web development antara lain:

  • Komputer atau laptop dan jaringan internet.
  • Kemampuan web desain minimal level dasar.
  • Mengusai platform blog seperti wordpress, joomla, drupal, hingga woocommerce.
  • Domain dan webhosting register.

#10 Kontes Desain – Cara Menghasilkan Uang dari Internet untuk Pemula

Kontes dan lomba desain adalah cara terbaik untuk mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Pasalnya kamu cukup bermodal keahlian serta kemauan keras untuk dapat bersaing dengan peserta kontes lainnya. Saat ini cukup banyak platform membuka beragam lomba desain yang dapat kamu ikuti secara gratis mulai dari 99design, LogoMyWay, hingga platform lokal Sribu.

Biasanya perusahaan yang membutuhkan desain mengadakan sayembara untuk memperoleh desain logo sesuai keinginan mereka. Bagi yang menang dalam kontestasi tersebut bakal memperoleh imbalan dengan nominal mualai ratusan hingga ribuan dollar tergantung kerumitan desain serta kemampuan finansial perusahaan penyelenggara.

Meski tidak semudah membalikkan telapak tangan, kontes dan lomba desain bisa jadi pilihan sebagai cara terbaik untuk menghasilkan uang dari internet tanpa modal. Pun demikian kamu tetap harus menguasai software desain grafis dan terus mengasah kemampuan agar skill kamu terus meningkat.

Sayangnya penghasilan besar pemenang kontes dan lomba desain tidak bisa berkesinambungan karena hanya bisa kamu dapatkan jika memenangkan sayembara tersebut. Untuk itu kontes dan lomba desain cenderung lebih tepat sebagai usaha memperoleh tambahan penghasilan saja.

Beberapa kemampuan dan peralatan yang kamu butuhkan dalam mengikuti kontes desain antara lain:

  • Komputer dan software desain grafis.
  • Skill dan ide yang kreatif.
  • Kemampuan bahasa inggris yang baik.
  • Jaringan internet dan alat lain jika diperlukan.

#11 Trading Saham

Trading saham sebenarnya kurang tepat jika disebut sebagai cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula dan tanpa modal. Pasalnya untuk terjun di dunia trading mau tidak mau kamu tetap membutuhkan modal untuk deposito awal.

Namun kabar baiknya sekarang sudah banyak aplikasi trading saham terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai sarana untuk investasi secara online. Misalnya saja aplikasi Ajaib, Bibit, hingga Most Mobile yang menyediakan layanan dengan setoran deposito awal cukup terjangkau.

Untuk memulai investasi secara online baiknya kamu lakukan dengan modal kecil terlebih dahulu. Seiring kemampuan kamu menganalisa serta melihat potensi pasar imbangi pula dengan meningkatkan modal sehingga bisa menghasilkan uang secara optimal.

Di sisi lain jual beli saham atau trading memiliki risiko menengah, jadi kamu tetap harus mempertimbangkan risiko tersebut sebelum memutuskan trading saham sebagai cara menghasilkan uang dari internet.

Apakah ada cara menghasilkan Uang dari Internet tanpa modal?

Tergantung jenis usaha yang hendak kamu kerjakan, cara menghasilkan uang dari internet ada yang tanpa modal ada juga yang butuh modal.

Bisnis online apa yang paling mudah untuk pemula?

Semua bisnis online sebagai sarana menghasilkan uang dari internet cukup mudah dilakukan jika dimulai dari hobi yang kamu miliki. Selain kemauan kamu juga harus memiliki kemampuan sesuai bidang usaha yang kamu kerjakan. Meski sebagian besar bisa kamu kembangkan seiring berjalannya waktu namun memiliki kemampuan dasar sangat dianjurkan.

Apa yang dibutuhkan untuk memulai bisnis online?

Sangat tergantung bisnis yang kamu mulai, setidaknya butuh akses internet dan teknologi untuk menunjang usaha tersebut.

Apa saja cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal?

Ada banyak cara untuk bisa menghasilkan uang lewat internet, dari sekian banyak gopinjol.com telah merangkum 11 cara terbaik seperti yang telah kita uraikan di atas.

Apa risiko trading saham untuk pemula?

Risiko trading saham tidak lain ialah mengalami kerugian, jika harga saham yang kamu beli tidak meningkat namun justru mengalami penurunan.

Anda mungkin juga suka

Ruangan komen telah ditutup.