Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Kini BPJS Ketenagakerjaan telah mengupgrade sistem pelayanannya melalui digitalisasi berbasis teknologi internet. Jadi semua informasi dapat diakses melalui hp (smartphone) anda asalkan terkoneksi dengan internet. Sungguh praktis dan efisien! Penasaran tentang bagaimana cara mengecek saldo bpjs Ketenagakerjaan melalui hp? Simak penjelasannya berikut ini ya!

BPJS Ketenagakerjaan

Jaminan Sosial telah dijamin secara hukum melalui Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2004 yang mengatur Sistem Jaminan Sosial Nasional. Demi meningkatkan perlindungan dari risiko pekerjaan dan kesejahteraan pekerja dengan mekanisme asuransi sosial. Pemerintah mewajibkan setiap perusahaan untuk memberikan jaminan sosial kepada pekerjanya dengan cara mendaftarkan pekerjanya pada BPJS.

Ada pun pekerja yang di maksud adalah semua pekerja. Baik itu pekerja tetap, pekerja harian lepas dan borongan, maupun pekerja dengan perjanjian kerja khusus.

Untuk program jaminan sosial yang diwajibkan, tergantung jenis usaha apa yang dijalankan.

Bila usaha yang dijalankan adalah usaha mikro yang bergerak di bidang usaha jasa konstruksi. Maka wajib mendaftarkan pekerjanya pada program JKJ (Jaminan Kecelakaan Kerja) dan program JK (Jaminan Kematian).

Sedangkan bila usaha yang dijalankan adalah usaha kecil menengah, maka wajib mendaftarkan pekerjanya pada program JKJ, JHT, dan program JK.

Mengenai besar iuran per bulannya adalah senilai 5,7 % dari total upah pekerja, dengan ketentuan 3,7 % ditanggung oleh pekerja. Sisanya sebesar 2 % ditanggung oleh pengusaha.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Manfaat keuntungan yang dapat diperoleh dari iuran tersebut adalah berupa akumulasi saldo BPJS Ketenagakerjaan. Saldo BPJS tersebut dapat dicairkan dalam periode sesuai ketentuan yang berlaku.

Akumulasi saldo tersebut tak hanya bisa digunakan sebagai dana pensiun saja. Tetapi juga dapat dijadikan sebagai dana jaminan kesehatan (biaya pengobatan penuh saat terjadi kecelakaan kerja).

Sebagai tambahan informasi, saldo iuran BPJS Ketenagakerjaan hanya dapat diklaim jika peserta BPJS Ketenagakerjaan berada dalam kondisi berikut ini :

  • Peserta telah memasuki usia pemsiun (56 tahun).
  • Peserta telah mengundurkan diri dari perusahaan tempat ia bekerja.
  • Peserta yang dikenakan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).
  • Peserta sudah tidak aktif bekerja karena pindah dari Indonesia dan menetap di luar negeri untuk selamanya.
  • Peserta mengalami cacat total karena sakit atau kecelakaan.
  • Peserta telah meninggal dunia.

Ada beberapa cara mengecek saldo bpjs Ketenagakerjaan antara lain seperti :

#1 Datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Kunjungi konter pelayanan di kantor BPJS Ketenagakerjaan sambil membawa kartu peserta dan e-ktp. Minta bantuan petugas konter untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan milik anda.

Cara ini termasuk tak praktis dan sangat menghabiskan waktu karena anda harus mengambil nomor antrian dan mengantri panjang terlebih dahulu.

#2 Melalui ATM BNI dan ATM BRI

Bagi anda nasabah BRI, anda dapat mengunjungi ATM BRI terdekat lalu masukkan kartu debit BRI dan nomor PIN anda.

Pilih menu transaksi lainnya, dan akan muncul menu informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan. Masukkan nomor PIN kembali dan info saldo BPJS Ketenagakerjaan anda pun akan muncul di layar.

Bagi anda nasabah BNI, anda silahkan mengunjungi ATM BNI terdekat dan masukkan kartu debit BNI serta nomor PIN anda.

Baca: Cara dan Syarat Turun Kelas BPJS

Lalu pilih menu info dan mutasi. Kemudian pilih menu informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan dan informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan anda pun akan muncul di layar.

Cara Lain Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui HP

Selanjutnya kami akan membahas mengenai banyak cara mengecek saldo bpjs Ketenagakerjaan anda melalui hp :

#3 Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS

Tidak semua provider melayani pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan, hanya provider GSM Telkomsel dan Indosat saja. Jadi bila anda pengguna provider GSM Telkomsel atau Indosat pahami langkah-langkah mudahnya berikut ini :

  • Ketik via SMS
  • DAFTAR(spasi)SALDO#NIK#Tanggal lahir berformat tanggal-bulan-tahun#No Peserta BPJS Ketenagakerjaan#e-mail
  • Kirim ke nomor 2757.

Tunggu SMS balasan berisi menu pilihan yang diantaranya adalah menu Cek Saldo. Lalu pilih menu cek saldo. Akan ada SMS selanjutnya yang berisi informasi saldo.

#4 Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan di Website Resmi

Melalui browser internet di hp anda, anda dapat mengunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan di alamat www.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Sebelum dapat login anda perlu melakukan registrasi e-service terlebih dahulu, dengan mengisi formulir data diri juga nomor BPJS Ketenagakerjaan anda. Setelah terisi lengkap baru anda akan mendapat nomor PIN yang dapat digunakan untuk login.

Jika sudah berhasil login anda dapat langsung pilih menu cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di website tersebut. Informasi saldo akan langsung keluar di layar.

Baca: 7 Asuransi Kesehatan Terbaik Selain BPJS

#5 Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui BPJSTKU

Cara ini merupakan cara mengecek saldo bpjs Ketenagakerjaan yang terbaru. Untuk memperluas kepesertaan dan meningkatkan kemudahan sistem layanan BPJS Ketenagakerjaan telah resmi merilis aplikasi BPJSTKU.

Tersedia untuk perangkat android dan iOS, fitur BPJSTKU ini memiliki berbagai fungsi. BPJSTKU antara lain dapat digunakan untuk mendaftar keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan bagi peserta baru, mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Simulasi perhitungan Jaminan Hari Tua, dan informasi kontak layanan kantor cabang juga bisa didapat lewat BPJSTKU. Layanan pelaporan dan pengaduan, khususnya pelaporan kecelakaan kerja secara real time juga kartu digital.

Cara downloadnya mudah sekali. Anda bisa mendownload aplikasi BPJSTKU secara gratis melalui situs Google PlayStore dan AppStore.

Setelah download dan install aplikasi selanjutnya anda perlu melakukan registrasi sebelum dapat login dengan cara berikut ini :

  • Membuka aplikasi BPJSTKU lalu pilih menu “Pendaftaran Pengguna BPJSTKU”.
  • Kemudian anda harus memasukkan alamat e-mail aktif anda.
  • Selanjutnya anda akan menerima nomor PIN aktivasi e-mail yang dikirim via e-mail.
  • Masukkan nomor PIN tersebut di kolom yang tersedia lalu pilih verifikasi.
  • Selanjutnya, anda harus menentukan password.
  • Kemudian pilih jenis kepesertaan anda, contohnya Penerima Upah (PU).
  • Lalu anda harus mengisi data diri anda seperti nama, alamat, NIK dll.
  • Selanjutnya masukkan no peserta BPJS Ketenagakerjaan anda.
  • Kemudian masukkan nomor hp anda untuk melanjutkan ke proses verifikasi nomor hp.
  • Setelahnya masukkan kode verifikasi nomor hp yang dikirim via SMS di kolom yang tersedia.
  • Selesai. Pendaftaran berhasil dan anda sudah bisa login dengan memasukkan alamat e-mail dan password yang sudah anda buat di proses registrasi.
  • Setelah login untuk mengecek saldo anda tinggal pilih menu “Lihat Saldo”. Nanti informasi jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan anda akan muncul di layar hp.
  • Anda dapat melihat rincian lengkap saldo dengan pilih jumlah saldo tersebut.

Demikian ulasan cara mengecek saldo bpjs Ketenagakerjaan yang dapat kami informasikan. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Anda mungkin juga suka